Jadi Generasi Paling Melek Teknologi, Begini Karakteristik dan Kebiasaan Gen Z

Senin, 30 Januari 2023 | 15:51
DOK. Shutterstock

Ilustrasi Gen Z

Fotokita.net –Selain masuk dalam jajaran generasi termuda dengan rentang usia 9-26 tahun, generasi Z atau Gen Zjugamenjadi kelompok masyarakat yang paling melek terhadap teknologi.

Hal ini disebabkankarenagenerasi Z telah menjumpai teknologi sejak lahir sehingga mampu mengaplikasikanberbagai perangkatteknologi dengan maksimal.

Karena tumbuh bersamaan dengan perkembangan teknologi, hampir sebagian besar Gen Zbergantung dengansmartphone, laptop, hingga perangkat teknologi lainnya.

Paparan teknologi ini pula yang membuat Gen Zmampu melakukanmultitaskingalias bisa melakukan berbagai kegiatan dalam satu waktu.Misalnya,menggunakan komputer, memainkan sosial media, dan mendengarkan musik dalam satu waktu yang sama.

Di kehidupan sehari-hari, Gen Zjugapunya berbagai kebiasaankhususyangmembedakanmerekadarigenerasi sebelumnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa contohnya.

Baca Juga: Ini 3 Sticker Add Yours Paling Banyak Dipakai Gen Z di Instagram Selama 2022

  1. Susah lepasdarismartphone
Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan Gen Z adalahlekat dengansmartphone.Pasalnya, selain digunakan sebagai sarana berkomunikasi, perangkat ini juga kerap dimanfaatkan sebagai media untuk melepas bosan.

Alhasil, karenaterbiasa memakaismartphonedi segala kegiatan, perangkat ini jadi sering dibawake berbagai tempat, termasukkamar mandi.

  1. Hobigonta-ganti gadget
Perkembangan teknologi yang sangat cepatmembuat berbagaimerkgadgethadir dalam waktu bersamaan. Enggak heran, banyakGen Z cukup gemar bergantismartphone, laptop, atau aksesorisgadgetdalam waktu singkat.

Untuk menemukan jenissmartphoneatau perangkat teknologi yang tepat, Gen Z juga lebih mengandalkanreviewdariinfluencerdi media sosial sebagai referensi mereka.

Baca Juga: Mayoritas Millenial dan Gen Z Konsumsi Berita Dari Platform TikTok

  1. Gemar belanja dan pergi ke tempathits
Sebagai generasi yang peduli akan kesehatan mental, kebiasaan berbelanjaonlineserta pergi ke tempathitsseolah sudah menjadi kebiasaan sebagian Gen Z.

Untuk membeli barang yang diinginkan, Gen Z bisa mengandalkan platforme-commercemaupun akun jasa titip (jastip) yang ada di media sosial.

Sementara ketika ingin mengunjungi tempathits, Gen Z juga terbiasa mencari berbagai rekomendasi kafe, restoran, dan tempat nongkrong dari berbagai platform di media sosial.

  1. Punya banyak akun media sosial
Sejalan dengan tiga kebiasaan di atas, Gen Z juga hobi membuat banyak akun media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, hingga media sosial terbaru seperti Mastodon dan Clubhouse.

Selain dimanfaatkan untuk mencari informasi terbaru, platform media sosial tersebut juga kerap digunakan sebagai tempat berkomunikasi, berbagi foto, hingga membuat berbagai konten yang mampu menarikfollowersmaupunviewers.

Agar bisaup to dateterhadap berbagai info di media sosial, Gen Z ingin selalu terkoneksi dengan dunia digital. Apalagi jika hobi berpindah-pindah aplikasi, tentunya butuh kuota internet yang tak terbatas.

Untuk menunjang beragam aktivitas gen Z tersebut, AXIS meluncurkan paket internet baru yaitu AXIS Warnet Unlimited.

DOK. Axis

AXIS Warnet Unlimited

Sesuai namanya, paket ini hadir dengan kuotaunlimiteddengan masa aktif selama 24 jam. Jadi, ketika kamu mengaktifkan paket ini pukul 10.00 WIB, maka paket ini akan habis di jam yang sama keesokan harinya.

Kabar baiknya, paket #NonstopAntiNgedrop ini bisa dinikmati oleh semua pelanggan AXIS dengan mengaktifkan paketnya di aplikasi AXISNET. Harganya pun tergolong ramahbagikantong, yakni hanya Rp 3.999 untuk satu kali pembelian.

Untuk meramaikanpeluncuranpaket ini, AXIS juga berkolaborasi dengan Feel Koplo dalam pembuatanjingle-nya. Penasaran dengan lagu dan informasi lebih lengkap tentang paket ini? Yuk, kunjungi laman AXIS dihttps://www.axis.co.id/produk/paket-internet/paket-warnet.

Editor : Sheila Respati