Follow Us

Spesifikasi Google Wizphone Akan Dijual di Alfamart Rp 99 Ribu, Baterai Tahan 2 Minggu dan Sudah 4G

None - Kamis, 06 Desember 2018 | 15:26
Wizphone dengan fitur Google Assistant -
KOMPAS.com

Wizphone dengan fitur Google Assistant -

Nextren.com - Google resmi menelurkan feature phone atau ponsel fitur (ponsel dengan kemampuan dasar, bukan smartphone) yang terpasang fitur Google Assistant secara built-in. Ponsel tersebut adalah Wizphone, yang diperkenalkan langsung oleh Vice President Engineering Google Assistant, Scott Huffman dalam acara keynote Google for Indonesia, di Jakarta, Selasa (4/12/2018). Wizphone merupakan ponsel besutan PT Wiz Nirwana Indonesia (WIN). Layaknya ponsel fitur lain, desain Wizphone sangat sederhana dengan keyboard fisik T9. Bedanya, ponsel ini didedikasikan untuk fitur Google Assistant besutan Google.

Baca Juga : Google Go, Mesin Pencari Ringan Untuk Sinyal 2G yang Tidak StabilDi bagian depannya terdapat tombol khusus untuk memanggil sang asisten virtual Google. Letak tombol Google Assistant tersebut diklaim bisa mempermudah pengguna untuk mengakses Google Assitant. Pengguna cukup menekan agak lama tombol Google Assistant bergambar microphone yang terletak di tengah, tepat di bawah layar ponsel. Setelah Google Assistant terbuka, pengguna cukup mengucapkan perintah suara seperti mengirimkan pesan, melakukan panggilan telepon, atau memutar video YouTube.

Baca Juga : Google Resmi Luncurkan Layanan Google Jobs Bantu Para Pencari Kerja

Scott mengklaim bahwa Google Assistant di Wizphone maupun di aplikasi smartphone pada umumnya, tidak memiliki perbedaan dari sisi kemampuan kecerdasan buatan. "Yang membedakan nantinya adalah fitur-fitur yang tersedia di ponsel tersebut," jelas Scott. Spesifikasi Wizphone Pengoperasian Wizphone sangat sederhana, hanya terdapat beberapa aplikasi yang terpasang, seperti Google, Twitter, YouTube, Musik, dan galeri. Saat membuka aplikasi Google Search, tampilannya pun sangat simpel, hanya terdapat pilihan "semua" dan "gambar" saja untuk menampilkan hasil pencarian, lengkap dengan kursor yang jarang ditemui di smartphone layar sentuh.

Baca Juga : Karyawan Google Tanda Tangani Petisi untuk Gagalkan Proyek Dragonfly

WizPhone Google
Kelvin Layzuardy

WizPhone Google

Di bagian depan tersemat sensor kamera 2 megapiksel, sementara di belakang terdapat kamera tunggal VGA yang ditemani LED flash. Ponsel ini didukung oleh KaiOS, sistem operasi seluler yang ditujukan untuk feature phone dan perangkat IoT lain agar bisa menambahkan pengalaman fitur lain, meski memiliki konfigurasi memori yang terbatas.

Untuk hardware, Wizphone menggunakan chip Qualcomm MSM 8905 dengan konfigurasi memori RAM 512 MB dan memori internal 4 GB.

Baca Juga : Google Hapus 13 Aplikasi dari Play Store karena Dianggap Berbahaya

Wizphone turut didukung baterai 1.800 mAh yang diklaim akan tahan hingga 350 jam (14 hari). Soal konektivitas, ponsel ini telah mendukung jaringan internet 4G LTE. Scott mengumumkan ponsel ini akan dijual dengan harga Rp 99.000 dan bakal tersedia di jaringan ritel Alfamart di seluruh Indonesia. Sayangnya, ia tidak menyebutkan jadwal pasti kapan Wizphone akan mulai dipasarkan. (*)(Wahyunanda Kusuma Pertiwi)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kesan Pertama Menjajal Wizphone, Ponsel Rp 99.000 dengan OS Google"

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest