Pilih Macbook atau Laptop Windows? Ini Pertimbangannya!

Kamis, 29 Februari 2024 | 17:47
Kredivo

Macbook dan Laptop Windows.

Nextren.com – Dalam hal penggunaan laptop, pencinta gadget terbagi menjadi dua, yakni fans Macbook dan laptop bersistem operasi Windows. Dua-duanya dapat diperoleh dengan mudah menggunakan cicilan barang online. Namun, sebenarnya mana yang lebih baik untuk kepentingan pekerjaan? Tentunya Anda harus menelitinya terlebih dulu.

Keduanya sama-sama punya plus dan minus. Supaya lebih jelas, simak ulasan mengenai Macbook dan laptop Windows berikut ini! Ulasan dilakukan pada aspek penggunaan, performa, sistem operasi, serta hardware-nya.

Penggunaan Macbook vs laptop Windows

Macbook merupakan produk dari Apple dan seperti diketahui brand yang satu itu memiliki “ekosistem” tersendiri. Semua produk Apple, baik iPhone, iPad, Apple Watch, dan Macbook bisa terintegrasi satu sama lain. Hal ini memudahkan transfer data antar-gadget.

Contohnya, Anda ingin mengakses file dari iPhone melalui iPad atau Macbook. Cukup buka penyimpanan berbasis cloud yang dimiliki Apple. Pemindahan data juga lebih mudah.

Sementara itu, sistem operasi Windows tidak eksklusif digunakan oleh satu brand. Beberapa brand laptop, seperti Asus, Acer, Lenovo, dan HP menggunakan sistem operasi Windows. Sebenarnya saat ini Windows pun sudah memiliki penyimpanan berbasis cloud yang membuat file di dalam satu laptop bisa juga diakses di perangkat berbasis Windows lain.

Namun, karena bisa digunakan di berbagai brand laptop, sistem operasi Windows lebih umum dan banyak digunakan oleh pekerja di berbagai bidang. Sedangkan Macbook, kebanyakan digunakan di bidang kerja kreatif.

Sistem operasi

Selain menawarkan “ekosistem” seperti yang disebut di atas, sistem operasi pada MacBook menggunakan Mac OS yang dibuat oleh Apple. Sistem operasi ini cukup simpel dan user friendly.

Sistem operasi Windows juga menawarkan interface yang cukup familiar dan juga lebih dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, anak-anak juga terbiasa menggunakannya karena umumnya pelajaran komputer di sekolah menggunakan perangkat bersistem operasi Windows.

Windows dan Apple sama-sama memiliki koleksi games yang lengkap. Namun, para gamer biasanya akan memilih laptop Windows dibandingkan MacBook karena pertimbangan kompatibilitas dengan banyak game.

Hardware dan kemudahan reparasi

Dalam hal pilihan perangkat keras atau hardware, seperti kemampuan prosesor, kartu memori dan kartu grafis, laptop Macbook cukup terbatas. Harganya juga tinggi. Untuk reparasi perangkat keras, suku cadang pada Macbook saat jauh lebih mahal dibandingkan dengan laptop Windows.

Sementara itu, laptop Windows memiliki pilihan lebih bervariasi, sehingga Anda bisa memilih laptop sesuai spesifikasi dari harga tertinggi hingga terendah.

Setelah membaca perbandingan di atas, pemilihan laptop tetap harus dikembalikan lagi kepada budget yang Anda miliki. Selain itu, kebutuhan Anda saat bekerja.

Jika Anda hanya memerlukan laptop untuk sekadar browsing internet, menggunakan aplikasi lembar kerja atau spreadsheet, mengerjakan presentasi biasa, hingga menulis saja, lebih baik pilih laptop Windows mid-range saja, seperti Lenovo Thinkpad X250, yang memiliki spesifikasi prosesor Intel Core-i5, RAM 8 GB, 5300U, dan SSD 128 GB.

Namun, jika Anda adalah seorang pekerja kreatif, yang membutuhkan layar retina dari Macbook untuk kepentingan presisi warna desain dan performa chipset M1 atau M2 yang mumpuni untuk mengoperasikan aplikasi desain dan edit video, serta multitasking tanpa hambatan, maka Macbook bisa menjadi pilihan Anda.

Beda lagi jika Anda ingin menggunakan laptop Anda untuk keperluan gaming, di mana para developer game cenderung mengembangkanproduknya untuk sistem operasi Windows. Selain itu, perangkat keras pada Macbook tidak bisa di-upgrade dan tidak memiliki pendingin seperti laptop gaming pada umumnya.

Nah, untuk pembayaran, kini sudah ada layanan cicilan barang online dari fintech seperti Kredivo. Bunganya rendah, yaitu 2,6 persen dan pilihan tenornya bisa 6 atau 12 bulan. Cicilan dapat dinikmati oleh Anda yang berbelanja seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Erafone, iBox, dan Digimap.

Editor : Sheila Respati