Prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable Dikenalkan Dengan TCO Lebih Rendah

Jumat, 16 Juni 2023 | 20:00
nextren

Intel juga memperkenalkan 4th gen Xeon Processor di Indonesia, (dari kiri ke kanan : Dino Strkljevic, Client Business Lead, Intel - Southeast Asia and ANZ, Simon Chan, Managing Director, Sales, Marketing & Communications Group, Intel - Southeast Asia, South Asia and ANZ, dan Ayush Batra, Regional Director of Technology Enablement, Intel - Southeast Asia and ANZ)

bagusarthakusuma - Intel telah merilis prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable terbaru di Indonesia.

Prosesor ini menghadirkan kinerja terdepan dengan akselerator terbanyak dan CPU paling canggih di dunia.

Hal ini bertujuan untuk mengatasi berbagai tantangan komputasi penting dalam bidang kecerdasan buatan (AI), analitik, jaringan, keamanan, penyimpanan, dan komputasi performa tinggi.

Prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable juga menjadi prosesor data center Intel yang paling berkelanjutan.

Dengan mengoptimalkan daya dan kinerja, prosesor ini membantu meningkatkan efisiensi sumber daya CPU agar lebih optimal sesuai dengan tujuan keberlanjutan pelanggan.

Dalam perbandingan dengan generasi sebelumnya, pelanggan yang menggunakan prosesor 4th Gen Intel Xeon dapat mengalami peningkatan efisiensi kinerja per watt hingga 2,9% untuk beban kerja yang ditargetkan.

Penggunaan akselerator bawaan pada prosesor ini juga menghasilkan penghematan daya hingga 70 watt per CPU dalam mode daya yang dioptimalkan dengan sedikit kehilangan performa.

Selain itu, total biaya kepemilikan (total cost of ownership/TCO) dapat menurun sebesar 52% hingga 66%.

Dalam pengujian langsung terhadap prosesor pesaing yang sebanding, prosesor 4th Gen Intel Xeon secara mudah mengungguli dalam beban kerja penting seperti database, jaringan, dan penyimpanan.

Dengan performa CPU yang lebih tinggi, efisiensi kinerja per watt yang lebih baik, dan konsumsi daya yang lebih rendah secara keseluruhan, prosesor ini menawarkan beberapa kelebihan.

Keberlanjutan juga menjadi fokus utama prosesor 4th Gen Intel Xeon.

Baca Juga: Review MSI Raider GE78HX, Perpaduan Performa Paling Kencang Saat ini

Kehadiran akselerator bawaan yang luas di dalamnya membantu mengurangi kebutuhan akan akselerasi diskrit tambahan.

Hal ini membantu pelanggan mencapai tujuan keberlanjutan dengan pengurangan jumlah server, penggunaan daya fleet, dan emisi CO2.

Dalam hal kecerdasan buatan (AI), prosesor 4th Gen Intel Xeon dapat mencapai inferensi real-time PyTorch hingga 10 kali lebih tinggi.

Dengan adanya Intel Advanced Matrix Extension (Intel AMX) yang terintegrasi, prosesor ini juga mampu memberikan kinerja pelatihan yang lebih baik.

Intel menyediakan software suite AI dan alat pengembangan yang memungkinkan para pengembang menggunakan alat AI pilihan mereka untuk meningkatkan produktivitas dan mempercepat pengembangan AI.

Dalam bidang jaringan, prosesor 4th Gen Intel Xeon dirancang khusus untuk menghadapi beban kerja jaringan yang tinggi, latensi rendah, dan kecepatan yang tinggi.

Hal ini mendukung perkembangan masa depan yang didorong oleh perangkat lunak di berbagai industri, termasuk telekomunikasi, ritel, manufaktur, dan smart city.

Prosesor ini memberikan kapasitas jaringan vetuated radio access network (RAN) hingga dua kali lipat tanpa meningkatkan konsumsi daya, sehingga meningkatkan performa per watt, kapasitas layanan, dan efisiensi energi.

Prosesor 4th Gen Intel Xeon juga hadir dengan fitur-fitur baru yang mencakup peningkatan bandwidth memon dengan DORS, peningkatan bandwidth 1/0 dengan interkoneksi PCle 5.0 dan Compute Express Link (CL) 11.

Intel menawarkan portofolio komputasi yang paling komprehensif dari semua penyedia silikon data center di industri ini.

Intel juga menjadi satu-satunya penyedia silikon yang menyediakan isolasi aplikasi untuk komputasi data center dengan Intel Software Guard Extensions (Intel SGX).

Baca Juga: Acer Indonesia Perkenalkan Predator Helios 16 dan 18, Pakai Spek Terbaru

Fleksibilitas arsitektur modular dan berbagai pilihan prosesor 4th Gen Intel Xeon memungkinkan Intel menyediakan solusi yang lebih luas dengan hampir 50 SKU yang ditargetkan untuk berbagai kasus penggunaan dan aplikasi pelanggan.

Menanggapi peluncuran ini, Simon Chan, Managing Director, Sales, Marketing & Communications Group, Intel-Southeast Asia, South Asia and ANZ, menyatakan kegembiraannya.

Dia menyebut bahwa prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable akan mendukung pertumbuhan industri data center di Indonesia dan memenuhi kebutuhan komputasi perusahaan dengan berbagai keunggulan, termasuk kinerja, efisiensi, keamanan, dan keberlanjutan.

Chan juga menggarisbawahi pentingnya Indonesia dalam mempercepat adopsi digital dan meningkatkan kebutuhan layanan cloud.

Prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable Processo dapat diakses oleh pelanggan di Indonesia melalui penyedia infrastruktur IT dan cloud setempat.

Dengan peluncuran prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable ini, diharapkan bahwa para pengguna teknologi di Indonesia dapat mengalami peningkatan signifikan dalam kinerja, efisiensi, dan keberlanjutan komputasi mereka.

Baca Juga: ASUS Rilis Vivobook 14 (A1400) Tawarkan Opsi Intel Pentium Sampai i7

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya