Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana
NexTren.com - Semakin pesatnya perkembangan AI (Artificial Intelligence) dalam menantang gamer profesional dalam bermain game tampaknya mendapatkan rekor baru.
Kali ini StarCraft II, game strategi yang telah lama dimainkan di dalam kejuaraan e-sports kelas dunia, berhasil dikuasai oleh DeepMind AI dari Google bernama AlphaStar.
Pada pertandingan melawan dua tim gamer profesional yang terbagi ke dalam lima pertandingan untuk tiap tim, AlphaStar mendapatkan kemenangan sempurna.
Baca Juga : Seperti Apa Masa Depan Pemain Pro E-Sports? Yuk Hadiri Talkshow Ini
Pemain profesional StarCraft II yang bermain melawan AlphaStar adalah Grzegorz "Mana" Komincz dari Team Liquid dan Dario "TLO" Wunsch.
Menurut pemain tersebut, AI dari Google tersebut menggunakan strategi yang tidak biasa, sehingga sulit untuk membaca gerakannya.
Ternyata di dalam AlphaStar ada lima agen machine learning yang bertarung melawan dirinya sendiri, dan memiliki tujuan pembelajaran yang berbeda.
Itu sebabnya sangat sulit untuk membaca pergerakan strateginya, karena manusia biasanya hanya memiliki satu pembelajaran saja yang berasal dari pengalaman bermainnya.
Karena adanya lima "kepribadian" di dalam Ai tersebut, pemain pro tersebut merasa seakan melawan banyak orang dalam waktu bersamaan.
Pembelajaran yang dijalankan oleh AI tersebut juga memiliki pengalaman yang luar biasa, karena mereka seakan telah bermain selama 200 tahun tanpa henti.
Kemenangan AI tersebut ternyata adalah murni kepintaran strategi dan kemampuan manajemennya di dalam permainan.