Follow Us

Mengenal Jajanan Pasar Melalui Komik

- Kamis, 26 November 2015 | 07:43
Komik Japarr alias jajanan pasar
Enggar Subagyo/ KOMPAS.com

Komik Japarr alias jajanan pasar

Melihat komik Indonesia yang mulai bangkit dari dominasi komik asing, Glenn Ardiansyah menggagas ide untuk meluncurkan sebuah aplikasi kartun dan komik bertema jajanan pasar Indonesia yang bernama Komik Japarr. Komik ini merupakan cara unik mengenalkan makanan untuk anak anak."Tahun 2011 kami memulai dengan perjalanan mengenalkan dongeng tentang jajanan pasar, komunitas dan promo di media sosial, lama kelamaan kegiatan ini terus berjalan," ujar Glenn Ardiansyah dalam peluncuran Komik Japarr di Jakarta, Selasa (24/11/15).Penamaan JAPARR ini berdasarkan dari tokoh-tokoh kartun yang diciptakan dengan mengambil bentuk dan nama dari kue jajanan pasar. Misalnya tokoh Cenil yang digambarkan berwarna merah, berbentuk kotak dan di tubuhnya ada bintik bintik putih. Tokoh Cenil adalah representasi dari kue cenil yang aslinya memiliki tiga warna, yakni merah, hijau dan putih yang dimakan bersama dengan gula pasir dan kelapa.Ada pula beberapa tokoh lain seperti Mochi, Clorot, Darlung, Serabi, Cakue, dan beberapa lainnya yang berjumlah 23 tokoh.

Glenn Ardiansyah menjelaskan ke-23 tokoh jajanan pasar yang hadir dalam komik Japarr
Enggar Subagyo/ KOMPAS.com

Glenn Ardiansyah menjelaskan ke-23 tokoh jajanan pasar yang hadir dalam komik Japarr

Tema jajanan pasar dipilih Glen karena menunjukkan ragam silahturahmi dari sebuah bangsa yang besar, terutama kepada anak anak agar lebih mengenal identitas bangsa dan makanan tradisionalnya.Melalui komik, diharapkan anak-anak dapat tertarik untuk mengenal dan mencicipi jajanan pasar sebagai kudapan yang sehat.Karena ditujukan untuk anak anak, maka komik JAPARR menggunakan bahasa yang komunikatif, sederhana dan lebih mudah dimengerti.Dalam pembuatan komik ini Glenn melibatkan pula istrinya, Diah, sebagai penggambar sekaligus story teller. Komik ini dibuat dengan cerita yang penuh dengan muatan moral.

Boneka tokoh-tokoh jajanan pasar dari komik Japarr
Marsya Pamela/ Kompas.com

Boneka tokoh-tokoh jajanan pasar dari komik Japarr

"Kisah yang ditampilkan di komik Japarr ini menceritakan keseharian yang biasa dilakukan anak-anak mulai dari bermain, berkenalan dengan teman baru dan pesan moral yang ingin disampaikan," katanya.Selain komik, ragam jajanan pasar ini juga dibuat dalam bentuk boneka. Sehingga ada kegiatan bercerita memakai boneka berbentuk dan bernama sesuai jajanan pasar yang bisa disampaikan kepada anak. Komik Jappar turut menjalin kerjasama dengan JNE yang juga melakukan kampanye bertema Peduli Komik Indonesia.

(Reportase oleh: Marsya Pamela)

Editor : Oik Yusuf

Baca Lainnya

Latest