Follow Us

Bioengineer Italia Cetak Steak Bagi Vegetarian Lewat 3D Printer

David Novan Buana - Senin, 03 Desember 2018 | 16:25
Steak Vegan
bosh.tv

Steak Vegan

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Ada-ada saja kelakuan peneliti bila dibiarkan bebas bereksperimen dengan bantuan teknologi canggih seperti 3D Printer.

Seperti yang terjadi oleh bioengineer dari Italia ini, ia telah berhasil mengembangkan steak untuk vegetarian pertama di dunia dengan dicetak.

Karena ditujukan untuk vegetarian yang tidak memakan daging, maka bahan pembuatan steak tersebut berasal sepenuhnya dari protein sayuran.

Baca Juga : Uber Akan Antarkan Makanan Pakai Bantuan Pasukan Drone

Bioengineer Italia bernama Giuseppe Scionti yang bekerja di perusahaan startup Spanyol Novameat tersebut membuatnya untuk alasan yang menarik.

Menurutnya, produk bertekstur seperti daging untuk vegan belakangan ini meskipun banyak jumlahnya tetapi punya variasi yang terbatas.

Bila bukan untuk menirukan daging burger, maka daging vegan tersebut bentuknya adalah Chicken Nugget atau bakso (meatball).

Giuseppe ingin memberikan kemewahan daging dengan tekstur kompleks seperti steak bagi vegan, dan teknologi 3D printing adalah jawaban yang tepat untuk itu.

Untuk membuatnya, ia pertama membuat bahan dasar berupa pasta yang berasal dari beras, kacang, dan rumput laut.

Semua bahan itu dipilih supaya dapat memberikan asam amino yang dibutuhkan untuk diet sehat, dan di saat bersamaan mampu menirukan kekenyalan daging.

Hasil dari cetakan tersebut nantinya akan berupa 'daging' mentah, yang berikutnya perlu diproses sama seperti ketika memasak steak.

Source : Slashdot

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest