Kelebihan dan Kekurangan Huawei Nova 3i, Hampir Sempurna di Kelasnya

Senin, 08 Oktober 2018 | 21:08
kompas.com

Huawei Nova 3i masih mengandalkan konektor micro-USB (foto kanan). Tombol daya dan pengatur volumeny

Laporan Wartawan NexTren, Rezky Amaliah

NexTren.com -Huawei Nova 3i memang punya rasa yang beda di kelas harga Rp 4jutaan. Mulai dari desain yang oke dan warna yang keren. Handphone ini sudah bisa mencuri perhatian.

Jadi Huawei Nova 3i itu bagus? Untuk jawab pertanyaan ini, kalian harus baca artikel ini sampai habis.

Sesuai judul, Huawei Nova 3i ini memang hampir sempurna dikelasnya. Inget, hampir loh ya. Sama seperti smartphone lainnya, Huawei Nova 3i ini juga punya kelebihan dan kekurangannya.

Kayaknya lebih asik dimulai dari kelebihannya aja dulu ya. Seperti statement diawal, desain Huawei Nova 3i ini tuh cantik banget.

Ngomongin soal dapur pacu, Huawei Nova 3i sudah dibenamkanHiSilicon Kirin 710 yang menurut pengalaman coba jajal ini handphone sih performanya oke kok.

Kita ulas sebentar soal spesifikasinya ya. Huawei Nova 3i dibekali RAM 3 GB dan internal storage 128 GB.

kompas.com
Oik Yusuf

Sepasang kamera belakang Huawei Nova 3i tersusun dengan orientasi vertikal, sejajar dengan LED flash

Kamera belakang handphone ini punya setup dual kamera yang masing-masing beresolusi 16 MP dan 2 MP. Sedangkan kamera depannya beresolusi 24 MP dan 2 MP.

Baca Juga : Foto-Foto Detil Huawei Nova 3i, Hape 4 Kamera yang Dijual Rp 4,2 Juta

Bahas soal layarnya, Huawei Nova 3i membawa rasio 19,5:9 yang bikin handphone ini kelihatan ramping.

Nah yang kerennya, warna hitam yang ada di layar ini tuh terlihat solid banget. Padahal panelnya IPS bukan Amoled loh.

Masuk sektor multimedia, Huawei Nova 3i ini nggak cuma sekedar punya embel-embel dual speaker aja. Tapi suara yang dihasilkan dari handphone ini juga bulat kok.

Nah untuk para gamers diluar sana yang melihat handphone dari spesifikasi gamingnya, Huawei Nova 3i sudah teruji kok.

Buktinya waktu dipakai buat mainin game yang lagi hits yaitu PUBG Mobile, handphone ini bisa sampai grafis HD dengan format High tanpa patah-patah loh. Tapi dengan catatan Game Accelerate diaktifkan ya.

Huawei Nova 3i

Kelebihan selanjutnya dari smartphone ini adalah daya tahan baterainya yang awet banget. Meski hanya mengusung kapasitas baterai 3.000 mAh, tapi handphone ini bisa awet banget dengan pemakaian yang lumayan berat.

Mungkinberkat chipset HiSilicon Kirin 710 yang dipakai di smartphone ini, jadi konsumsi daya bisa diminimalisir.

Baca Juga : Huawei Nova 3i Resmi Dijual di Indonesia Seharga 4,2 Juta, Bisa Dipesan Hari Ini

Masuk ke dalam bahasan soal kekurangannya. Huawei Nova 3i masih menggunakan Micro USB Port padahal zaman sekarang kebanyakan smartphone sudah pakai USB Type C.

Masuk kekurangan selanjutnya, handphone dengan harga Rp 4 juta ini belum mendukung teknologi fast charging. Sayang banget ya.

Ngomongin soal fitur, Huawei Nova 3i belum punya fitur NFC. Sayang banget deh padahal akhir-akhir ini fitur NFC lagi dibutuhin banget.

Terakhir kekurangan yang dimiliki Huawei Nova 3i ada di sektor perekaman video. Smartphone ini belum memiliki OIS atau EIS. Jadi dengan kata lain, kalau kalian mau merekam video dengan handphone ini, jangan berharap ada stabilizer tambahan di handphone ini.

Itulah kelebihan dan kekurangan yang ada pada Huawei Nova 3i. Jadi kalau kalian punya budget Rp 4 juta, kira-kira kalian mau beli handphone ini atau nggak?(*)

Editor : Kama

Baca Lainnya