Follow Us

Layanan Data Kini Sumbang 82 Persen dari Pendapatan XL Axiata

Wahyu Subyanto - Kamis, 04 April 2019 | 23:24
Teknisi XL Axiata memeriksa BTS di pulau Bintan, Kepulauan Riau
Ella

Teknisi XL Axiata memeriksa BTS di pulau Bintan, Kepulauan Riau

Nextren.com - Performa positif yang dicapai di sepanjang tahun 2018 akan dipertahankan XL Axiata.

Kondisi ekonomi nasional dan kebijakan pemerintah yang ada saat ini akan menjadi pijakan yang kuat untuk meningkatkan lagi performa perusahaannya di tahun 2019 ini.

Selain itu, permintaan pasar atas layanan data yang terus meningkat juga menumbuhkan optimisme semua pelaku industri telekomunikasi.

CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan, “Ruang untuk terus tumbuh bagi XL Axiata dan industri masih sangat luas."

"Meskipun tahun lalu secara industri mengalami penurunan, namun persentase jumlah pengakses internet menggunakan telepon selular terus meningkat, dan saat ini mencapai angka sekitar 70%."

"Jadi, ruang kita masih sangat luas untuk terus tumbuh karena layanan data merupakan penopang utama pertumbuhan bisnis di industri ini.” Dian melanjutkan, XL Axiata masih akan terus mengimplementasikan agenda transformasi 3R dengan menyesuaikan pada kondisi industri terkini.

Dia menyebut 3 hal utama yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2019 ini.

Pertama, terus membangun jaringan secara agresif di berbagai wilayah di luar Jawa.

Perluasan jaringan ini termasuk mencakup wilayah yang secara geografis sebagai pelosok dan terluar dengan memanfaatkan jaringan Palapa Ring Barat dan Timur. Pembangunan jaringan baru di berbagai wilayah tersebut dilakukan juga sebagai pondasi untuk jaringan di masa depan.

Pembangunan jaringan 4G LTE dengan spesifikasi khusus sehingga akan bisa terus ditingkatkan ke implementasi teknologi yang terbaru di masa depan, termasuk juga mampu melayani trafik data yang lebih tinggi.

Dengan demikian, di masa mendatang saat harus melakukan upgrade ke teknologi baru, perusahaan tidak musti membangun jaringan yang baru. Kedua, dari sisi produk, XL Axiata akan terus menghadirkan layanan-layanan yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari berbagai segmen.

Strategi yang sama dengan tahun lalu, yaitu dual brand XL dan AXIS pada layanan prabayar, serta XL Prioritas untuk pascabayar.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest