Lenovo ThinkPad P1, Laptop Ringan Stylish Yang Siap Kerja Berat

Rabu, 26 September 2018 | 22:08

Lenovo luncurkan laptop workstation yang kuat dan stylish, ThinkPad P1.

NexTren.com - Ketika berbicara mengenai komputer berjenis Workstation, maka yang terpintas di benak biasanya adalah komputer yang besar ukurannya.

Terang saja, fungsi workstation sendiri memang lekat dengan pekerjaan yang berat, terutama menyangkut proses komputasi rumit dan grafis 3D yang butuh graphics card kelas atas.

Namun Lenovo berkata lain hari ini dengan diluncurkannya ThinkPad P1, laptop workstation yang kuat dan di saat bersamaan punya style yang asik.

Bertempat di showroom mobil sport mewah Aston Martin di daerah Taman Menteng Jakarta, Lenovo memperlihatkan kemampuan ThinkPad P1 kepada awak media.

Tentunya kamu bertanya mengapa Lenovo menggandeng Aston Martin, merek mobil yang notabene tidak ada hubungannya dengan laptop workstation.

Ternyata Lenovo telah menjadi partner pabrikan mobil sport tersebut sejak lama, dengan digunakannya perangkat ThinkPad untuk merancang mobil mewah tersebut.

Selain itu, filosofi desain ThinkPad P1 dan Aston Martin juga sangat mirip.

Aston Martin tidak hanya mengejar kesempurnaan engineering, tetapi juga membuat produk untuk dinikmati penggunanya, begitu penjelasan dari Neil Jarvis selaku Director of IT and Innovation Aston Martin Lagonda.

Baca Juga : Lenovo Legion Y530, Laptop Gaming Berkinerja Tinggi dan Tetap Stylish

Karena itulah Lenovo digunakan oleh tim kreatif Aston Martin ketika merancang mobil, karena adanya dukungan grafis profesional dan tampilan layar kelas atas.

Memang benar, ThinkPad P1 memiliki kekuatan yang besar dengan ciri khas workstation kelas atas, dengan digunakannya prosesor Intel Xeon generasi ke-8.

Tidak hanya sampai di situ, laptop tersebut juga didukung oleh komponen grafis dari NVIDIA Quadro P1000 dan P2000 yang mampu memberikan kinerja unggulan untuk workstation.

Layar yang digunakan oleh ThinkPad P1 adalah 15 inci, dan memiliki kualitas UHD 4K serta dilengkapi fitur layar sentuh.

Menariknya, layar tersebut dijamin oleh Lenovo memiliki 100% Adobe color gamut, artinya warnanya akan menyerupai warna aslinya di dunia nyata.

ThinkPad P1 diluncurkan bersanding dengan mobil sport Aston Martin Vantage 2018 terbaru.

Hal ini tentunya akan sangat membantu desainer grafis, karena tidak perlu lagi mengkalibrasi warna di layar supaya mendekati warna asli di alam.

Kapasitas storagenya juga tidak tanggung-tanggung, karena laptop ini dilengkapi oleh SSD M.2 PCIe berkapasitas 4TB.

Ditambah lagi ThinkPad P1 juga diperkuat dengan memory sebesar 64GB 2667MHz, sehingga proses aplikasi ketika digunakan menjadi sangat mulus dan nyaman.

ThinkPad P1 tidak sendirian pada peluncuran ini, karena ThinkPad P72 dan ThinkPad P52 juga turut menemani.

Baca Juga : Spesifikasi Lenovo P2, Dibekali RAM dan Baterai Super Monster

Keduanya juga memiliki kekuatan besar sebagai laptop workstation, karena ThinkPad P72 dirancang untuk tugas paling berat dengan komponen kelas berat.

Sementara ThinkPad P52 dirancang untuk penggunaan VR (Virtual Reality).

Hal yang membuat ThinkPad P1 unggul dibandingkan laptop workstation lain adalah bodinya yang begitu tipis, hanya 18.4mm dan berat hanya 1,7 Kg.

Dengan demikian, laptop workstation ini bisa kamu bawa dengan mudah, dan di saat bersamaan memiliki kekuatan jauh di atas laptop biasa.

Untuk harganya, ThinkPad P1 spesifikasi terendah akan dijual dengan harga Rp 29.900.000, sedangkan ThinkPad P72 dibandrol Rp 27.900.000 dan ThinkPad P52 memiliki harga Rp 23.599.000.

Bila kamu berencana untuk membeli workstation yang bisa mobile, maka produk terbaru Lenovo ini bisa menjadi investasi yang menarik.(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya