Follow Us

Laptop Mac Terjebak di Safe Mode dan Sulit Keluar? Begini Solusinya

None - Sabtu, 20 April 2019 | 21:21
Laptop Mac Terjebak di Safe Mode dan Sulit Keluar? Begini Solusinya

Nextren.com - Meski disebut OS yang stabil, namun MacOs di laptop Mac tak luput dari masalah.

Salah satunya kondisi Safe Boot, yang membuatnya sulit booting dengan baik.

Safe Boot adalah metode booting untuk mengisolasi sistem operasi macOS dari masalah yang mungkin terjadi di file system sehingga tidak bisa booting secara normal.

Namun ada beberapa kasus dimana komputer Mac terus menerus booting ke Safe Mode, padahal semuanya ada dalam kondisi normal.

Berikut ini beberapa cara untuk mengecek komputer Mac yang selalu terjebak di Safe Mode. Simak langsung ya!

1. Cek Tombol Shift di Keyboard

Cara masuk ke Safe Mode adalah tekan dan tahan tombol Shift. Sehingga kamu akan booting ke Safe Mode dengan tulisan yang sama di bagian kanan atas layar.

Bisa saja kamu tidak sengaja selalu masuk ke Safe Mode karena masalah di keyboard yaitu tombol Shift yang tertekan secara terus menerus.

Bagaimana cara mengecek hal tersebut? Silakan masuk ke Desktop dan buka aplikasi untuk mengetik, bisa Notes atau TextEdit. Silakan tekan tombol Option + K. Jika tombol Shift selalu tertekan, maka kombinasinya menjadi Shift + Option + K yang artinya akan menampilkan simbol logo Apple ().

Namun jika yang tampil adalah simbol derajat (˚), maka tombol Shift sedang tidak dalam mode tertekan terus menerus.

Solusi?

Untuk membereskan keyboard yang macet, silakan bersihkan dengan blower yang biasa digunakan untuk membersihkan kamera digital.

Jika masih tidak bisa juga, silakan bawa ke teknisi untuk dicek lebih lanjut dengan membuka tuts keyboard atau silakan cari panduannya di iFixit.

2. Reset NVRAM

NVRAM (Nonvolatile Random Access Memory) adalah memori yang digunakan komputer Mac untuk menyimpan beberapa pengaturan kecil dan akses secara cepat.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest