Unboxing & Hands-on vivo X100 Pro, Pesaing Terbaru Kelas Flagship

Rabu, 17 Juli 2024 | 15:36

vivo menghadirkan smartphone jagoannya, X100 Pro yang memiliki kemampuan fotografi yang tinggi di kelasnya

nextren.com -Vivo Indonesia akhirnya comeback dengan memperkenalkan salah satu produk terbaiknya, X100 Pro, di Indonesia.

Kembalinya X series tentu sangat dinanti karena kemampuan mobile photography-nya yang saat ini salah satu yang terbaik di dunia.

Di Indonesia, posisi smartphone ini pun cukup unik karena, selain memiliki harga yang membuatnya pantas disebut sebagai flagship premium seperti S24 Ultra, juga merupakan satu-satunya smartphone resmi yang masuk ke Indonesia yang menggunakan chipset terbaik dari MediaTek, Dimensity 9300.

Kami berkesempatan untuk mengulas perangkat ini dan merasakan langsung performanya.

Unboxing

Vivo X100 Pro datang dengan kotak yang cukup sederhana namun elegan, memberikan pengalaman unboxing yang premium.

Tidak seperti pesaing terdekatnya yang tidak menyertakan adaptor charging, Vivo memberikan paket lengkap di produk premiumnya ini.

isi dari kotak kemasan vivo X100 Pro

Dalam kotak pembelian Vivo X100 Pro, konsumen akan mendapatkan 1 unit Vivo X100 Pro, kertas panduan, adaptor charger 120 watt, serta yang tidak kalah penting, casing silikon yang terasa premium.

Hands-on

Kami bisa merasakan bahwa Vivo all out dalam membuat produk smartphone ini dengan segala atribut premium di X100 Pro.

Baca Juga: Dua Flagship vivo X Fold3 Pro & X100 Series Tawarkan Pengalaman Unik

Dimulai dari material matte hitam yang digunakan, yang tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari dan terasa lembut di tangan.

Warna hitam dari panel belakang Vivo X100 Pro juga memberikan kesan yang elegan dan premium.

bagian belakang dan depan vivo X100 Pro

Walaupun, satu hal yang mengganjal kami adalah besarnya lubang kamera yang mirip dengan helm astronot.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa desain ini perlu secara teknis ataupun filosofis untuk menegaskan kemampuan fotografi dari Vivo X100 Pro.

Di dalam lingkaran besar tersebut, tersimpan spesifikasi kamera yang terbaik saat ini di Indonesia, yaitu setup tiga kamera: 50MP utama, 50MP dengan lensa zoom 4,5 kali, dan kamera ultrawide 50MP dengan sudut 119 derajat.

desain hump kamera vivo X100 Pro

Meskipun frame dari hump kamera ini terasa kurang sempurna, seperti dua lingkaran yang saling menutupi namun tidak setara, pendekatan ini tampaknya dilakukan untuk menambah gimmick dari branding fotografi Vivo, yang sebenarnya sudah terwakilkan dengan branding Zeiss di tengah.

Smartphone ini juga masih menggunakan desain layar curved, yang saat ini masih menjadi standar kemewahan perangkat kelas premium di Tiongkok.

Bagi kami pribadi, layar curved memang menarik secara estetik, tapi secara fungsi tidak karena rentan dengan miss input dari fungsi touchscreen.

Lagipula, layar datar lebih baik dalam melindungi layar dari benturan samping.

Baca Juga: Raline Shah Ungkap Keunggulan vivo X Fold3 Pro Sebagai Businesswoman

Sedangkan untuk bobot dan handling, Vivo X100 Pro tergolong berat dengan bobot mencapai 221 gram dan ketebalan 9,1 mm.

Kabar baiknya, perangkat ini sudah memiliki sertifikasi IP68 yang sangat aman dipakai saat kehujanan sekalipun.

Spesifikasi

Vivo X100 Pro dilengkapi dengan spesifikasi yang sangat mumpuni untuk kelas ultra premium.

Smartphone ini menggunakan chipset MediaTek Dimensity 9300 (4 nm) dengan RAM 16 GB dan ROM 512 GB.

Baterainya berkapasitas 5400mAh dan mendukung pengisian daya cepat 100W melalui kabel serta 50W secara nirkabel.

vivo X100 Pro

Layarnya berukuran 6,78 inci dengan teknologi LTPO AMOLED yang mampu menampilkan 1 miliar warna, refresh rate 120Hz, dan mendukung HDR10+ dengan kecerahan puncak mencapai 3000 nits.

Kamera belakangnya terdiri dari 50 MP dengan OIS, 64 MP dengan optical zoom 4,3x, dan 50 MP ultrawide.

Kamera depannya memiliki resolusi 32 MP. Untuk konektivitas, Vivo X100 Pro mendukung Bluetooth 5.4, WiFi 7, USB Type-C 3.2, dan NFC.

Dimensi smartphone ini adalah 164.1 x 75.3 x 9.1 mm dengan berat sekitar 221 gram.

Baca Juga: Bedah Fitur vivo X Fold3 Pro Untuk Mencapai Work-Life Balance

Perangkat ini berjalan pada sistem operasi Android 14 dengan antarmuka Funtouch 14. Warna yang tersedia adalah Asteroid Black dengan harga Rp 16.999.000 untuk varian 16/512 GB.

Kesimpulan

Vivo X100 Pro adalah smartphone yang sepenuhnya berperforma dan fitur layaknya flagship.

Tidak hanya menggunakan chipset yang sangat langka di Indonesia, MediaTek Dimensity 9300, namun juga memiliki spesifikasi kamera yang sangat premium, bahkan bisa dibilang terbaik di Indonesia saat ini.

Walaupun ada beberapa catatan terkait desain, seperti lubang kamera yang sangat besar dan detail yang tidak simetris, serta penggunaan layar curved yang masih bisa diperdebatkan, pendekatan finishing matte di belakang memberikan kesan premium dan elegan, sesuai dengan harganya.

Kami berharap Vivo bisa berinovasi lebih pada sektor desain yang lebih sederhana untuk menyesuaikan dengan selera pasar saat ini.

Di Indonesia, Vivo X100 Pro adalah satu dari sedikit pemain smartphone di kelas ultra premium dengan harga di atas 15 juta rupiah.

Sebagai perangkat flagship, Vivo X100 Pro berhasil menghadirkan pengalaman yang premium dan menjadi pilihan menarik bagi para penggemar fotografi dan teknologi canggih.

Baca Juga: Vivo X100 Series & X Fold3 Pro Resmi Diluncurkan di Indonesia

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya