Follow Us

Luar Biasa, China Berhasil Menumbuhkan Tanaman Pertama Di Bulan

David Novan Buana - Rabu, 16 Januari 2019 | 23:32
Jade Rabbit 2 Rover yang merupakan bagian dari misi Chang'e-4 ke sisi terjauh Bulan mulai menjelajahi permukaan satelit Bumi tersebut.
firstpost.com

Jade Rabbit 2 Rover yang merupakan bagian dari misi Chang'e-4 ke sisi terjauh Bulan mulai menjelajahi permukaan satelit Bumi tersebut.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

Nextren.com - Antariksa adalah jelas bukan tempat untuk kehidupan, karena makhluk hidup yang ada di sana akan langsung mati akibat tidak adanya oksigen.

Namun secara mengejutkan China berhasil menumbuhkan tanaman pertama di antariksa, tepatnya di Bulan.

Usaha tersebut memperlihatkan potensi yang begitu besar untuk perjalanan antariksa yang berdurasi lama, misalnya ke planet Mars.

Baca Juga : Operasi Bedah via 5G Pertama di Dunia Sukses di China

Tentu saja tanaman tersebut tidak ditumbuhkan langsung di atas permukaan Bulan, karena tanahnya tidak memiliki unsur yang bisa menunjang kehidupan.

Tanaman yang dibawa oleh misi perjalanan antariksa Chang'e-4 yang baru-baru ini berhasil mendarat di sisi terjauh Bulan ditumbuhkan di dalam lingkungan khusus.

Tanaman yang terdiri dari kapuk, kentang, ragi, dan lalat buah yang bertugas untuk pembuahan tersebut diletakkan di dalam biosphere.

Mungkin kamu berpendapat tentu saja bisa hidup bila diletakkan di tempat khusus speerti itu, tetapi nyatanya tidak semudah itu.

Karena gravitasi dan suhu yang tidak stabil seperti di Bumi selama ini selalu membunuh usaha untuk menumbuhkan tanaman di antariksa.

Keberhasilan China untuk membuat biosphere yang mampu menunjang kehidupan di luar Bumi adalah terobosan yang sangat mengejutkan.

Tidak hanya itu saja, China juga menyatakan tanaman yang dibawanya tersebut masih terus tumbuh di sana.

Source : Engadget

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest