Follow Us

Iran Blokir Twitter, Facebook, YouTube, Telegram dan Kini Instagram

Wahyu Subyanto - Kamis, 03 Januari 2019 | 13:43
Instagram
elle.com

Instagram

Nextren.com - Iran menjadi salah satu negara yang banyak memblokir layanan media sosial.Sebelumnya, Iran sudah memblokir layanan media sosial Twitter, Facebook, YouTube dan Telegram.Alasan pemerintah Iran adalah karena keamanan nasional. Baru-baru ini, media sosial yang sedang dipersiapkan bakal diblokir pemerintah Iran bertambah satu lagi, yaitu Instagram.

Baca Juga : Telepon dan SMS Spam Masih Banyak, Awal 2019 Pelanggar Bisa DiblokirSeperti dilansir dari Bloomberg, hal ini menambah tindakan keras pemerintah Iran terhadap semua layanan sosial media, karena hanya Instagram yang kini masih bisa diakses di iran.Menurut Javad Javidnia, Deputi Urusan Siber di Kantor Kejaksaan Iran, dewan siber nasional telah menyetujui langkah-langkah persiapan untuk dilakukan pemblokiran terhadap Instagram. Anehnya, meski sudah diblokir, tapi sebagian warga Iran masih bisa memakai layanan media sosial tersebut.

Baca Juga : Caci Maki, Bully dan Ujaran Kebencian di Instagram Bakal Diblokir Otomatis

Begitu pula pemimpin tertinggi Ali Khamenei, Presiden Hassan Rouhani dan Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif yang masih bisa aktif di media sosialTernyata mereka bisa membukanya lewat server proxy atau biasa kita ketahui sebagai VPN.Bahkan, akun Twitter Rouhani yang resmi karena sudah terverifikasi, punya lebih dari 800.000 follower.

Baca Juga : VPN Bisa Lindungi Privasi dan Tembus Blokiran, Apa Plus Minusnya?Upaya sebelumnya untuk memfilter Instagram diakui memang tidak berhasil oleh Javidnia. Apalagi pejabat hukum dan pejabat politik yang terlibat masih belum sepakat untuk melarang media sosial tersebut. Namun, jaksa penuntut memang dapat mengambil keputusan sepihak terhadap upaya pemblokiran tersebut. (*)

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest