Nextren.com - TikTok saat ini tengah membagun sebuah fitur dimana pengguna bisa mengetahui alasan mengapa video TikTok bisa masuk dalam halaman For Your Page atau FYP kamu.
Dilansir dari Mashable, TikTok mengatakan membuat sistem yang merekomendasikan konten berperingkat berdasarkan sejumlah faktor
Faktor-faktor tersebut merupakan kombinasi dari aktivitas pengguna di aplikasi TikTok yang kemudian akan disesuaikan.
Video-video yang ditampilkan pada FYP pengguna TikTok disesuaikan berdasarkan aktivitas yang dilakukan pengguna saat membuka TikTok.
Penyesuain tersebut dilakukan TikTok untuk menyajikan konten yang dirasa relevan dan menghibur bagi setiap pengguna.
Baca Juga: Jadi ini Rahasia Algoritma TikTok Bekerja Agar Video Pendek Masuk FYP
Untuk itu TikTok mengeluarkan fitur baru, dimana pengguna bisa memahami mengapa video tertentu berada pada halaman FYP kamu.
Fitur ini sudah diluncurkan, namun tidak pada semua pengguna TikTok, dan beberapa minggu mendatang fitur ini bisa digunakan oleh seluruh pengguna TikTok.
Ketika fitur ini sudah tersedia, cukup mudah untuk digunakan, karena kamu hanya perlu menggulirkan halaman FYP dan klik tombol bagikan.
Setelah itu klik tombol bagikan, kamu bisa memilih ikon tanda tanya, dimana kamu bisa melihat alasan TikTok menampilkan video tersebut pada halaman FYP kamu.
Setelah diklik kamu akan mendapatkan informasi, mengapa video tersebut bisa berada di halaman FYP kamu.
Beberapa alasannya, misalnya karena kamu menyukai video serupa atau karna video tersebut sedang populer di negara kamu.
Baca Juga: Video TikTok Susah FYP dan Viral, Benarkah Ada Shadow Ban di TikTok?
TikTok mengatakan bahwa peluncuran fitur baru ini adalah salah satu wujud transparansi TikTok kepada pengguna TikTok.
Maka untuk itu, fitur ini juga disertai dengan pedoman konten yang tidak memenuhi syarat masuk dalam FYP.
TikTok juga menjelaskan berbagai pedoman bagaimana agar video kamu bisa masuk FYP serta bagaimana cara kerja TikTok memilih konten untuk masuk pada halaman FYP orang-orang.
Fitur ini juga dikeluarkan bukan hanya semata-mata karena alasan transparansi tetapi juga menjawab kekhawatiran bagaiman TikTok membagikan data.
TikTok mengatakan bahwa mereka melacak data pengguna dan memiliki algoritme yang dipersonalisasi secara selektif untuk menampilkan konten untuk dilihat orang-orang.