Nuon Ajak Menteri & Pejabat Main Bareng Game Buatan Studio Indonesia

Kamis, 10 Oktober 2024 | 15:39

Nuon mengadakan acara mabar game lokal dengan Mendagri, Tito Karnavian & Menparekraf, Sandiaga Uno

nextren.com – PT Nuon Digital Indonesia (Nuon) kembali menegaskan komitmennya dalam memajukan industri gim lokal dengan menggelar acara Main Bareng (MaBar) gim lokal bersama sejumlah Menteri dan pejabat pemerintah.

Acara ini diadakan usai Rapat Koordinasi Implementasi Perpres 19/2024 di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat.

Acara MaBar ini merupakan bagian dari kampanye "Ayo HARGAI"bertajuk “Bangga Main Gim Lokal” yang bertujuan meningkatkan kesadaran publik tentang potensi dan kualitas produk gim buatan Indonesia.

Mentri diajak bermain game lokal

Gim-gim lokal yang diperkenalkan dalam acara tersebut, seperti Paw Rumble dan Dreadhaunt, merupakan karya studio gim dalam negeri yang dipublikasikan oleh Nuon.

Dalam sambutannya, CEO Nuon Aris Sudewo menyoroti rendahnya penetrasi gim lokal di pasar Indonesia yang saat ini hanya mencapai 0,5%, sedangkan 99,5% didominasi oleh gim asing.

“Angka ini sangat kecil dibandingkan dengan potensi besar yang dimiliki oleh para pengembang gim lokal. Acara MaBar ini adalah langkah kami untuk membangkitkan kebanggaan terhadap karya anak bangsa sekaligus menguatkan fondasi ekosistem industri gim nasional,” ujar Aris.

Acara tersebut menghadirkan beberapa Menteri dan pejabat pemerintah untuk langsung mencoba gim lokal.

Tujuannya adalah menunjukkan bahwa gim buatan Indonesia memiliki kualitas yang tak kalah dari produk asing sekaligus mendorong kolaborasi antara pemerintah dan industri gim dalam mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif.

Selain memperkenalkan gim lokal, Nuon juga bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk meluncurkan platform Game Asset Nusantara (GANA).

GANA adalah platform inovatif yang menyediakan berbagai aset digital seperti karakter 3D dan efek visual yang dapat digunakan oleh pengembang gim dan kreator konten untuk mempercepat proses pengembangan.

Baca Juga: Nuon Grup Telkom Perkuat Hiburan Digital Lewat Games, Musik dan Lifestyle

Platform ini juga berfungsi sebagai marketplace, memungkinkan para kreator menjual aset digital mereka secara komersial.

“Nuon berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan talenta lokal dan mendorong gim lokal agar bisa bersaing tidak hanya di pasar dalam negeri, tetapi juga di kancah internasional. Melalui GANA, kami ingin memberikan ruang bagi para kreator untuk berkembang dan mendukung ekosistem digital yang lebih inklusif,” lanjut Aris.

Dengan kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri, Nuon berharap gim lokal dapat menjadi salah satu pilar penting dalam ekonomi kreatif Indonesia di masa depan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai gim Paw Rumble dan Dreadhaunt, masyarakat dapat mengunduhnya melalui tautan resmi yang tersedia di situs web Nuon atau mengikuti perkembangan terkini di akun Instagram @nuondigitalindonesia.

Baca Juga: Nuon Rilis Game Horror Online Multiplayer, DreadHaunt di Steam

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya