ASUS Rilis Laptop Produksi Indonesia Pertama, ExpertBook P1 (P1412)

Senin, 27 Maret 2023 | 17:55
bagus

ASUS ExpertBook P1 (P1412) adalah laptop dengan produksi pertama di Indonesia sehingga sudah memenuhi unsur TKDN

nextren.com - ASUS secara resmi mengumumkan ketersediaan laptop terbarunya untuk segmen bisnis di pasar Indonesia.

ASUS ExpertBook P1412 ditujukan untuk berbagai sektor industri dengan berbagai skala bisnis, mulai dari UMKM sampai korporasi, dan tentunya juga ditujukan untuk instansi pemerintahan.

Seperti yang diketahui, pemerintah Indonesia saat ini terus berupaya meningkatkan pertumbuhan industri dalam negeri, dan salah satu industri yang didorong untuk tumbuh adalah industri laptop.

Kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri pun diberlakukan, terutama di sektor pemerintahan yang menggunakan APBN dan APBD, termasuk BUMN dan BUMD.

"Di manapun berada, kami selalu tunduk dan patuh terhadap regulasi pemerintah, termasuk Indonesia," ujar Jimmy Lin, Regional Director ASUS South East Asia.

"Adalah tanggung jawab kami sebagai produsen laptop consumer terbesar di Indonesia selama 10 tahun terakhir untuk berkontribusi pada pertumbuhan industri dengan comply pada regulasi pemerintah," tambahnya.

Sebagai produsen utama di industri laptop di Indonesia, ASUS selalu patuh dengan kebijakan pemerintah.

Terbukti, sejak kuartal keempat 2022, ASUS mulai mengembangkan produksi laptop di Indonesia dan ExpertBook P1 (P1412) series merupakan produk perdananya.

Laptop tersebut juga sudah mulai didistribusikan di awal 2023.

"Dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan industri, ASUS dengan bangga berkontribusi dalam meningkatkan peran sektor industri dalam perekonomian nasional.

Perlahan tapi pasti, industri Indonesia 4.0 terwujud," ujar Yulianto Hasan, Director of Commercial Product, ASUS Indonesia.

Baca Juga: HP Gaming ASUS ROG Phone 7 Meluncur 13 April, Intip Spesifikasinya!

Ke depan, Yulianto menambahkan, ASUS Indonesia tentu akan mengembangkan lini produksi laptop dalam negeri.

"Dengan memproduksi laptop di Indonesia, kami berharap ASUS bisa berkontribusi terhadap pembangunan, transfer teknologi pada anak bangsa dan juga membuka lapangan pekerjaan baru," tambahnya.

Kustomisasi Spek

ASUS ExpertBook P1412 pun tersedia dalam pilihan spesifikasi yang sangat beragam.

Tak hanya itu, berbeda dengan segmen konsumen, produk untuk segmen B2B harus tersedia dalam kuantitas besar. Untuk itu, ASUS memilih untuk memproduksi ExpertBook P1 (P1412) dengan Intel® Core™ generasi ke-11 yang bisa diproduksi dengan kuantitas berapapun.

ASUS ExpertBook P1 (P1412) merupakan laptop basic yang menghadirkan performa bertenaga serta visual yang immersif.

Tersedia dalam pilihan prosesor Intel® Core™ i3 sampai Intel® Core™ i7, laptop ini hadir dengan NanoEdge display dan layar dengan sudut pandang hingga 178° lengkap dengan lapisan matte anti-glare untuk pengalaman yang lebih nyaman.

Moment RF
Alexander Spatari

ASUS ExpertBook P1 (P1412) hadir dengan spesifikasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen

Di dalam body laptop yang ringkas, prosesor Intel® Core™ ditemani oleh RAM DDR4-3200MHz berkapasitas hingga 24GB.

Kapasitas RAM yang besar dan dapat di-upgrade ini tentu akan sangat bermanfaat bagi berbagai industri yang membutuhkan platform kerja yang bisa digunakan dalam jangka panjang.

Dual-storage design yang digunakan oleh laptop, bisa menampung SSD PCIe hingga kapasitas 1TB dan juga harddisk ataupun SSD SATA yang lebih terjangkau, dengan berkapasitas hingga 1TB.

Baca Juga: Spesifikasi & Harga ASUS TUF A16 Advantage Edition Dengan Komponen AMD

Perlindungan Ekstra

ASUS ExpertBook P1 (P1412) menyediakan beraneka ragam perlindungan standar industri, baiksecara hardware ataupun software.

Dari sisi hardware, laptop ini menggunakan reinforced chassis, reinforced lid serta E-A-R HDDprotection.

Meskipun secara desain laptop ini serupa dengan laptop di seri consumer, namun reinforced chassis membuat daya tahan fisik laptop ini jauh lebih kuat.

Di dalamnya terdapat tambahan pelat metal yang membuat komponen di dalam lebih tahan terhadap guncangan ataupun benturan.

Tak hanya lebih kuat, reinforced chassis juga meningkatkan kenyamanan mengetik.

Tak hanya di area keyboard, reinforced lid juga membuat area bezel menjadi lebih solid untukmenghindari kerusakan layar yang lebih parah saat kecelakaan fisik terjadi.

Ia juga memungkinkan cover laptop dibuka-tutup dengan sangat smooth.

Adapun E-A-R HDD shock dampening akan melindungi data Anda dari guncangan ataupun benturan yang mungkin terjadi saat kita menggunakan laptop dalam keseharian.

Keamanan Data

ASUS ExpertBook P1 (P1412) menawarkan berbagai opsi keamanan dan manajemen yang lebih mudah bagi para manajer IT di perusahaan.

Laptop ini menyediakan keamanan hardware dengan TPM 2.0 (Firmware TPM) untuk mencegah pengambilan data oleh para penyerang yang tidak berwenang.

Baca Juga: ASUS Indonesia Resmi Kenalkan TUF A16 Advantage Edition Full AMD

Untuk keamanan fisik, laptop ini dilengkapi dengan security lock untuk mencegah pencurian laptop, terutama jika ditempatkan di lokasi yang kurang terjaga.

Dari sisi pengelolaan, ASUS ExpertBook P1 (P1412) juga menawarkan ASUS Control Center dan ASUS Business Manager.

ASUS Control Center memungkinkan manajer IT memantau dan mengelola laptop secara remote dengan antarmuka yang mudah digunakan.

Selain itu, ASUS Business Manager memungkinkan pengamanan data di storage, melakukan pengaturan sistem dan penghapusan total data, serta mengunci port USB dan mencegah pengubahan di sistem operasi

Semua fitur ini menjadikan ASUS ExpertBook P1 (P1412) sebagai laptop yang sangat cocok untuk bisnis dan instansi apa pun, terlepas dari industri yang dijalankan.

Baca Juga: Rumor: ASUS ROG Phone 7 hadir pada bulan Juli Mendatang seperti apa?

Tabel Spesifikasi ASUSExpertBook P1 (P1412)

CPU Intel® Core™ i3-1115G4 Processor (6MB Cache, 2 core 4 thread up to 4.1GHz)Intel® Core™ i5-1135G7 Processor (8MB Cache, 4 core 8 thread up to 4.2GHz)Intel® Core™ i7-1195G7 Processor (12MB Cache, 4 core 8 thread up to 5GHz)

RAM/Penyimpanan 4GB/8GB DDR4-3200 onboard, upgradable to 24GB (1x SO-DIMM slot)
Layar 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Anti-glare display, LED Backlit, 250nits,NTSC: 45%, Screen-to-body ratio: 82%14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, TN, Anti-glare display, LED Backlit, 220nits,NTSC: 45%, Screen-to-body ratio: 82%14.0-inch, HD (1366 x 768) 16:9, TN, Anti-glare display, LED Backlit, 200nits,NTSC: 45%, Screen-to-body ratio: 82%

Grafis Intel® UHD Graphics

Intel® Iris® Xe Graphics (for Intel® Core™ i5/i7 with dual channel memory)

Konektivitas 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A

1x USB 3.2 Gen 1 Type-C

2x USB 2.0 Type-A, 1x

HDMI 1.4

1x 3.5mm Combo Audio Jack

1x DC-in

Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2

Bluetooth® 5.1

Baterai 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Dimensi / Berat 32.54 x 21.60 x 2.04 ~ 2.04 cm / 1.5Kg
Garansi Up to 3 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS Expert Warranty
HargaSRP

Mulai dariRp5.999.000

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya