Follow Us

Antisipasi Lonjakan Data Libur Natal dan Tahun Baru, Indosat Ooredoo Naikkan Kapasitas Jaringan

Wahyu Subyanto - Jumat, 21 Desember 2018 | 16:19
BTS Operator
kompas

BTS Operator

Nextren.com - Masa libur akhir tahun segera dtaang dan tempat wisata biasanya akan dipenuhi pelancong yang merayakan liburan dan tahun baru.Biasanya, saat berlibur trafik data operator malah melonjak, karena intensifnya penggunaan kuota data pengguna untuk mengakses media sosial, baik untuk posting foto dan video liburan atau sekedar bergaul dengan para sahabat.Maka operator ikut menyiapkan jaringannya agar bisa melayani pengguna dengan lancar.Salah satunya Indosat Ooredoo yang menyatakan kesiapan jaringan dan layanannya untuk mendukung aktivitas komunikasi pelanggan selama masa-masa libur perayaan Natal dan Tahun Baru 2019.

Baca Juga : Layani Internet Cepat, Jaringan 4G Plus Indosat Rambah Sumatera UtaraIndosat Ooredoo menyiapkan semua kapasitas layanan data, suara dan SMS, terutama untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari. Layanan data saat ini menjadi kebutuhan utama aktivitas telekomunikasi masyarakat seiring dengan tren penggunaan social media dan aplikasi digital lainnya.Sementara kapasitas layanan suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau 37,49 juta Erlang/hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 milyar SMS/hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari. Masing-masing kapasitas tersebut disiapkan beberapa kali lipat dari prediksi kenaikan trafik yang kemungkinan terjadi dan cukup untuk mengantisipasi kenaikan trafik tersebut.

Baca Juga : Indosat Terapkan Jaringan 4.5G dan Siapkan 5G, Bagaimana Pelanggan 2G?

Semua kenaikan kapasitas tersebut didukung oleh 11.636 BTS secara nasional, sehingga diharapkan mampu melayani 64,1 juta pelanggan Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia.Kesiapan jaringan telekomunikasi ini dilakukan untuk mengantisipasi setiap lonjakan trafik di masa-masa liburan dan hari raya."Kami berkomitmen untuk menghadirkan jaringan berkualitas video yang kompetitif bagi pelanggan di era komunikasi data saat ini, termasuk memberikan user experience yang tetap prima pada saat peningkatan trafik,” ujar Dejan Kastelic, Chief Technology & Information Officer Indosat Ooredoo, dalam keterangannya kepada Nextren.Saat ini, Indosat Ooredoo baru saja merilis paket terbaru untuk mendukung aktivitas liburan pengguna, yaitu Paket Unlimited Instagram.

Baca Juga : Jaringan Indosat Dikeluhkan Tak Stabil, Inilah Upaya yang Dilakukan

Instagram
foto : wccftech

Instagram

Paket ini memungkinkan pelanggan bisa internetan lebih seru dan liburan akhir tahun yang menyenangkan, lewat paket internet dan jaringan 4G Plus Indosat Ooredoo.Untuk memastikan semua layanan tersebut berjalan lancar, Indosat Ooredoo melakukan monitoring jaringan secara intensif lewta i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center).i-NOC adalah fasilitas monitoring & pengendalian jaringan secara terpadu untuk semua layanan Indosat Ooredoo. i-NOC juga berperan meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi (Command Center) bagi seluruh perangkat jaringan Indosat Ooredoo secara nasional.

Baca Juga : Ujicoba 5G Indosat dan Ericsson, Tunjukkan Kecepatan Internet 10 Gbps dan 3D Augmented Reality

Layanan pelanggan Indosat Ooredoo juga siap memberikan dukungan Bila ada keluhan ataupun kendala yang dialami pelanggan, Indosat sudah menyiapkan berbagai saluran layanan pelanggan lewat email, twitter dan aplikasi MyIM3.Paket Unlimited InstagramMenyambut liburan dan perayaan akhir tahun, IM3 Ooredoo menghadirkan Paket Unlimited akses ke aplikasi Instagram. Dengan paket Unlimited Instagram dan YouTube ini, pelanggan akan tetap bisa akses ke semua aplikasi favorit mereka saat kuota utama habis.

Baca Juga : Ini Tahapan Penerapan 5G di Indonesia Menurut Kominfo, Sudah Dekatkah?Sementara aplikasi favorit sehari-hari sudah termasuk di paket internet ini; seperti ke Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, iflix, Spotify hingga GoJek dan Grab.Selain itu, paket Unlimited ini juga menawarkan kuota utama besar untuk akses internetan lainnya serta Unlimited SMS atau nelpon ke semua operator lewat paket Unlimited JUMBO. Benefit Unlimited akses Instagram ini dapat langsung dinikmati setelah melakukan registrasi atau perpanjangan paket Unlimited +7GB ke atas mulai 1 Desember2018. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest