Pembelian Gadget via PayLater Terus Meningkat Jelang Lebaran 2023

Sabtu, 15 April 2023 | 10:00
Kredivo

Ilustrasi pembelian gadget dan elektronik via Kredivo PayLater.

Nextren.com -Jelang lebaran 2023, konsumen Indonesia mulai melirik produk gadget dan elektronik incaran.

Hal ini tak terlepas dari anggapanbahwa momen lebaran adalah waktu yang tepat untuk berbelanja gadget dan perangkat elektronik.

Saat ini, pembelian produk gadget sudah lebih canggih dengan adanya sistem paylater yang ditawarkan oleh berbagai platform.

Sistem pembayaran paylater cukup menjanjikan karena pengguna bisa mendapat barang idaman dan membayarnya di bulan selanjutnya.

Kemudahan yang ditawarkan paylater ini tercatat meningkatkan penggunaan pembayaran paylater jelang lebaran 2023.

Baca Juga: Ini 5 Bahaya Pakai Jasa Gestun, Bisa Terjebak Hutang dan Pencucian Uang!

Kredivo mencatat,Peningkatan penggunaan Paylater oleh masyarakat tidak hanya terjadi di merchant online maupun e-commerce, tetapi juga berbagai gerai offline.

Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan total nilai transaksi Kredivo sebanyak 14% selama dua minggu pertama Ramadan 2023 dibandingkan dua minggu sebelum Ramadan.

Angka tersebut diprediksi akan terus meningkat hingga Lebaran 2023.

Selain itu, Kredivo juga mencatat 3 tren belanja masyarakat dalam menggunakan paylater Kredivo di Ramadan 2023. Berikut penjelasannya.

1. Produk Home & Living Raih Transaksi Tertinggi

Kategori produk home & living sebagai kategori produk dengan transaksi tertinggi selama dua minggu Ramadan 2023.

Kategori produk home & livingmengalami kenaikan nilai transaksi mencapai 21% dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan 2023.

Hal ini menandakan bahwa tren mempercantik rumah kerapdilakukan masyarakat selama Ramadan, dengan tren peningkatan transaksi di kategori produkhome & living yang cenderung semakin naik jelang Lebaran.

Baca Juga: Pengguna PayLater Meningkat Selama 2022, Ini Rencana Xendit di 2023

2. Transaksi Gadget Terus Alami Kenaikan

Tren transaksi di kategori gadget & electronics diprediksi terus meningkat pada dua sampai satu minggu menjelang Lebaran yang mulai terlihat dari beberapa tahun terakhir.

Hal ini didorong oleh kebutuhan masyarakat akan gadget yang semakin meningkat seiring dengan hadirnya metode belajar dan kerja secara online atau hybrid, serta Tunjangan Hari Raya yang biasanya cair pada dua minggu menjelang Lebaran.

Di dua minggu Ramadan 2023 ini, tren peningkatan transaksi tersebut juga semakin terlihat dengan jumlah transaksi kategori gadget & electronics yang meningkat hingga 14% dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan 2023.

3. Kategori Travel Meningkat

Seiring dengan antusiasme masyarakat yang kembali diperbolehkan untuk melakukan mudik tahun ini, masyarakat sudah dari jauh-jauh hari mempersiapkan perjalanannya dengan membeli tiket dan akomodasi untuk mudik.

Hal ini terlihat dari lonjakan transaksi di kategori travel yang tercatat hingga minggu kedua Ramadan ini, telah terjadi kenaikan nilai transaksi sebesar 12% pada produk kategori travel jika dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto