nextren.com - ASUS yang baru saja merayakan 10 tahun dominasi pasar laptop di Indonesia, kembali mencetak prestasi penting dengan meraih market share laptop consumer & gaming hingga 20.7% di Asia Pasifik menurut data dari microsoft.
Pencapaian ini disampaikan langsung melalui acara APAC Partner Summit yang berlangsung pada tanggal 22 februari yang lalu di Jimbaran, Bali.
Dalam acara ini ASUS juga mengumumkan komitmen untuk mempertahankan prestasi ini dengan target penguasaan pasar yang agresif di tahun 2023.
“Acara ‘Innovate to Elevate’ kali ini mencerminkan komitmen ASUS dalam mengkolaborasikan serta menghadirkan perangkat inovatif yang dapat memberikan nilai lebih untuk konsumen serta mitra kami,” ujar Peter Chang, ASUS Asia Pacific General Manager.
“Melalui kerja sama dengan mitra seperti Intel dan Microsoft, ASUS sangat yakin akan dapat menghadirkan lebih banyak produk inovatif serta menarik lebih banyak konsumen.
Kami yakin dapat mempertahankan kepemimpinan ASUS di pasar Asia Pasifik.”
Acara APAC Summit 2023 yang diadakan oleh ASUS diikuti oleh lebih dari 550 distributor dan mitra dari berbagai negara di Asia Pasifik.
Selain mempererat kolaborasi, ASUS juga memperkenalkan berbagai produk terkininya yang akan segera hadir di pasar Asia Pasifik seperti ZenBook Pro terbaru dan ROG Strix Scar 18.
ASUS pun mengumumkan target penguasaan pasar yang cukup ambisius, yaitu 30% untuk laptop consumer dan 40% untuk laptop gaming di Asia Pasifik.
Baca Juga: Laptop Gaming ASUS ROG Zephyrus M16 Makin Cocok Untuk Konten Kreator
Untuk mencapai target tersebut, ASUS akan menerapkan strategi dengan memperkenalkan lebih banyak produk yang menawarkan teknologi terkini dan bermanfaat bagi para konsumen di Asia Pasifik.
Selain itu, ASUS juga berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman pengguna mulai dari proses pembelian hingga layanan purna jual.
Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Intel dan Microsoft yang memberikan penjelasan mengenai solusi komputasi terkini mereka yang hadir di berbagai perangkat ASUS.
Meski pasar laptop consumer di wilayah Asia Pasifik mengalami penurunan sebesar 6% sepanjang tahun 2022, ASUS justru mengalami pertumbuhan hingga 11% sehingga mampu menjadi pemimpin dengan penguasaan pasar sebesar 20,7% menurut data dari Microsoft.
Hal tersebut telah membuat ASUS menjadi brand laptop consumer nomor satu di wilayah Asia Pasifik.
Sementara itu, brand gaming Republic of Gamers (ROG) juga berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar laptop gaming di Asia Pasifik sepanjang tahun 2022.
Di lini produk commercial, ASUS juga tumbuh pesat dengan peningkatan hingga 24% sepanjang tahun 2022 meski pasar mengalami penurunan sebesar 5%.
ASUS mencatat peningkatan aktivasi Windows pada perangkat commercial hingga 70% sepanjang 2022.
Dengan prestasi yang diraih sepanjang tahun 2022, ASUS terus tumbuh dan berkembang. Dengan acara APAC Summit 2023, ASUS semakin menunjukkan komitmennya dalam memberikan produk-produk terbaik serta pengalaman pengguna yang optimal bagi konsumen di Asia Pasifik.
Baca Juga: Mengenal Inovasi Desain ASUS System on Module: Laptop Jadi Efisien!
(*)