Google Gunakan Content ID Untuk Lindungi Pemilik Hak Cipta Intelektual

Kamis, 08 November 2018 | 19:08
brightedge.com

YouTube

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Pelanggaran hak cipta di media sosial adalah hal yang sulit untuk diperangi, dan Google menggunakan beragam cara untukmengatasinya.

Salah satunya adalah Content ID, sistem platform yang mampu mengenali video yang di-upload pada YouTube dan dibandingkan dengan video lain yang mirip dengan pemilik hak ciptanya atau video originalnya.

Melalui sistem tersebut, Google telah membantu pemilik asli dari video dengan memberikan uang ketika ada video duplikat yang jugadigunakan oleh pengguna lain.

Baca Juga : Electronic Arts Bikin Cloud Gaming Dengan 1000 Orang, Janjikan Lebih Baik dari Google dan Microsoft

Berdasarkan laporan yang dibuat oleh Mountain View berjudulHow Google Fights Piracy untuk tahun 2018, tercatat telah dibayarkan uang sebesar $3 milyar ke pemilik hak cipta yang dijiplak melalui Content ID.

Jadi, semakin banyak pengguna lain yang menggunakan videodengan hak cipta, maka pemilik hak cipta tersebut akan mendapatkan bayaran dari Google sebagai kompensasi pembajakan atas karyanya.

Namun, ada pula pengguna yang berusaha untuk mengakali sistem tersebut dengan mengklaim kerugian karena pembajakan, padahal video yang dibuatnyamasuk ke dalamFair Use, atau doktrin legal yang menyatakan karya tersebut boleh digunakan ulang dalam kondisi tertentu.

Baca Juga : Alat Mata-Mata Terkuat di Dunia Buatan Israel, Dipakai Arab Saudi Lacak Khashoggi

Jenis video yang masuk ke dalam doktrin tersebut antara lain adalah riset, komentar, kritik, pengajaran, dan berita.

Sebagai tambahan, Google juga telah membayarkan $1,8 milyar melalui YouTube keindustri musik dari Oktober 2017 hingga September 2018, hanya untuk keuntungan tahunan dari iklan.

Ternyata perusahaan raksasa tersebut telah menginvestasikan uang yang begitu besar, yaitu $100 juta ke dalam pengembangan dan support Content ID.

Melalui platform tersebut, Google tampaknya berharap industri kreatif bisa tetap berkembang maju dan di saat bersamaan melawan pembajakan.

Baca Juga : Google Tantang Pembuat AI Untuk Prediksi Bencana Hingga Selamatkan Alam

Setelah pemilik hak ciptanya mendapatkan kompensasi uang, Google juga mengejar dan memburu konten yang melanggar, dan menurunkannya dari YouTube dan search engine Google.

Dilaporkan sudah ada 3 milyar URL yang dibuang dari Search, dan juga telah menolak 10 juta iklan di 2017.

Semua iklan tersebut ditolak karena dicurigai berhubungan dengan website penipuan dan juga malware yang membahayakan pengguna Google.

Nah, artinya sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi bila memasukkan hasil karyamu ke dalam YouTube, karena kamu dilindungi oleh sistem antipembajakan yang tangguh.(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : Google

Baca Lainnya