Follow Us

Internet Makin Padat, Jaringan 5G Akan Dipakai 1,5 Miliar Pengguna Tahun 2024

David Novan Buana - Rabu, 28 November 2018 | 18:39
Teknologi 5G diramalkan akan digunakan oleh mayoritas pengguna mobile di dunia pada 2024.
Getty Images North America

Teknologi 5G diramalkan akan digunakan oleh mayoritas pengguna mobile di dunia pada 2024.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Teknologi jaringan telekomunikasi 5G tidak perlu diragukan lagi adalah massa depan telekomunikasi bagi penduduk dunia.

Hal ini ditegaskan kembali oleh penelitian yang meramalkan jaringan 5G akan digunakan oleh lebih dari 40% populasi dunia, dan menggapai 1,5 miliar pengguna.

Laporan mengenai ramalan ini dikemukakan oleh perusahaan telekomunikasi raksasa dunia Ericsson, melalui mobility report terbarunya.

Baca Juga : iPhone 5G Pertama Bakal Diluncurkan Apple Pada 2020, Teknologi Lebih Stabil

Pernyataan yang dikeluarkan oleh Ericsson tentu saja tidak bisa disisihkan sebagai isapan jempol belaka, mengingat perusahaan ini memiliki hampir setengah dari total lalu lintas mobile di dunia.

Teknologi jaringan telekomunikasi generasi kelima tersebut tentu saja memiliki kelebihan yang begitu besar bila dibandingkan dengan generasi saat ini.

Tidak hanya unggul di sisi kecepatan transfer datanya, teknologi ini juga memiliki nilai plus pada kecepatan responsnya.

Bila digabungkan dengan ramalan lain yang mengatakan bahwa konsumsi data mobile akan mencapai lebih dari 21 GB per bulannya pada 2024, maka sudah sewajarnya jalur transfer datanya juga harus memadai.

Maka bila menggabungkan dua hal tersebut, rasanya dominasi 5G di dunia kelak sudah menjadi kewajaran dan sesuatu yang natural terjadi.

Seperti apa aplikasi dari 5G sendiri baru akan terlihat setelah smartphone yang mengadopsi teknologi ini muncul pada pertengahan 2019 nanti.

Sebab selain kesiapan dari perangkat di sisi pengguna, ketersediaan dan kesiapan dari sisi provider juga perlu menjadi fokus yang mampu menyukseskan 5G.

Source : Slashdot

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest