Follow Us

REVIEW - Zyrex 232 Xtreme, Laptop Tipis dan Ringan Berbodi Full Metal

Wahyu Subyanto - Selasa, 03 April 2018 | 21:18
Zyrex 232 Xtreme
tomy

Zyrex 232 Xtreme

Laporan Wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.grid.id - Setelah pesona netbook memudar, banyak konsumen laptop pemula yang agak sulit menemukan laptop kelas pemula.Kini produk laptop kelas pemula diisi oleh berbagai merek dengan memakai prosesor Intel Celeron, dan yang saat ini banyak dipakai adalah Intel Celeron N3350.Namun, spek itu membuat laptop di kelas harga Rp 3 juta, menjadi seperti produk masal.Semuanya punya prosesor dan RAM sama, harga sama, desain mirip, bahkan harganya juga sama yaitu Rp 3,2 juta.Di kelas pemula ini, Zyrex baru saja merilis laptop terbarunya, Zyrex 232 Xtreme.

(BACA : Instagram Kembalikan Fitur GIF Ke Insta Story, Yuk Coba Dicek! )DesainDua hal yang paling dijagokan Zyrex dari laptop terbarunya ini, yaitu body yang full metal serta layar full view.Bodi full metal ini membuat penampilannya tampak elegan dan mewah, ditambah ukuran bodinya juga begitu tipis.Untuk koneksi ke perangkat lain, tersedia 1 port USB 2.0, 1 port USB 3.0, slot microSD di sisi kanan, serta slot mini HDMI di sisi kiri.

Jack audio 3.5mm letaknya bersebelahan dengan jack power sehingga beresiko salah colok dalam pemakaian sehari-hari.Di sisi bawah bodi, ada slot untuk menambahkan memori SSD hingga 256GB.

(BACA : Trik Sembunyikan Status Online WhatsApp, Biar Nggak Dikepoin )

keyboard dan touchpad
tomy

keyboard dan touchpad

Keypadnya berukuran besar dengan jarak antar huruf yang lega, membuat proses mengetik berlangsung lancar.Apalagi touch pad juga berukuran besar dan multifungsi, yang sangat mendukung pemakaian selama bekerja dengan laptop ini.Touchpad mendukung pemakaian dua jari baik untuk zoom atau untuk keperluan lain.Ada kamera webcam tepat di atas layar, dengan kualitas yang cukup baik dan terang, nyaman untuk video call via internet.Dipakai dalam ruangan, tak ada gejala nge-lag dari kameranya saat kita bergerak, menunjukkan bukaan lensa yang cukup besar.

(BACA : Apa yang Terjadi Jika Samsung Galaxy S9 Direndam Dengan Air Laut? )

Zyrex 232 Xtreme dalam posisi tertutup
tomy

Zyrex 232 Xtreme dalam posisi tertutup

Layar mantapInilah komponen paling menyolok dari Zyrex 232 Xtreme ini.Layar berteknologi IPS full view membuat tampilannya terasa lega dan luas, dengan pinggiran layar yang tipis.Layar sudah berlapis glass panel yang terlihat cukup kuat, jadi tak perlu khawatir saat layarnya terkena benda keras.

Warna juga tampil cerah dan cemerlang, dan tetap jelas dilihat dari samping.Desain bezelless ini mengingatkan kita akan tren di industri smartphone yang kini marak dengan desain minim bingkai dan ukuran layar wide.

(BACA : GoPro Luncurkan HERO, Kamera Entry Level Seharga Rp 2 Jutaan )Hal ini juga diadopsi oleh Zyrex 232 Xtreme ini.Desain minim bingkai ini membuat luas layar menjadi begitu lega, yaitu 14,1 inci, tapi tidak membuat ukurannya bertambah besar.Rasanya seperti sedang menghadapi laptop ukuran 12 inci saja.Apalagi resolusi layar juga Full HD 1080p (1920 x 1080 pixel), sehingga isi layar terlihat tajam dan cemerlang.

Layar lega sampai ke pinggiran
tomy

Layar lega sampai ke pinggiran

KinerjaZyrex Sky 232 Xtreme ditenagai prosesor terbaru Intel Celeron Processor N3350, memori RAM 3GB, serta berbasis OS Windows 10 Original. Sementara untuk penyimpanannya, selain eMMC 32GB yang sudah tersedia, juga bisa ditambahkan SSD lagi di slot sebelah bawah.

Sementara untuk fitur konektifitasnya ada WiFi dan Bluetooth. Aplikasi pengolah foto yang tidak kompleks, seperti Adobe Photoshop Express atau Video Editor Animotica, masih bisa berjalan lancar.

(BACA : Xiaomi Redmi Note 5 Siap Meluncur di Indonesia 18 April 2018 Mendatang )Untuk bekerja, ada aplikasi WPS Office 2016, jadi bukan memakai aplikasi Microsoft Office original.Sebagai laptop untuk pemula, jangan berharap bisa dipakai untuk bermain game-game yang agak berat.Game seperti Real Racing masih bisa dijalankan, namun resolusi harus diturunkan menjadi hanya 1366 x 768 pixel.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest