Review Razer Kiyo Pro, Webcam Gaming Paling Fleksibel dan Super Lebar

Jumat, 03 Maret 2023 | 21:30
bagus

Razer Kiyo Pro Menawarkan webcam dengan fleksiblitas yang tinggi serta kualitas gambar yang tinggi

nextren.com - Razer Kiyo Pro adalahsalah satu kamera webcam terbnaik dari Razer, produsen aksesoris gaming yang tidak asing di telinga para gamers.

Dengan kualitas resolusi Full HD 1080p dan frame rate 60fps, kamera ini menawarkan performa yang baik untuk keperluan video conference maupun game streaming.

Berikut adalah pengalaman kami menggunakan webcam tersebut.

Desain

Razer Kiyo Pro, sebuah webcam dengan ukuran yang tergolong besar, mungkin tidak akan cocok bagi mereka yang menggunakan konsep setup minimalis.

Namun, jangan salah, desain webcam ini sangatlah keren dan terlihat sangat profesional.

Terdapat sentuhan ala putar-putaran fokus lensa kamera yang membuatnya terlihat lebih menarik, meskipun sayangnya tidak bisa diputar dan murni hanya sebagai sentuhan desain saja.

bagus

Desain Razer Kiyo Pro yang menyerupai lensa kamera

Meskipun pada awalnya kami merasa kecewa, namun setelah dipikir-pikir, ternyata tidak begitu pebnting untuk mengatur kedalaman fokus dari sebuah webcam.

Material dari webcam ini juga cukup premium dengan sentuhan aluminium hampir di seluruh body, walaupun bagian belakang masih menggunakan bahan plastik.

Baca Juga: Keyboard Gaming Razer Blackwidow V14 Pro Rilis, Ini 3 Fitur Utamanya!

Namun, point yang paling menyenangkan dari Razer Kiyo Pro adalah posisi webcam yang bisa diatur dan digunakan dengan cukup fleksibel berkat mounting bawaannya.

Kamu bisa menggunakan mounting ini untuk meletakkan webcam di atas monitor atau laptop seperti biasa atau melepaskan webcam untuk dipasangkan ke tripod.

bagus

Beragam posisi pemakaian Razer Kiyo Pro

Mounting yang diberikan Razer cukup unik karena terdapat 2 poros pengaturan yang bisa diputar-putar sesuai kebutuhan, memberikan fleksibilitas untuk meletakkan webcam di atas monitor, di atas meja, bahkan dipegang saja dengan tangan.

Bahkan sudut pengambilan gambar juga bisa diatur ketika posisi di atas monitor atau meja.

Fitur-Fitur Penting

Razer Kiyo Pro memiliki kemampuan menangkap gambar dengan resolusi 1080p dan frame rate hingga 60fps, serta sudut pandang hingga 103 derajat.

Sehingga webcam ini menawarkan performa yang cukup baik untuk keperluan video conference maupun game streaming.

Bagus

Beberapa sudut pengambilan gambar mulai dari wide, medium, dan narrow

Selain itu, kamera ini juga menawarkan fitur HDR (high dynamic range), namun fitur ini hanya dapat diakses saat frame rate dikurangi menjadi 30fps.

Baca Juga: Spesifikasi Tiga Headset Razer Kaira Series di Urban Republic

Menurut kami hal ini tidak menjadi masalah karena pengguna yang menggunakan webcam untuk video conference cenderung lebih memperhatikan kualitas gambar yang optimal dengan resolusi 1080p dan HDR.

Namun, jika membutuhkan kecepatan frame rate yang tinggi, kamu dapat menyesuaikan dengan menurunkan kualitas HDR dan memperoleh frame rate hingga 60fps.

Bagus

Tampilan pengaturan webcam Razer Kiyo Pro di aplikasi Synapse

Selain performa yang baik, kamera ini juga dilengkapi dengan fitur autofocus yang dapat diatur melalui aplikasi Synapse dari Razer.

Dari aplikasi yang sama, kamu bisa mengatur Kecerahan, kontras, saturasi, dan parameter lainnya, serta mengaktifkan atau menonaktifkan HDR, serta menyesuaikan resolusi dan bidang pandang.

Pengalaman Memakai

Razer Kiyo Pro termasuk webcam yang cukup mudah untuk digunakan karena cukup plug n play, dimana kamuhanya perlu mencolokkan webcam dengan kabel USB ke komputer dan langsung bisa digunakan.

Melalui aplikasi Synapse, kamu bisa mengatur berbagai macam hal untuk mempermudah pemakaian webcam termasuk mengatur cahaya agar kualitas bisa lebih optimal.

Sedangkan untuk kualitas perekamannya, gambar default memang cenderung gelap apalagi di dalam ruangan yang kurang cahaya.

Namun kabar baiknya fitur HDR bisa menyeimbangkan dan mempertahankan detail yang dibutuhkan.

Namun dengan aplikasi Synapse, kamu bisa mengatur pencahayaan sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu.

Dalam kondisi cahaya yang cukup, webcam Raxer Kiyo Pro memiliki kualitas pengambilan foto yang sangat detail dan pas.

Kualitas ini jelas terasa jauh lebih baik ketimbang pengambilan video dengan webcam bawaan laptop.

Jika kamu mencari webcam yang berkualits dan mudah digunakan, webcam Razer kiyo Pro bisa menjadi jawaban yang kemu butuhkan.

Baca Juga: Ajaib, Remaja Ini Berhasil Selamat dari Peluru Nyasar Berkat Headset Razer di Kepala

Kesimpulan

Razer Kiyo Pro adalah kamera webcam berkualitas tinggi dari produsen aksesoris gaming Razer, dengan resolusi Full HD 1080p dan frame rate 60fps yang cocok untuk keperluan video conference maupun game streaming.

Desainnya terlihat keren dan profesional dengan sentuhan ala putar-putaran fokus lensa kamera yang hanya murni sebagai sentuhan desain.

Webcam ini dilengkapi dengan mounting bawaan yang fleksibel, sehingga dapat ditempatkan di atas monitor, meja, bahkan tripod.

Bagus

Isi dari kotak pembelian Razer Kiyo Pro

Fitur-fitur penting seperti HDR, autofokus, dan pengaturan cahaya dapat diatur melalui aplikasi Synapse.

Meskipun gambar default cenderung gelap, fitur HDR dapat menyeimbangkan dan mempertahankan detail.

Webcam Razer Kiyo Pro mudah digunakan dan menawarkan kualitas pengambilan foto dan video yang jauh lebih baik daripada webcam bawaan laptop.

Secara keseluruhan, Razer Kiyo Pro adalah pilihan yang baik untuk mereka yang mencari webcam berkualitas tinggi yang mudah digunakan.

Baca Juga: Laptop Gaming Razer Blade 14, 15 dan 17 Meluncur, Sanggup Libas Game AAA!

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya