Jenius Temukan Mayoritas Masyarakat Masih Menabung Uang THR

Jumat, 14 April 2023 | 20:44
Jenius

Jenius memaparkan hasil study Perilaku Masyarakat Digital Savvy di Menjelang Idulfitri 2023

Nextren.com - Jenius dari bank BTPN telah merilis laporan hasil study berjudul Perilaku Masyarakat Digital Savvy di Menjelang Idulfitri 2023.

Salah satunya adalah bagaimana masyarakat atau nasabah menghabiskan uang THR yang didapat menjelang hari raya.

Dalam kesempatan ini, jenius juga membagikan beberapa fitur yang bisa digunakan oleh nasabah selama bulan ramadan dan menjelang hari raya.

Temuan Jenius

Menurut Anita Ekasari, Digital Banking Acquisition, Service & Marketing Head Bank BTPN menjelaskan "Kita telah melewati momen Ramadan dan Idulfitri dengan berbagai macam cara, mulai dari merayakan di rumah saja karena situasi pandemi, hingga kini situasinya yang telah berangsur normal," kata Anita.

Studi ini dilakukan pada Maret-April 2023 dengan Melibatkan 127 Responden Usia 18-40 Tahun Mengungkapkan bahwa 76% Responden Menerima THR pada Idulfitri Ini.

Selain Itu, Ternyata Bukan Hanya Karyawan Saja yang Menerima THR, Namun Para Wirausahawan, Freelancer, dan YouTuber Juga Menyisihkan Sebagian Penghasilan untuk Memberikan THR kepada Diri Sendiri.

Menurut Studi Jenius yang Sama, Terdapat Tiga Karakter Digital Savvy Saat Menerima THR, Yaitu The Saver (41%), yang mengalokasikan THR untuk Menabung.

Jenius
Bagus

Pola masyarakat dalam nenggunakan uang THR

The Spender (40%), yang Mengalokasikan THR untuk dibelanjakan secara langsung, serta Karakter The Investor (19%), yang mengalokasikan THR untuk Berinvestasi.

Sekitar 30% dari Karakter The Saver mengalokasikan dana THR untuk dana darurat, namun 20% dari mereka Mengalokasikannya untuk liburan.

Baca Juga: Review Kartu Kredit Jenius Yang Didesain Khusus Buat Milenial

Sementara Itu, pada Karakter The Spender, alokasi THR untuk lebutuhan belanja Idulfitri masih mendominasi, Yaitu Sebesar 67%.

Menariknya, 28% dari karakter Ini mengalokasikan dana THR untuk melunasi utang agar keadaan keuangan mereka lebih optimal.

Studi Jenius juga menemukan bahwa kedua karakter sama-sama mengalokasikan Dana THR untuk liburan.

Pada karakter The Investor, 39% dari mereka menggunakan dana THR untuk dana darurat dan untuk mewujudkan mimpi.

"Momen Idulfitri memang selalu dinanti, namun kita juga perlu mengontrol diri."

"Hal ini bisa dimulai dari alokasi THR untuk berbagai kebutuhan agar tidak habis dalam sekejap," terang Metta Anggriani, Certified Financial Planner dan Founder Daya Uang.

"Pastikan prioritas yang jelas dan alokasi keuangan untuk kebutuhan wajib yang muncul di momen Idulfitri, seperti membayar zakat, memberi THR kepada orang tua dan orang lain yang bekerja/membantu kita, hingga tradial salam tempel untuk keluarga," tambah Metta.

"Namun perlu diingat, untuk kebutuhan ini perlu alokasi dana yang ketat agar tidak berlebihan."

"Jika dirasa kebutuhan tersebut tidak membutuhkan dana THR yang terlalu besar, maka dana THR tersebut dapat dialokasikan ke tabungan atau instrumen investasi untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang," kata Metta.

Fitur dari jenius

Sebagai solusi manajemen keuangan sehari-hari, Jenius hadir untuk membantu pengguna Jenius dalam merencanakan dan mengatur keuangan mereka dengan lebih efisien melalui fitur-fitur dan penawaran khusus yang menarik.

Baca Juga: Jenius Ungkap 6 Fitur Terfavorit Teman Jenius, Rayakan Ulang Tahun ke-6

Fitur Save It memungkinkan pengguna Jenius yang menerima THR untuk mengalokasikannya ke dalam tiga pilihan tabungan yang tersedia, yaitu Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver.

Selain itu, bagi pengguna Jenius yang berencana berlibur ke luar negeri, fitur Mata Uang Asing memudahkan nasabah dalam memiliki dan mengelola hingga tujuh mata uang asing tanpa biaya atau dokumen tambahan melalui satu aplikasi.

Jenius
Bagus

Fitur Jenius yang bisa digunakan untuk berbagi selama momen ramadan & idul fitri

Untuk momen berbuka puasa bersama, pengguna Jenius juga dapat memanfaatkan fitur Split Bill yang dapat membagi tagihan secara otomatis dan melacak status penagihan.

Jenius Pay juga bisa digunakan untuk transaksi di e-commerce atau Jenius QR saat bertransaksi di toko fisik.

Untuk membuat momen Idul Fitri lebih meriah, pengguna Jenius dapat menggunakan fitur animasi Moneymoji saat mentransfer uang, sehingga tradisi salam tempel menjadi lebih berarti.

Selain itu, pengguna Jenius dapat memanfaatkan program promo menarik menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit Jenius Visa untuk membeli tiket transportasi mudik atau hidangan lezat untuk berbagi pada momen Idul Fitri melalui promo Ramadan dari Jenius yang dapat dicek pada laman https://www.jenius.com/pages/ramadan.

Sebagai salah satu solusi dalam mengelola dana THR, Jenius juga menyediakan fitur Investasi Reksa Dana bagi pengguna Jenius yang ingin mengalokasikan THR mereka untuk berinvestasi.

Khusus pada bulan Ramadan ini, Jenius mengajak pengguna yang berkomitmen terhadap digitalisasi untuk berbagi kebaikan dengan bersedekah secara digital melalui program Paket Ramadan Bahagia (PRB), sebuah kolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Program tahunan BAZNAS ini bertujuan untuk berbagi kebahagiaan kepada keluarga yang membutuhkan di bulan Ramadan dan mengurangi dampak sosial, terutama dalam pemenuhan kebutuhan pangan dasar.

Penyaluran Paket Ramadan Bahagia kepada keluarga yang membutuhkan mencakup sejumlah daerah di Indonesia dan akan berlangsung hingga 21 April 2023.

Baca Juga: Jenius Luncurkan Fitur Split Pay dan Cicilan Jenius Pay, Ini Cara Penggunaannya!

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya