Follow Us

Apple Watch Menjadi Sarana Baru Siswa Untuk Mencontek Di Ujian

David Novan Buana - Senin, 04 Februari 2019 | 21:40
Apple watch
nymag

Apple watch

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Smart Watch seperti Apple Watch merupakan perangkat yang sama canggihnya dengan smartphone, dan bisa disetarakan dengannya dari sisi fungsionalitasnya.

Itu sebabnya Apple Watch di tangan siswa sekolahan yang cerdik menjadi perangkat baru untuk berbuat curang ketika menjalani ujian, alias mencontek.

Hal ini telah terjadi saat ini, dan lebih parahnya sampai ada remaja yang membuat channel YouTube untuk mengajarkan caranya.

Baca Juga : Apple Watch Series 4, Jam Pintar Dengan Fitur Penjaga Kesehatan

Sekolahan saat ini tentu saja sudah sewajarnya melarang digunakannya smartphone di kawasan sekolah, terutama ketika siswa sedang menghadapi ujian.

Selain kemampuan smartphone yang mampu menyimpan beragam gambar dan dokumen, perangkat ini juga bisa terhubung ke internet dan membantu penggunanya untuk menemukan informasi.

Bila dibiarkan masuk ke ruang ujian, maka sudah pasti peserta ujian akan tergoda untuk menggunakannya, tidak hanya untuk mencontek dengan mencari jawabannya di internet, tetapi juga meminta contekan dari temannya melalui text messaging.

Namun ternyata larangan smartphone tidak selalu berbarengan dengan smart watch seperti Apple Watch yang sedang beken saat ini.

Menurut pengakuan Julia Rubin, mantan guru sekolah menengah atas di New York, ketika Apple Watch mulai dijual pada 2014, banyak siswa yang mendapatkannya sebagai hadiah liburan.

Ketika Julia meminta kepala sekolahnya untuk melarang adanya smart watch di sekolah, dia ditolak karena dianggap perangkat tersebut tidak sama dengan smartphone.

Keprihatinan terbesarnya saat itu adalah siswa menjadi mudah untuk mengobrol di tengah pelajaran tanpa suara, melalui texting di Apple Watch tersebut.

Source : Slashdot

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest