Follow Us

Pemerintah China Terapkan AI Canggih untuk Deteksi Korupsi, Tapi Dianggap Terlalu Kuat

Wahyu Subyanto - Jumat, 08 Februari 2019 | 19:51
Artificial Intelligence
Shutterstock

Artificial Intelligence

Nextren.com - Apa yang akan Anda lakukan jika Anda memiliki mesin untuk menangkap koruptor? Jika Anda seorang birokrat Tiongkok yang korup, Anda tentu ingin membuangnya.Perlawanan pejabat pemerintah terhadap penerapan sistem Big Data yang inovatif, hanyalah satu dari banyak tantangan.Pasalnya, pemerintah Cina mulai menggunakan teknologi baru untuk menavigasi birokrasi raksasa mereka.Menurut media pemerintah, ada lebih dari 50 juta orang yang digaji oleh pemerintah China pada tahun 2016, alias PNS.

Baca Juga : Kominfo Blokir 2.334 Konten Vulgar di Smule, TikTok dan Aplikasi Live Chat Lainnya

Bandingkan dengan jumlah PNS Indonesia yang berjumlah 4,37 jutaan, dan dianggap sudah terlalu banyak itu.

Namun, analis memperkirakan jumlahnya lebih dari 64 juta - angka ini sedikit lebih rendah dari jumlah penduduk Inggris. Untuk mengubah jumlah pegawai raksasa tersebut menjadi organisasi yang berhasil sesuai era informasi, Cina telah mulai mengadaptasi berbagai jenis teknologi canggih. Kementerian luar negeri, misalnya, menggunakan machine learning untuk membantu menilai risiko dan pengambilan keputusan untuk proyek-proyek investasi besar Cina di luar negeri.Beijing telah mengembangkan sistem pengenalan wajah nasional menggunakan kamera pengintai yang mampu mengidentifikasi siapa saja, di mana saja, sepanjang waktu dalam hitungan detik.

Baca Juga : Indonesia Bakal Punya Pabrik 3D Printer Pertama, Desain Produk Baru Lebih Cepat

Di Guizhou, ada sistem cloud yang melacak pergerakan setiap polisi yang melaporkan statusnya secara live. Perusahaan telekomunikasi besar Cina seperti ZTE telah memenangkan kontrak pemerintah untuk mengembangkan teknologi blockchain untuk mencegah modifikasi data pemerintah oleh orang atau organisasi yang tidak berwenang.Presiden Xi Jinping telah berulang kali menekankan perlunya mempromosikan inovasi ilmiah dan teknologi seperti Big Data dan kecerdasan buatan (AI) dalam reformasi birokrasi. Tantangannya adalah mengimplementasikan visi tersebut di lapangan. Tujuannya agar sistem AI anti-korupsi yang dijuluki sebagai "Zero Trust" tersebut tidak kentara lagi.

Baca Juga : 8 Foto Hasil Jepretan Netizen Pakai Nokia 5.1 Plus, Hasilnya Mantap

Sistem AI di China
South China Morning Post

Sistem AI di China

Zero Trust dikembangkan bersama-sama dan digunakan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok dan lembaga kontrol internal Partai Komunis Tiongkok.Tugas Zero Trust adalah memantau, mengevaluasi, atau mengintervensi pekerjaan dan kehidupan pribadi para PNS.Sistem Zero Trust ini dapat mengakses lebih dari 150 basis data terlindung di pemerintah pusat dan pemuda, untuk saling mengecek informasi. Menurut orang yang terlibat dalam program ini, Zero Trust memungkinkannya untuk mereka peta hubungan sosial yang canggih dan berlapis-lapis, untuk mendapatkan analisis perilaku PNS.Sistem Zero Trust ini "sangat berguna" dalam mendeteksi pengalihan properti yang mencurigakan, pembangunan infrastruktur, akuisisi tanah dan pembongkaran rumah.Namun, sistem ini bukannya tanpa kelemahan.

Baca Juga : Programmer di China Kerjai Mesin ATM, Berhasil Tarik Uang 13 Miliar

“AI mungkin dengan cepat menunjukkan seorang pejabat yang korup, tetapi tidak terlalu baik dalam menjelaskan proses yang telah dilaluinya untuk mencapai kesimpulan seperti itu,” kata peneliti. "Meskipun dalam sebagian besar kasus (yang terdeteksi) itu benar, Anda membutuhkan manusia untuk bekerja erat dengannya." Sistem ini dapat segera mendeteksi peningkatan tabungan bank yang tidak biasa, misalnya.Sistem juga bisa mendeteksi jika telah ada pembelian atau penawaran mobil baru untuk kontrak pemerintah atas nama pejabat atau salah satu keluarga atau teman-temannya.

Baca Juga : Kenyang Kerja di 16 negara, Yudhi Rahadian Bikin Perusahaan Konsultan IoT dan 5G di JermanSetelah kecurigaannya muncul, ia akan menghitung kemungkinan tindakan korup. Jika hasilnya melebihi indikator yang ditetapkan, maka pihak berwenang akan diperingatkan.Seorang ilmuwan komputer yang terlibat dalam program Zero Trust - yang meminta untuk tidak disebutkan namanya - mengatakan bahwa jika sudah dalam tahap itu, maka atasan dapat menghubungi orang tersebut untuk diawasi.Sistem ini mungkin bisa membantu tindakan yang mengarah ke korupsi tersebut, agar terhindar dari kesalahan lebih lanjut yang lebih besar.

Baca Juga : Ada Bug Di MacOS, Cukup Satu Klik untuk Tahu Semua Password Mac

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest