Mengenal Teknologi COP di Layar realme 10 Pro+ 5G dan Manfaatnya

Selasa, 31 Januari 2023 | 10:00
realme

realme 10 Pro+ 5G hadir dengan teknologi COP untuk pengalaman layarnya.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Realme 10 Pro+ 5Ghadir di Indonesia dengan mengunggulkan spesifikasi layarnya yang memberi pengalaman berbeda.

Terdapat teknologi COP atau Chip on Pi yang disematkan pada layar hp realme ini dan dikatakan berbeda dengan teknologi yang disematkan di hp lain.

Tentunya teknologi COP di layar realme 10 Pro+ 5G dihadirkan bersama spesifikasi lainnya yang mendukung pengalaman pengguna.

Baca Juga: Realme Bocorkan Kehadiran HP Coca-cola, Pakai Realme 10 Pro 5G?

Hp yang sudah berjaringan 5G ini datang dengan membawa gebrakan layar lengkung premium demi hadirkan visual layaknya smartphone flagship ke kelas menengah.

Perusahaan ingin menunjukkan bahwa layar yang sempurna hanya bisa didapatkan pada segmen hp flagship itu salah.

Hp mid range realme ini hadir denganlayar berukuran 6,4 inci, panel AMOLED 120Hz Curved Vision.

Tidak sekadar melengkung, layar ini juga telah dioptimalisasi untuk dapat pengalaman penggunaan yang diklaim terbaik jadi tidak hanya cantik secara visual saja.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan realme 10 Pro+ Indonesia, Dijual Rp 6 jutaan

Sebelum penggunaan teknologi COP di realme 10 Pro+, perusahaan teknologi ini meneliti terlebih dahulu.

Dari hasil penelitian selama 16 bulan dan26 iterasi model, realme berhasil menemukan sebuah penemuan.

realme menemukan angka 61 derajat adalah angka emas yang menghasilkan kesalahan sentuhan paling sedikit dan distorsi terendah, terasa paling nyaman di tangan, dan tampak paling memukau secara visual dalam penggunaan layar lengkung.

Dalam proses pengaplikasian panel layar ke bodi smartphone, realme menjelaskan dalam keterangan resminya (27/1) menerapkan metode pengemasan premium yang lebih canggih dari metode-metode dalam sajian tampilan melengkung sebelumnya.

Realme
Realme

Layar dan kamera Realme 10 Pro Plus

Nah untuk menciptakan pengalaman menonton layar penuh yang lebih baik, realme menggunakan teknologi pengemasan COP dan mengoptimalkannya untuk menjadikannya lebih baik.

COP menurut perusahaan adalah teknologi pengemasan tercanggih saat ini.

Dibandingkan dengan COF (Chip On Film) dan COG (Chip On Glass), COP secara langsung membengkokkan bagian lembut layar AMOLED ke belakang, yang mana semakin mengurangi besaran bezel dan mencapai efek visual yang mendekati bezel-less.

Baca Juga: Harga HP Second Realme Narzo 50 5G Januari 2023, Kini Cuma Rp 2 Jutaan

Karena keterbatasan material layar yang fleksibel dan biaya proses yang lebih tinggi, proses COP saat ini hanya digunakan untuk smartphone flagship kelas atas.

Dalam proses pengaplikasiannya, realme menggunakan teknologi COP Ultra yang merupakan penyempurnaan berdasarkan optimalisasi proses COP tradisional, membuat bezel bawah realme 10 Pro+ lebih tipis.

Dengan menggunakan teknologi COP Ultra, realme telah berhasil memangkas ukuran bezel bawah layar menjadi setipis 2,33mm.

Angka ini menjadi sebuah pencapaian baru bagi perusahaan dan bila dibandingkan, salah satu layar lengkung pada smartphone flagship teratas lain memiliki ukuran bezel bawah 2,6 mm.

Demi memberikan pengalaman terbaik, realme juga menghadirkan inovasi pada teknologi anti-mistouch, untuk membuat pengalaman layar melengkung menjadi lebih ramah pengguna.

Pada semua sisi layar realme 10 Pro+ 5G telah diaplikasikan X-touch Anti-mistouch Algorithm yang meningkatkan area anti-mistouch sebesar 20% dan telah dioptimalkan secara cerdas untuk mengurangi kesalahan sentuh di seluruh bagian.

Selain itu panel layar yang digunakan realme 10 Pro+ 5G turut nyaman digunakan, sebab menjadi layar pertama realme dengan fitur 2160Hz PWM Dimming.

Saat keadaan gelap dengan kecerahan di bawah 90 nits, hp kelas menengah ini akan otomatis berpindah ke mode 2160Hz PWM Dimming untuk mempertahankan akurasi warna dan kenyamanan ke mata pengguna.

Hal ini berkaitan dengan tingkat efisiensi peredupan layar yang meningkat hingga 4,5 kali dibanding 480Hz PWM konvensional pada kebanyakan smartphone sampai kelas atas sekalipun.

Untuk spesifikasi mengenai realme 10 Pro+ kalian bisa cek ke sini dan review di sini.

Baca Juga: Cara Instal Update Realme UI 4.0 dengan Android 13, Gampang!

Tersedia dalam pilihan warna Hyperspace dan Dark Matter, berikut harga realme 10 Pro+ 5G:

realme 10 Pro+ 5G 8GB+8GB RAM Tambahan, ruang penyimpanan 128 GB : Rp 5.899.000

realme 10 Pro+ 5G 12GB+12GB RAM Tambahan, ruang penyimpanan 256 GB : Rp 6.999.000. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya