Follow Us

REVIEW Kelemahan Infinix Hot S3 - Jagoan Selfie Berkinerja Kencang

Wahyu Subyanto - Jumat, 30 Maret 2018 | 18:19
Infinix Hot S3
tommy

Infinix Hot S3

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.grid.id-Bagi pengguna smartphone, kelancaran aktifitas online, ditambah kamera bagus, dan baterai awet tentu menjadi pertimbangan utama.Menurut riset vendor, saat ini segmen konsumen pasar smartphone sudah bergeser ke harga sekitar Rp 3 juta.Jadi di kelas harga itulah vendor banyak merilis produk yang best value, dengan kualitas yang bagus dalam berbagai hal.Namun bagaimana dengan smartphone seharga di bawah Rp 2 juta?Infinix mencoba menerobos pasar lewat produk terbarunya Infinix Hot S3 yang hanya dijual secara online.Ada berbagai fitur yang dijagokan dari smartphone terjangkau ini, seperti layar 18:9, kamera selfie 20MP, baterai 4000mAh, dan kinerja kencang.

(BACA : Cara Bikin Efek Close-Up ala Sinetron di Instagram Pakai Superzoom )DesainHape Infinix ini punya desain yang mengikuti tren dengan bentuk yang cenderung memanjang (wide), dan desain bezelless di sisi kanan kirinya.Bodi cover belakang Hot S3 ini tampil seperti berbahan aluminum bercorak doff dan kesat, tapi nyatanya adalah plastik.Namun, tampilannya tetap terlihat elegan dan modern.

Kamera belakangnya sedikit menonjol dan berpeluang besar tergores saat ditaruh di meja, sehingga dibutuhkan casing.Ada sih soft case bawaan di paketnya, meski warnanya yang gelap menutupi keindahan desain Hot S3 ini.

(BACA : Trik Xiaomi Redmi 5A, 2 Cara Screenshot dengan Mudah dan Efisien )Pilihan layar ukuran 5.7 inci dan ratio 18:9 membuat hape ini terasa ringkas dan mudah dioperasikan, tapi masih terasa lega.

Infinix Hot S3
tommy

Infinix Hot S3

Meski baterainya berkapasitas besar, 4000mAh, namun bodinya masih terlihat ramping.Di belakang tengah ada fingerprint yang mudah diakses dengan jari telunjuk, sedangkan tombol volume dan power ada di sisi kanan.Di sisi kiri, tersedia 2 slot simcard ditambah slot microSD sebagai memori penyimpanan tambahan.Adapun di atas, ada jack audio 3.5mm yan dianggap sebagian orang kurang rapi saat dipakai menikmati musik.

(BACA : Perbandingan Line Lite dan Line Versi Standar, Lebih Ringan Loh )

Layar Layar 5.7 incinya beresolusi HD+ (1440 X 720 pixel).Jika sudah terbiasa memakai smartphone berlayar Full HD, tentu akan merasa kalau layar Hot S3 ini kurang tajam.Namun sebenarnya, perbedaan ketajamannya tak terlalu banyak.Layarnya punya kontras tinggi dan warna yang matang, serta tetap jelas dipakai di luar ruang.Layarnya dilapisi Dragon Trail Glass, membuatnya tahan gores yang kuat.

Infinix Hot S3 - homescreen
way

Infinix Hot S3 - homescreen

Ada bluelight filter untuk mengurangi tingkat keletihan mata, dan sangat berguna karena saturasi warna layar tak bisa diatur.

(BACA : 5 Dampak Negatif Pemakaian Casing Tambahan Pada Smartphone Mahal )Lewat fitur gesture & Smart Motion, layar bisa dihidupkan dan dimatikan dengan mengetuk dua kali, terasa biasa tapi sangat berguna saat pemakaian.Fitur Gesture juga bisa dipakai untuk membuka aplikasi secara cepat lewat goresan jari di layar, mode satu tangan, mematikan bunyi hape dengan membaliknya, bahkan melakukan screenshot dengan 3 jari.

AntarmukaUntuk kelas harganya, bekal OS Android 8.0 Oreo memang bikin gembira, karena belum banyak yang punya OS setinggi itu.Hape ini berjalan dengan antarmuka buatan Infinix sendiri, XOS 3.0, yang berjalan mulus namun punya banyak aplikasi bawaan (bloatware).XOS 3.0 ini bisa diandalkan untuk urusan kinerja, manajemen RAM, keamanan data, serta notifikasi yang real time.Navigasi ada di layar (on screen) dengan urutan yang tak bisa diubah, meski cukup ergonomis karena tombol Back yang tentunya paling sering diakses, ada di sisi paling kanan.

(BACA : Nonton Video YouTube Bisa Vertikal dan Horizontal Tanpa Ruang Hitam )

Infinix Hot S3 - aplikasi bawaan
way

Infinix Hot S3 - aplikasi bawaan

Ada aplikasi bawaan dari XOS Family, Social, Media, Tools dan Other.Ada pula aplikasi Freezer, XTheme, XShare, XClub dan Shuffle.Aplikasi menarik misalnya Phone Master untuk mengelola pemakaian hape, seperti manajemen data internet, blokir telepon dan SMS, notifikasi aplikasi, serat membersihkan memori internal dan RAM. Aplikasi Freezer bisa membekukan aplikasi yang sudah dipilih dan jarang digunakan, sehingga menghemat baterai.Sementara XShare bisa dipakai untuk berbagi file antar hape ke gadget lain termasuk laptop.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest