Review ASUS ROG Keris AimPoint, Sensasi Mouse Gaming Ringan & Akurat

Rabu, 27 Desember 2023 | 08:47

ASUS ROG Keris AimPoint adalah mouse yang cukup akurat

nextren.com - ASUS ROG selalu dikenal memiliki rangkaian produk mouse yang menarik, terutama untuk skenario kompetitif, dan ASUS ROG Keris Wireless Aimpoint tidak terkecuali.

Mouse ini memikat perhatian dengan ringannya, desain ergonomis, serta responsivitas yang luar biasa dalam situasi permainan yang penuh persaingan.

Selain itu, desain yang elegan membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari mouse yang nyaman untuk penggunaan sehari-hari, termasuk saat bekerja.

Desain

ASUS ROG Keris Wireless Aimpoint adalah mouse gaming nirkabel yang dirancang khusus untuk pengguna tangan kanan.

Meskipun demikian, desain mouse ini cukup ergonomis dan nyaman di tangan, terutama bagi mereka yang memiliki tangan yang agak besar.

Mouse ini juga memiliki bobot yang sangat ringan, hanya sekitar 75 gram.

Sisi samping ROG Keris AimPoint

Bobot yang ringan ini sangat menguntungkan para pemain game FPS yang membutuhkan responsivitas.

Penggunaan sehari-hari juga menjadi lebih nyaman karena ringan dan desainnya yang elegan, terutama yang warna putih sepoerti yang kami gunakan.

Sebagian besar tubuh mouse ini terbuat dari plastik dengan finishing matte pada bagian yang sering disentuh oleh tangan, sementara bagian dalamnya memiliki sedikit sentuhan glossy.

Baca Juga: Bawa Desain Elegan & Pendinginan Maksimal, ASUS Rilis ProArt PA602

Bagian scroll mouse dilapisi dengan karet anti-slip yang nyaman saat digunakan.

Namun, pada varian warna putih yang kami gunakan, kotoran mungkin lebih terlihat dan menempel pada bagian yang berwarna abu-abu.

Oleh karena itu, perawatan ekstra diperlukan, seperti membersihkannya dengan kain microfiber setiap minggu agar tetap bersih dan bebas dari noda yang sulit dihilangkan.

Mouse ini dirancang untuk pemain FPS dan dilengkapi dengan dua tombol makro di sisi samping, selain dua tombol klik utama dan sebuah roda.

Mouse ini juga memiliki pencahayaan RGB pada logo ROG yang dapat diatur melalui perangkat lunak Armoury Crate.

Bagian bawah ROG Keris Aimpoint dengan berbagai macam tombol dan switch pengaturan & Lampu RGB pada bagian belakang

Namun, tombol pengaturan DPI dan tombol pairing ditempatkan di bagian bawah mouse.

Peletakan ini mungkin sedikit sulit dijangkau, terutama bagi mereka yang sering mengubah DPI di tengah permainan.

Meskipun hal ini dapat diatasi dengan mengatur tombol makro sebagai pengganti DPI menggunakan Armoury Crate.

Mouse ini juga mendukung tiga jenis koneksi: melalui dongle, Bluetooth, dan kabel.

Dongle dapat disimpan di bagian bawah mouse, dan port USB-C terletak di bagian depan, memungkinkan penggunaan mouse dengan kabel saat diperlukan.

Baca Juga: ASUS Hadirkan Server & Motherboard Berbasiskan Intel Xeon E-2400

Pengaturan Armory Crate

Untuk pengaturan perangkat lunak, pengguna dapat menggunakan Armoury Crate, yang biasanya sudah terpasang pada laptop ASUS ROG atau dapat diunduh dari situs ASUS.

Dengan perangkat lunak ini, pengguna dapat mengatur fungsi setiap tombol pada mouse, termasuk tombol makro, roda scroll, dan dua tombol utama.

Pengguna bahkan dapat mengatur fungsi scroll ke atas dan ke bawah sesuai kebutuhan, meskipun ini akan mengorbankan fungsi utama untuk menggulir halaman atau mengganti senjata.

Menu pengaturan armory crate ASUS ROG Keris Aimpoint yang bisa mengatur fungsdi tombol, sensitivitas, Lampu RGB, dan kalibrasi dengan mousepad

Selain itu, pengguna dapat mengatur sensitivitas hingga 36.000 DPI dalam empat langkah sesuai dengan preferensi atau kebutuhan mereka.

Pengaturan ini dapat ditemukan dalam tab Performance, di mana Anda dapat menyesuaikan polling rate, angle snapping, dan bahkan angle tuning.

Selain itu, ada opsi untuk Surface Calibration yang menampilkan beberapa mousepad bermerek ASUS yang dapat dipilih.

Kalibrasi manual juga tersedia jika Anda menggunakan mousepad yang berbeda.

Fitur ini sangat berguna karena permukaan yang digunakan dapat memengaruhi kinerja mouse.

Pengguna juga dapat mengatur lampu Aura RGB yang terdapat pada logo ROG dan menyinkronkannya dengan perangkat ASUS lain yang memiliki lampu Aura RGB.

Baca Juga: Sambut Akhir Tahun, ASUS Zenfone & ROG Phone Bikin Year End Festival

Sensor & Switch

Seperti namanya, mouse ASUS ROG Keris Wireless Aimpoint menggunakan sensor ROG AimPoint yang memiliki spesifikasi tinggi.

Sensitivitas sensor dapat diatur mulai dari 100 hingga 36.000 DPI, dengan kecepatan pelacakan mencapai 650 IPS dan akselerasi sebesar 50G, lebih tinggi dari generasi mouse Keris sebelumnya.

Ini membuat mouse ini sangat responsif dan mudah untuk digerakkan, yang sangat penting dalam permainan kompetitif.

Pengguna bisa membuka dan mengganti switch di ASUS ROG Keris Aimpoint

Untuk tombolnya, ROG Keris AimPoint menggunakan switch mekanis ROG yang responsif dengan karakteristik suara "clicky" yang tidak terlalu kaku.

Pengguna juga dapat mengganti switch ini dengan membuka panel atas mouse yang dipegang oleh dua baut di bagian bawah.

Performa & Ketahanan Baterai

Performa sensor dari ROG Keris AimPoint ini dapat mendukung penggunanya dengan sangat baik ketika bermain game kompetitif.

Ketika diatur dengan benar, mouse ini sangat cocok untuk permainan FPS seperti Valorant atau CS:GO berkat sensor yang sangat responsif.

Dengan bobot yang ringan dan mousepad yang tepat, pergerakan akan terasa ringan dan cepat, memudahkan pengguna untuk meraih kemenangan.

Baca Juga: ASUS Rilis AIO A5 Dengan Ukuran 24 & 27 Inch, Bisa Tambah RAM & SSD

Selain itu, bentuk mouse ini sangat cocok untuk tangan yang lebih besar, meskipun penempatan tombol pengganti DPI di bagian bawah mungkin agak sulit dijangkau saat bermain, meskipun pengguna bisa menggunakan dua tombol makro di samping sebagai pengganti.

Koneksi nirkabel melalui dongle memiliki respons yangsangat baik, dengan teknologi SuperNova yang mengklaim memiliki laten kurang dari 1ms.

Sementara itu, koneksi Bluetooth hanya dapat tersambung ke satu perangkat dan lebih cocok untuk situasi produktivitas.

Mouse ini juga nyaman digunakan sebagai perangkat kerja, berkat desain ergonomis dan ringannya.

Kombinasi warna putih dan abu-abu serta lampu RGB menambahkan elemen gaya yang menarik, meskipun mungkin akan menarik perhatian rekan kerja.

Baterai mouse ini juga sangat irit, dengan klaim daya tahan hingga 150 jam melalui Bluetooth dan 119 jam melalui dongle 2.4GHz.

Bahkan dengan penggunaan sekitar 8 jam setiap hari, mouse ini dapat bertahan selama dua minggu sebelum perlu diisi ulang.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, ASUS ROG Keris Aimpoint adalah mouse yang menarik untuk dipinang terutama untuk skenario kompetitif dan produktif.

Mouse ini menawarkan sensor yang sangat responsif, desain yang ergonomis, bobot yang ringan, serta baterai yang tahan lama.

Hal ini membuatnya cocok untuk permainan kompetitif seperti Valorant atau CS:GO, sekaligus menjadikannya rekan kerja yang andal untuk kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: ASUS Hadirkan Laptop Konten Kreator Tapi Ringan, Zenbook 14 Pro OLED

Anda bahkan dapat mengganti switch mouse ini sesuai dengan preferensi suara yang diinginkan.

Namun, perlu diingat bahwa mouse ini didesain khusus untuk pengguna tangan kanan, dan varian warna putih memerlukan perawatan ekstra agar tetap terlihat bersih.

ASUS ROG Keris Aimpoint

Demikian pula, penempatan tombol DPI di bagian bawah mungkin agak sulit dijangkau.

ASUS ROG Keris Aimpoint ditawarkan dengan harga sekitar 1.2 juta rupiah di Indonesia, yang kami anggap sangat sesuai mengingat semua fitur yang ditawarkannya.

Mouse ini merupakan pilihan yang sangat baik bagi pengguna yang menghargai responsivitas dan fleksibilitas dalam bermain game serta produktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Zenbook 14 Pro Duo OLED, Generasi Terbaru Laptop Dua Layar Dari ASUS

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya