5 Perempuan Hebat yang Sukses di Bidang Teknologi, Inspiratif Banget!

Rabu, 08 Maret 2023 | 15:00
ITsavvy

Ilustrasi perempuan yang berkarir di bidang teknologi di Hari Perempuan Internasional 2023.

Nextren.com - Meski didominasi oleh kaum lelaki, namun tidak sedikit perempuan yang suskses berkarir di bidang teknologi.

Di era modern ini banyak sekali perempuan yang punya peran yang sangat vital di dunia teknologi.

Sebagian dari mereka bahkan telah memiliki posisi yang tinggi di perusahaan dunia berbasis teknologi dan informasi.

Saat ini, perempuan mengalami masa yang menarik, di mana pintu terbuka lebar untuk kemajuan dan demokrasi yang lebih besar, terutama dalam memimpin berbagai bidang termasuk bidang Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika (STEM).

Tak hanya itu, saat ini bidang Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika (STEM) semakin populer di kalangan perempuan dan memainkan peran penting dalam kehidupan masyarakat di seluruh dunia.

Kesuksesan mereka mampu memberikan inspirasi bagi para perempuan lain untuk tidak ragu berkarir dan bersaing di bidang ini.

Nah, di artikel ini Nextren akan menghadirkan 5 figur perempuan hebat di bidang ini untuk menyambut Hari Perempuan Internasional 2023 yang jatuh pada hari ini, Rabu (8/3/2023)

Buat kamu yang belum tahu,Internasional Women Day atauHari PerempuanInternasional adalahperayaan global yang menghormati kemajuan sejarah, budaya, dan politik yang telah diraih oleh perempuan.

Tanggal tersebut juga dijadikan momentum untuk memberikan dukungan terhadap upaya mengatasi ketidakadilan gender di seluruh dunia.

Nah, penasaran bukan dengan daftar sosok yang sangat inspiratif tersebut? Langsung aja yuk, cek daftarnya di berikut ini.

Baca Juga: Dongkrak Keahlian Digital Karyawan Perempuan, XL Axiata Gandeng Microsoft Indonesia

1.Annie Easley

Annie Easley merupakan ahli kulit hitam dari AS, dikenal sebagai seorang perintis di bidang ilmuwan komputer dan roket yang telah memberikan dampak besar pada perkembangan teknologi di seluruh dunia.

Ia merupakan salah satu anggota tim di National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Berhasil mencatatkan banyak pencapaian, Annie Easley merupakan pengembang perangkat lunak roket Centaur yang menjadi dasar untuk peluncuran satelit militer, cuaca, dan komunikasi.

Prestasi paling penting yang ia peroleh adalah turut andil dalam peluncuran Cassini ke Saturnus pada tahun 1997.

Dalam dunia teknologi, Annie Easley diakui sebagai salah satu ahli perempuan yang memberikan kontribusi besar, terutama di bidang ilmu komputer dan roket.

Ia merupakan contoh nyata seorang ilmuwan yang berdedikasi dalam mengembangkan teknologi yang inovatif.

2.Mary Kenneth Keller

Mary Kenneth Keller, seorang biarawati Katolik Roma dari Amerika Serikat, memberikan kontribusi besar pada bidang teknologi dan komputer.

Ia bergabung dengan dua ilmuwan lain untuk mengembangkan bahasa pemrograman BASIC.

BASIC adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang membantu memperluas pemahaman masyarakat tentang pemrograman dan menghubungkannya dengan bidang sains dan non-matematika.

Lebih mengagumkan lagi, Mary menjadi perempuan pertama yang berhasil meraih gelar Ph.D di bidang komputer.

3.Susan Wojcicky

Susan Wojcicky adalah seorang wanita yang memainkan peran penting dalam mengubah konsumsi konten di internet dengan hadirnya YouTube pada tahun 2005.

Dalam platform ini, banyak bintang dan influencer telah lahir dan meraih kesuksesan.

Sebelum menjabat sebagai CEO YouTube pada tahun 2014, Susan Wojcicki bekerja di Google sebagai salah satu karyawan awal perusahaan tersebut.

Ia berhasil meraih kesuksesan di industri teknologi dan menjadi sumber inspirasi bagi banyak wanita yang ingin meniti karir di bidang tersebut.

4. Ada Lovelace

Ada Lovelace merupakan tokoh terkenal yang diakui atas prestasinya di bidang matematika dan sastra Inggris, dan telah dihormati di seluruh dunia.

Pada setiap bulan Oktober, masyarakat memperingati pencapaian Lovelace dalam bidang STEM.

Lovelace juga diakui sebagai programmer komputer pertama di dunia melalui catatan-catatan yang ia buat yang mencakup algoritma untuk memproses angka dalam komputasi.

Kemampuan matematikanya membuat Lovelace dijuluki "The Enchantress of Numbers" yang menginspirasi para perempuan di dunia hingga saat ini.

5.Ginni Rometty

Ginni Romettymerupakan lulusanNorthwestern University pada tahun 1979 dengan gelar sarjana di bidang ilmu komputer dan teknik elektro.

Setelah itu, ia bergabung dengan General Motors Institute pada tahun yang sama sebelum bergabung dengan IBM pada tahun 1981 sebagai system engineer.

Selama di IBM, Rometty memiliki banyak peran penting, termasuk memimpin perjuangan untuk membeli perusahaan konsultasi bisnis besar, PricewaterhouseCoopers, dan

Ia juga sempat menjadi wakil presiden senior untuk penjualan, pemasaran, dan strategi di perusahaan tersenbut.

Rometty diangkat sebagai Presiden dan CEO IBM pada tahun 2012 atas pencapaiannya untuk membantu perusahaan bertahan di era digital saat ini.

Baca Juga: Dua Pekerjaan Teknologi ini Minim Diminati Perempuan, AWS Buat Program Edukasi

Nah, itulah 5 perempuan inspiratif yang sukses berkarir di bidang teknologi dan komunikasi perusahaan ternama dunia.

Mereka semua bisa menjadi inspirasi untuk kamu yang ingin berkarir di bidang teknologi sobat Nextren sekalian.

Buat kamu yang penasaran dengan berita, tips dan trik seputar teknologi lainnya,kamu bisa cek langsung diwebsite Nextren ya!

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : kompas

Baca Lainnya