Hyundai All New KONA Electric Usung Fitur Terbaru dari Bluelink

Rabu, 24 Juli 2024 | 11:15
Kama

Aplikasi Bluelink versi terbaru untuk Hyundai All New KONA Electric

Laporan Wartawan Kama Adritya,

Nextren.com -Seiring dengan semakin banyaknya mobil listrik di pasaran, maka semakin canggih pula teknologi yang ditawarkan oleh produsen industri otomotif ini.

Salah satunya adalah Hyundai yang baru saja meluncurkan mobil listrik terbaru mereka di kelas SUV yaitu Hyundai All New KONA Electric.

Mobil listrik terbaru dari Korea Selatan ini juga menawarkan teknologi terbaru mereka melalui aplikasi bernama BlueLink yang akan menghubungkan mobil dengan gadget.

Pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 ini, Nextren berkesempatan untuk mencoba fitur yang ditawarkan oleh Hyundai ini.

Baca Juga: Tenaga Hyundai Stargazer X Tak Ada Habisnya di Jalan Sempit Menanjak dan Berkelok

Kama
Kama

Aplikasi Bluelink tersedia untuk android dan iOS.

Hyundai Luncurkan All-New KONA Electric dengan Fitur Bluelink

Hyundai Motor Company telah resmi meluncurkan all-new KONA Electric di GIIAS 2024 pada 17 Juli.

Kendaraan listrik ini mencatat sejarah dengan menjadi EV pertama yang menggunakan baterai produksi Indonesia dan memiliki tingkat komponen lokal tertinggi saat ini.

Peluncuran ini menegaskan komitmen Hyundai dalam mendukung pengembangan industri baterai di Indonesia dan mendorong masa depan elektrifikasi kendaraan di tanah air.

All-new KONA Electric hadir dengan fitur Hyundai Bluelink yang memberikan pengalaman berkendara lebih aman dan nyaman.

Haris Wiyono selaku Head of Aftersales Service Department HMID memperkenalkan fitur-fitur terbaru yang diusung oleh Bluelink yang bahkan beberapa di antaranya belum dimiliki oleh Hyundai Ioniq 5 ataupun 6 namun sudah tersedia pada mobil All New KONA Electric ini.

Baca Juga: Solusi Mobil Listrik Terendam Banjir, YouTuber Ini Pakai Bahan Rumahan

Kemudahan Penggunaan dengan Hyundai Bluelink

Bluelink menawarkan berbagai fitur inovatif seperti View Around My Vehicle yang memberikan tampilan 360 derajat kendaraan,serta Auto Collision Notification yang akan memberi notifikasi ke Hyundai Call Center jika terjadi kecelakaan.

Selain itu, fitur Stolen Vehicle Notification, Tracking, dan Immobilization membantu pengguna merespons lebih cepat jika terjadi pencurian.

Hyundai Bluelink juga memudahkan pengguna dalam mengendalikan berbagai fungsi kendaraan dari jarak jauh.

Fitur seperti Remote Start and Stop Climate Control memungkinkan pengguna mengatur suhu kabin sebelum berkendara.

Fitur EV Service membantu memantau konsumsi energi dan efisiensi daya, sementara Vehicle to Load (V2L) memungkinkan pengguna menyalakan perangkat elektronik di luar kendaraan.

Bluelink juga memudahkan pengguna dalam mengatur pengisian daya dan memantau status kendaraan melalui fitur Charging Status.

Pengguna dapat melihat informasi seperti Charging Port Connection Status, Battery Level, dan Scheduled Charging On/Off.

Selain itu, fitur navigasi seperti Search Nearby dan EV Driving Range membantu pengguna menemukan stasiun pengisian daya terdekat dan memantau jarak tempuh berdasarkan kapasitas baterai.

Integrasi canggih antara head unit all-new KONA Electric dan Hyundai Bluelink memungkinkan pengguna melanjutkan panduan navigasi dari kendaraan ke aplikasi Bluelink dengan fitur Last Mile Navigation.

Fitur Connected Routing memberikan informasi rute perjalanan yang lebih tepat dan akurat, sementara teknologi over-the-air (OTA) memungkinkan pembaruan software kendaraan secara nirkabel.

Hyundai Bluelink juga mendukung perintah suara melalui fitur Voice Command, memudahkan pengguna untuk mengirim pesan dan menelepon saat berkendara.

Aplikasi Bluelink juga dilengkapi dengan informasi prakiraan cuaca selama enam hari ke depan melalui fitur Weather.

Hyundai Bluelink dapat diunduh secara gratis melalui Play Store dan App Store, memberikan akses bantuan darurat 24 jam.

Baca Juga: Aplikasi BlueLink di Hyundai Stargazer Beda dari Creta? Ternyata Begini

Kama
Kama

Hyundai All New KONA Electric adalah mobil Hyundai pertama yang akan mendapatkan fitur lengkap dari Bluelink

Keamanan Bluelink dari Ancaman Hacker

Di zaman serba digital ini, salah satu yang dikhawatirkan adalah ancaman dari hacker yang mengintai.

Terlebih lagi dengan fitur yang diberikan aplikasi Bluelink ini juga memungkinkan pengguna aplikasi ini untuk membuka pintu mobil tanpa kunci.

Namun menurut Haris Wiyono para pengguna tidak perlu khawatir karena sistem Bluelink ini dijamin aman dari hacker karena setiap celah yang ada sudah diantisipasi dan kemungkinan bisa ditembusnya pun sangat kecil.

Apalagi aplikasi Bluelink ini juga dapat mengirimkan data yang bisa selalu dapat dipantau oleh pengguna, seperti data pemakaian kendaraan, lokasi, kapasitas baterai, sampai dengan penyimpanan foto yang diambil lewatView Around My Vehicleyang tersimpan di Cloud.

Sehingga, ketika kita menggunakan jasaValletpun tidak perlu khawatir, karena kita bisa membatasi pemakaian mobil kita sesuai dengan parameter yang telah kita tentukan. Seperti durasi pemakaian, jarak lokasi, sampai ke akses ke head unit mobil kita.

Baca Juga: Konversi Mobil dan Motor Listrik Masih Punya Kendala Utama, Apa Itu?

Kesimpulan

Meski demikian, masih terbuka ruang untuk pengembangan dari aplikasi Bluelink ini. Apalagi dengan makin bertambahnya jenis mobil yang mungkin akan dikeluarkan oleh Hyundai nanti yang memungkinkan untuk menambahkan fitur-fitur baru lagi berdasarkan dari sensor ataupun perangkat keras dari mobil baru tersebut.

Bluelink saat ini dapat menyimpan 5 profil mobil dan 5 profil pendamping, di mana jika jumlahnya lebih dari itu tidak disarankan.

Tentunya dengan makin canggihnya teknologi, maka kemungkinan pengembangan dari aplikasi ini juga akan semakin terbuka lebar. (*)

Editor : Kama

Baca Lainnya