Review IQOO 12: Flagship Terjangkau Bawa Performa Tinggi & Kamera Tele

Senin, 19 Februari 2024 | 08:00

IQOO 12 adalah sedikti dari opsi HP flagship dengan Snapdragon 8 Gen 3 di Indonesia

Nextren.com - IQOO 12 merupakan salah satu dari sedikit opsi HP kelas flagship di Indonesia dan saat ini merupakan yang paling terjangkau dengan Snapdragon 8 Gen 3.

Kehadiran performa perangkat ini tentu menjadi idaman bagi sejumlah pengguna, terutama bagi mereka yang termasuk golongan heavy user yang menginginkan perangkat kelas atas dengan harga yang relatif terjangkau.

Di Indonesia, IQOO 12 dijual dengan harga kurang dari 11 juta, menjadikannya sebagai smartphone dengan chip terbaru dari Qualcomm yang paling terjangkau.

Bagi konsumen yang memiliki kebutuhan bermain game, HP ini tentu menjadi godaan yang sangat besar.

Desain

IQOO 12 menghadirkan sedikit perubahan konsep dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dengan desain yang lebih sleek dan mengambil pendekatan yang lebih elegan.

Bagian sampingnya dibuat rata dan desain bump kamera memiliki bentuk yang mirip dengan jendela pesawat.

Varian warna hitam (kiri) dan putih(kanan) dari IQOO 12

IQOO 12 hadir dalam dua varian warna, yaitu hitam dan putih dengan finishing yang berbeda.

Warna hitam memiliki finishing matte sementara warna putih menggunakan finishing glossy, keduanya terasa licin di tangan.

Sayangnya, pada varian warna putih yang merupakan kolaborasi dengan BMW Motorsport, IQOO mengecilkan tiga warna kebesaran BMW yaitu hitam, merah, dan biru, sehingga terlihat lebih minimalis.

Pada bagian samping, IQOO menggunakan finishing glossy berwarna metal yang benar-benar menggunakan material aluminium karena memiliki empat garis antena.

Sisi samping IQOO 12

Bagian depannya memiliki layar 6.78 inci yang tidak hanya besar tetapi juga terlihat cantik berkat karakter layar OLED yang digunakan.

Layar ini tidak hanya cantik, namun juga didukung refresh rate mencapai 144Hz.

Fitur interpolasi pada IQOO 12 mampu melakukan emulasi frame rate game menjadi 144FPS di layar, memberikan pengalaman visual yang lebih halus.

Bagian depan dan belakang IQOO 12 varian warna hitam

Secara keseluruhan, IQOO 12 memiliki pendekatan desain yang elegan dan mewah, meskipun hal ini menghilangkan identitas dari perangkat flagship IQOO sebelumnya yang erat dengan garis 3 warna kebesaran BMW.

Bagi sebagian besar orang, desain dari perangkat ini akan menarik perhatian mereka, meskipun banyak opsi lain di pasaran yang menawarkan desain mewah dengan performa yang sebanding.

Baca Juga: Unboxing & Hands-On IQOO 12, HP Flagship Terkencang & Elegan

Performa

IQOO 12 adalah perangkat pertama di Indonesia yang menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3, yang merupakan chip teratas di platform HP Android saat ini.

Chipset ini mampu menghasilkan skor AnTuTu melebihi angka 2 juta, bahkan lebih tinggi dari pesaingnya yang juga menggunakan Snapdragon 8 Gen 3.

Hasil benchmark IQOO 12 di PC Mark (kiri), Geekbench 5 (tengah) dan AnTuTu (Kanan)

Dengan RAM 12GB dan penyimpanan 512GB, performa IQOO 12 masih mampu menjawab berbagai macam kebutuhan pengguna.

Hasil pengukuran FPS dari game seperti Genshin Impact, Car X Street, dan War Thunder menunjukkan performa yang sangat baik, bahkan tanpa mode monster yang mengoptimalkan performa game.

Performa Gaming IQOO 12

Pada Genshin Impact dengan pengaturan high 60FPS, game bisa berjalan hampir rata di 60 FPS dengan suhu rata-rata 40 derajat Celsius tanpa cooler.

Sementara pada game Car X Street Racing dengan pengaturan grafis level 6, game bisa berjalan pada rata-rata 45 FPS dengan suhu masih terjaga di rata-rata 40 derajat Celsius.

Untuk menguji limit performa gaming Snapdragon 8 Gen 3, kami menguji perangkat ini dengan game War Thunder yang mendukung fitur Ray Tracing.

Pada pengaturan very high dengan ray tracing aktif, game bisa berjalan pada rata-rata 60 FPS dengan suhu rata-rata 33 derajat Celsius.

