Beberapa Universitas Di Amerika Serikat Blokir TikTok dari Jaringannya

Jumat, 23 Desember 2022 | 21:57
news18

Ilustrasi aplikasi TikTok Music

Nextren.com - Setelah anggota parlemen Amerika Serikat menghimbau untuk memblokir aplikasi TikTok, kini berbagai Universitas di Amerika Serikat juga menyiratkan hal yang sama.

Beberapa universitas di Amerika Serikat mencegah adanya akses aplikasi TikTok melalui komputer atau jaringan Wi-Fi.

Hal tersebut dilakukan berbagai universitas karena khawatir aplikasi TikTok akan melaporakan data pengguna ke pemerintah China.

Sejauh ini beberap universitas seperti Alabama, Georgia, dan Oklahoma telah memblokir aplikasi TokTok di komputer kampus dan jaringan internetnya.

Namun hal tersebut tidak lantas membuat semua mahasiswa tidak bisa mengakses TikTok, karena mahasiswa dapat mengaksesnya melalui ponsel mereka.

Selain itu Universitas Auburn dan 26 universitas negeri dan pengguruan tinggu di Georgia juga telah melarang akses aplikasi TikTok.

Baca Juga: Duh! Karyawan ByteDance Diduga Akses Data TikTok Milik Jurnalis AS

Apa yang dilakukan beberapa universitas ini sepertinya tidak jauh-jauh seperti apa yang dihimbau oleh parlemen Amerika Serikat.

Hal tersebut diketahui dari pernyataan email Universitas Oklahoma yang mengutip pernyataan gubuernur negaranya yaitu Kevin Stitt, untuk menghapus akun TikTok.

Melihat berbagai pemblokiran aplikasi TikTok di sejumlah universitas di Amerika Serikat, juru bicara TikTok, Brooke Oberwetter, menanggapinya.

Baca Juga: TikTok Dilarang Lagi di Amerika Karena Dianggap Lakukan Pelacakan Data

Dilansir dari Cnet, Brooke Oberwetter mengatakan bahawa larangan TikTok didasarkan pada kebohongan mengenai asumsi bahwa datanya akan diberikan kepada pemerintah China.

Ia juga mengatakan bahwa universitas-universitas terlalu terburu-buru mengambil kesimpulan dan justru akan memberikan kerugian tersendiri.

Ia beranggapan akan ada konsekuensi berupa kesulitan merekrut mahasiwa karena adanya informasi salah.

Brooke Oberwetter juga mengatakan saat ini TikTik tengah terus bekerja dengan pemerintah Amerika Serikat untuk menyelesaikan masalah ini.

TikTiok juga berupaya mencari solusi untuk mengamankan akun TikTok di Amerika Serikat dengan mematuhi aturan keamaan di Amerika Serikat.

Tag :

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : CNET

Baca Lainnya