Follow Us

Drone Masa Depan Bisa Lukis dan Warnai Langit

Fatimah Kartini Bohang - Kamis, 05 November 2015 | 11:47
drone masa depan bisa lukis langit
Mashable

drone masa depan bisa lukis langit

Semakin marak di pasaran, drone diproyeksikan untuk fungsi yang semakin beragam. Mulai dari membidik dan merekam gambar, mengantar barang dan kini melukis langit.

Fungsi terakhir memang baru berwujud konsep yang dinamai "Phantom X". Konsep tersebut digodok oleh DJI yang merupakan salah satu perusahaan pertama pembuat drone.

DJI memamerkan konsepnya melalui sebuah video yang menggambarkan mekanisme drone masa depan. Ada beberapa fitur yang membuat drone bakal berkali-kali lipat lebih pintar dari yang ada saat ini.

Fitur pertama adalah kemampuan melukis langit. Pengguna cukup menyambungkan drone dengan Apple Watch. Setelah itu, drone akan mengikuti gerakan tangan pengguna yang terlilit Watch. Warna garisnya pun bisa dipilih sesuai warna kesukaan.

Artis dan penyanyi Chloe Bennet mendefinisikan kemampuan tersebut sebagai pendorong kreativitas anak muda. "Konsep DJI mampu menyalurkan ekspresi anak muda kreatif ke medium yang lebih dinamis. Ini sangat menginspirasi masyarakat untuk berkarya di kehidupan sehari-hari," kata dia pada video yang dirilis DJI.

Fitur kedua adalah kemampuan menghindari rintangan. Saat ini, salah satu masalah pengoperasian drone adalah banyaknya aral melintang di udara. Misalnya pesawat terbang, pohon tinggi, gedung pencakar langit, serta benda-benda lainnya. Akibatnya, drone kerap rusak setelah menabrak benda-benda tersebut.

Drone masa depan yang dikonsepkan DJI bakal memiliki kepintaran untuk menghindar otomatis dari berbagai benda yang menghalangi.

Fitur ketiga adalah kemampuan mengikuti objek yang diarahkan dengan keseimbangan mumpuni. Segera setelah drone dilepaskan ke udara, drone akan mengikuti objek yang dikontrol lewat Watch.

Saat pengguna berjalan, naik sepeda, naik mobil, atau melakukan aktivitas apapun, drone akan setia mengikuti.

Fitur terakhir adalah kemampuan membidik gambar dari berbagai angle. Hal ini akan sangat berguna bagi para pembuat film. Mekanismenya lagi-lagi dikontrol dari Watch. Dua atau lebih pemilik drone pertama-tama harus mengsinkronisasi drone mereka lewat Watch. Setelahnya, dua atau lebih drone diarahkan mengikuti satu objek dari sudut berbeda-beda. Hasilnya, jika disatukan, akan memperlihatkan gambar dari beragam sudut.

"Kemampuan ini akan merevolusi industri film. Inilah yang dibutuhkan oleh para pembuat film," kata produser film Dana Brunetti.Untuk lebih lengkapnya, berikut video yang diluncurkan DJI.

Konsep DJI tentang drone masa depan memang progresif. Namun, perusahaan tersebut masih enggan mengungkap kapan konsep itu akan ditelurkan sebagai produk nyata.

Source : Mashable

Editor : Reza Wahyudi

Latest