Dengan performa di atas, IQOO 12 adalah perangkat gaming yang sangat mumpuni.

Performa puncaknya tetap bisa dinikmati lewat game-game berat dengan pengaturan grafis yang tinggi, baik dengan ataupun tanpa cooler tambahan.

Baca Juga: iQOO 12 Resmi Hadir di Indonesia dengan Snapdragon 8 Gen 3 Terbaru

Kamera

Salah satu perubahan besar dari perangkat flagship IQOO adalah pada kameranya, yang kini dilengkapi dengan sistem kamera teleskopik.

IQOO 12 menggunakan setup 3 kamera belakang yang terdiri dari 50MP kamera lebar, 64MP kamera dengan 3x optical zoom, dan kamera 50MP ultra lebar.

Sedangkan kamera depannya menggunakan 1 kamera dengan resolusi 16MP.

Hasil foto dari kamera utama 50MP pada mode jelas menghasilkan gambar yang cukup detail dan tajam dengan warna yang relatif natural.

Hasil foto dari kamera utama IQOO 12

Kualitas Foto Zoom IQOO 12

Hasil foto kamera ultrawide IQOO 12

Sayangnya hasil kamera ultrawide memiliki noise yang cukup signifikan di tempat terang.

3 mode warna di kamera IQOO 12

Mode natural memberikan hasil foto yang lebih akurat dengan proses minimal, sedangkan mode tekstur memberikan detail lebih dengan menaikkan staturasi dan kecerahan.

Hasil foto zoom IQOO 12

Kamera tele 3x 64MP mampu memberikan zoom hingga 10x dengan detail yang cukup baik meskipun memiliki sedikit noise.

Namun, di malam hari, lensa zoom ini kesulitan untuk mendapatkan fokus secara cepat.

Hasil foto IQOO 12 di malam hari

Namun, performa kamera utama dan zoom 3x sangat impresif di malam hari dengan noise yang masih dapat diterima.

Untuk kamera depan 16MP, hasilnya kurang detail namun memiliki dynamic range dan warna kulit yang baik.

Hasil foto selfie IQOO 12

Untuk video, IQOO 12 mampu merekam dengan resolusi hingga 8K. Sedangkan kamera depan hanya mampu merekam video hingga 1080p.

Baca Juga: iQOO Neo 8 Pro Akan Usung Dimensity 9200+ Overclock, Makin Kencang

Baterai

IQOO 12 dilengkapi dengan baterai 5000mAh dan pengisian daya 120W.

Dalam skenario penggunaan kami, baterai IQOO 12 dapat bertahan antara 3 hingga 4 jam SOT (Screen On Time) dalam penggunaan sehari-hari.

Penggunaan untuk mendengarkan musik dan menonton video juga memberikan hasil yang cukup baik.

Kecepatan pengisian daya IQOO 12

Pengisian daya 120W memungkinkan baterai terisi hingga 91% hanya dalam waktu 30 menit dan mencapai 100% dalam waktu 32 menit.

Kecepatan ini memungkinkan pengguna untuk mengisi daya dengan cepat dalam waktu singkat.

Speaker dan Haptic

IQOO 12 memiliki speaker yang cukup keras dan haptic feedback yang menyenangkan. Meskipun speaker tidak terlalu bass, karakter suaranya sudah cukup jelas, terutama karena menggunakan sistem dua speaker.

Haptic feedback juga memberikan pengalaman yang sangat psotif dan mampu memberikan rasa mengetik dan bermain game yang lebih immersif.

Baca Juga: IQOO 12 DIpastikan Hadir Tanggal 7 Desember 2023 di Indonesia

Kesimpulan

Dengan harga yang cukup terjangkau untuk kelas flagship, IQOO 12 berhasil menawarkan kombinasi yang menggiurkan antara desain yang elegan, performa yang kuat, dan kemampuan fotografi yang layak.

Keberadaan chipset Snapdragon 8 Gen 3 memberikan jaminan akan performa tinggi, terutama untuk penggunaan gaming yang intens.

IQOO 12

Hadirnya kamera tele juga memberikan fleksibilitas bagi pengguna yang ingin mengambil foto ataupun enthusiast smartphone photography.

Meskipun demikian, masih ada ruang untuk peningkatan, khususnya pada kamera depan dan ultrawide yang belum sepenuhnya memenuhi harapan.

Dengan demikian, bagi pengguna yang mengutamakan performa dan desain, IQOO 12 merupakan pilihan yang patut dipertimbangkan di pasar smartphone Indonesia.

Dengan harga Rp 10.999.000, pengguna mendapatkan HP dengan performa tinggi dan kamera yang baik.

Baca Juga: Bocoran Spesifikasi iQOO Neo 8, Pakai Dimensity 9200+ dan RAM 16GB?

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya