Intel Core Ultra 200S, CPU Baru untuk Desktop & Dukung Teknologi AI

Sabtu, 12 Oktober 2024 | 19:46

Intel meluncurkan prosesor Intel Core Ultra 200S series terbaru, yang akan meningkatkan kemampuan AI PC ke platform desktop dan menghadirkan AI PC desktop

nextren.com — Intel resmi meluncurkan prosesor terbarunya, Intel Core Ultra 200S series, yang menghadirkan teknologi AI (Artificial Intelligence) ke platform PC desktop untuk pertama kalinya.

Prosesor ini dirancang khusus untuk kalangan enthusiast, terutama para pengguna yang menginginkan performa tinggi dalam gaming dan pembuatan konten.

Intel Core Ultra 200S membawa sejumlah peningkatan signifikan dari segi performa dan efisiensi daya, menjadikannya salah satu prosesor desktop terdepan di industri saat ini.

Spesifikasi & Fitur Unggulan

Seri terbaru ini dipimpin oleh Intel Core Ultra 9 285K, yang dilengkapi dengan hingga 8 Performance-cores (P-core) generasi terbaru dan 16 Efficient-cores (E-core), meningkatkan performa hingga 14% dalam beban kerja multithreaded dibandingkan generasi sebelumnya.

Tak hanya itu, prosesor ini juga menjadi yang pertama di kelasnya yang dilengkapi dengan Neural Processing Unit (NPU), yang memungkinkan pemrosesan AI secara lebih cerdas dan efisien.

Robert Hallock, Vice President dan General Manager AI and Technical Marketing Intel, menyatakan bahwa prosesor Intel Core Ultra 200S series ini dirancang untuk memberikan keseimbangan antara performa tinggi dan efisiensi daya.

Fitur unggulan Intel Core Ultra 200S

“Prosesor ini memungkinkan pengguna untuk merasakan pengalaman gaming yang luar biasa dengan daya yang lebih rendah, serta kemampuan AI yang semakin canggih. Kami percaya ini adalah langkah besar dalam mengintegrasikan AI ke dalam platform PC desktop,” ujarnya.

Prosesor Intel Core Ultra 200S series diklaim mampu mengurangi konsumsi daya hingga 58% pada penggunaan harian dan 165W saat bermain game, dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Selain itu, performa single-threaded meningkat hingga 6%, sementara performa multithreaded naik hingga 14%.

Baca Juga: ASUS Rilis Mini PC NUC 14 Pro AI dengan Intel Core Ultra Series 2

Salah satu keunggulan utama prosesor ini adalah integrasi GPU Xe bawaan yang mendukung fungsi media canggih, serta NPU yang memungkinkan berbagai fitur AI seperti peningkatan frame rate dalam gaming atau pelacakan wajah dan gestur dalam aplikasi.

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi berbasis AI dengan performa yang lebih cepat hingga 50% dibandingkan dengan prosesor flagship pesaing.

Tak hanya unggul dalam performa, Intel Core Ultra 200S series juga menawarkan konektivitas dan fitur lengkap untuk pengguna enthusiast.

Prosesor ini mendukung overclocking dengan kontrol mendetail, memori DDR5 hingga 192 GB, serta 20 lane CPU PCIe 5.0 dan Thunderbolt 4.

Intel juga menyertakan teknologi Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3 untuk konektivitas nirkabel yang lebih baik.

Intel Core Ultra 200S series dipasarkan untuk kalangan pengguna yang memerlukan performa tinggi untuk gaming, pembuatan konten, hingga aplikasi berbasis AI.

Prosesor ini akan mulai tersedia di pasaran pada 24 Oktober 2024 di toko ritel online dan offline, serta melalui sistem mitra OEM.

Baca Juga: ACER Rilis Swift 14 & 16 AI Dengan Kemampuan CoPilot+ & CPU Intel

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya