Follow Us

Yuk, Ikut Tantangan Menulis Novel di NaNoWriMo!

- Kamis, 05 November 2015 | 08:24
Tampilan situs NaNoWriMo
nanowrimo.org

Tampilan situs NaNoWriMo

November sudah tiba. Setelah InkTober, kini giliran NaNoWriMo atau National Novel Writing Month kembali menyapa. Ajang ini adalah sebuah tantangan yang mengajak orang di seluruh penjuru dunia untuk menulis novel selama sebulan penuh. Bagi para penulis pemula, NaNoWrimo bisa mengasah konsistensi dalam menulis novel. NaNoWriMo diselenggarakan setiap setahun sekali, yaitu mulai 1 November dan berakhir pada 30 November. Event menulis ini berasal dari Amerika Serikat dan telah diselenggarakan sejak tahun 1999. Walaupun berasal dari Amerika Serikat dan menggunakan nama “National”, sebenarnya peserta ajang ini bisa datang dari negara mana saja, termasuk Indonesia.

Para peserta atau Wrimos diharuskan menulis minimal 50 ribu kata atau sekitar 175 halaman selama satu bulan. Target ini terbilang sulit namun sangat mungkin untuk dilakukan, disamping juga realistis untuk peserta pemula yang latar belakangnya bukan seorang penulis novel.

“Beberapa peserta dari Indonesia sudah banyak mempublikasikan hasil dari NaNoWriMo, tapi ada juga yang mengikuti ajang ini hanya sekedar senang menulis seperti saya” ujar Dini salah satu peserta asal Jakarta saat dihubungi Nextren melalui pesan singkat, Selasa (3/11/15).

Kamu juga bisa menulis dengan berbagai bahasa, baik bahasa Inggris maupun bahasa yang biasa kamu gunakan sehari-hari. Untuk batasan usia, NaNoWriMo terbuka untuk peserta berumur 13 tahun ke atas.

Kalau kamu tertarik untuk ikutan program menulis ini, cukup daftar di situs NaNoWriMo dan buat akunmu sendiri. Setelah divalidasi, kamu bisa mengisi profil kamu, jenis novel apa yang mau kamu buat, serta tulis sinopsisnya. Ketika mengatur profil, jangan lupa mengubah lokasi kamu ke Asia-Indonesia. Wrimos Indonesia sendiri juga banyak, lho! Kamu bisa mampir ke forum Wrimos Indonesia di sini. Bisa dapat teman baru dan berbagi tip menulis juga!
(Reportase oleh: Marsya Pamela)

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest