Konten Kreator Bisa Dapat Uang iklan Shorts YouTube Mulai 1 Februari

Rabu, 11 Januari 2023 | 12:00
Winxdvd

Ilustrasi logo YouTube Shorts

Nextren.com - YouTube baru saja mengumumkan bahwa para kreator akan dapat menghasilkan pendapatan iklan di YouTube Shorts mulai 1 Februari 2023.

Ini merupakan bagian dari kelanjutan pembaruan sumber pendapatan YouTubemelaluiYouTube Shorts yang masuk dalam Program Mitra YouTube terbaru.

Melansir dari The Verge, pembaruan monetisasi YouTube ini mengharuskan semua kreator yang tergabung dalam program untuk menandatangani persyaratan perjanjian baru. (10/1/2023)

Perjanjian ini bersifat wajib untuk semua anggota, baik mereka ingin menghasilkan uang dari Shorts atau tidak.

Sebelumnya, para kreator hanya bisa menghasilkan uang dari Shorts melalui Super Chats, integrasi belanja, dan dana kreator yang disediakan oleh perusahaan.

Baca Juga: YouTube Tambahkan Insight Short terbaru pada Creator Insider

Namun, ini tidak sebaik skema monetisasi TikTok yang secara langsung membagi pendapatan iklan dengan kreator.

Sebenarnya, YouTube telah melakukan hal ini selama bertahun-tahun untuk video tradisional dan kini juga akan diterapkan untuk YouTube Shorts.

Sehingga, pengguna bisa berbagi pendapatan iklan YouTube Short untuk tambahan uang mereka.

YouTube menyatakan bahwa mereka menghadirkan sistem modular untuk persyaratan program mitra.

Ini merupakan sistem dimana setiap orang yang tergabung dalam program harus menandatangani perjanjian dasar.

Perjanjian ini menentukan konten apa yang bisa diposting dan bagaimana sistem pembayaran bekerja.

Kreator memiliki waktu hingga 10 Juli 2023 untuk menerima persyaratan baru, atau akses mereka untuk menghasilkan uang akan dimatikan.

Sehingga, mereka harus mengajukan permohonan kembali ke YouTube agar kembali menjadi bagian dari program.

Baca Juga: YouTube Short Hadirkan Fitur Tagging Produk, Mirip TikTok!

Selain itu, ada perjanjian tambahan untuk monetisasi "Watch Page" dan Shorts yang dapat diterima secara terpisah.

Perjanjian Shorts akan tersedia pada 1 Februari dan memberikan kreator potongan pendapatan dari iklan yang dilihat di antara video di Shorts Feed.

Perjanjian Watch Page meliputi streaming langsung dan video tradisional "bentuk panjang" di YouTube, YouTube Music, atau YouTube Kids.

Ada juga adendum untuk "produk perdagangan" seperti keanggotaan, Super Chats, Super Stickers, dan Super Thanks.

Namun, perusahaan menyatakan bahwa para kreator tidak perlu menyetujui kembali persyaratan tersebut jika fitur-fitur tersebut sudah diaktifkan untuk channel mereka.

YouTube mengumumkan bahwa dengan menggunakan pendekatan modular, perusahaan dapat menambahkan peluang monetisasi baru di masa depan tanpa perlu memperbarui atau mengubah seluruh perjanjian monetisasi.

Baca Juga: Ajak Teman Langganan YouTube TV Bisa Dapat Diskon Dengan Kode Referal

Kreator juga memiliki opsi untuk memilih keluar dari modul monetisasi tertentu setelah mendaftar.

YouTube juga mengubah persyaratan untuk bergabung dengan Program Mitra YouTube.

Diantaranya adalah kewajiban mendapatkan 4.000 jam tontonan publik di konten dalam 12 bulan terakhir dan 10 juta penayangan di Shorts publik dalam 90 hari terakhir.

Selain itu, para kreator juga diharuskan memiliki setidaknya 1.000 pelanggan untuk bisa melakukan monetisasi.

Nah, itulah kabar mengenai pendapatan konten kreator di YouTube Shorts sobat Nextren sekalian.

Apabila kalaian penasaran dengan berita mengenai teknologi dan tren lainnya, pantengin terus website Nextren ya!

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber Tech Crunch, The Verge