Inovasi Alibaba Cloud di Tahun 2022, Dukung Terus Transformasi Digital

Rabu, 21 Desember 2022 | 14:30
Alibaba Cloud

Alibaba Cloud bagikan inovasi sepanjang tahun 2022 dengan tujuan membantu percepat transformasi digital.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Alibaba Cloud, sebagai perusahaan teknologi digital mengumumkan serangkaian inovasi yang telah dihadirkan di Indonesia. (20/12)

Inovasi Alibaba Cloud bertujuan untuk mendukung transformasi digital di berbagai bidang termasuk mobile banking dan perencanaan sumber daya perusahaan (ERP).

Alibaba Cloud telah hadir sejak tahun 2016 dan telah menghadirkan tiga data center serta satu scrubbing center untuk sistem keamanan.

Baca Juga: Alibaba Cloud Bagikan Tren Cloud Saat Ini, Masyarakat Sudah Lebih Aware

"Kami telah melayani pasar di Indonesia sejak 2016 dan selama enam tahun terakhir, kami telah berkomitmen di Indonesia dengan menginvestasikan lebih banyak sumber daya yang bertujuan untuk mengembangkan ekosistem mitra lokal kami," ujar Leon Chen, Country Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence.

Dari memperkenalkan produk, menghadirkan program pelatihan talenta digital hingga memberikan dukungan kepada komunitas startup dan developer telah dilakukan.

Saat ini terdapat beberapa produk yang telah dilayani oleh Alibaba Cloud seperti infrastruktur, AI, blockchain, smart logistik, dan sebagainya.

Baca Juga: Strategi Alibaba Cloud Kembangkan Data Center di Tahun 2023

Alibaba Cloud dari dua tahun sebelumnya telah befokus dalam pengembangan infrastruktur-Nya, dan di tahun ini perusahaan dikatakan akan berfokus ke big data, blockchain dan AI.

Alibaba Cloud telah mengembangkan ekosistem lokalnya di Indonesia dengan bekerja sama dengan mitra teknologi berpengalaman termasuk ISV dan integrator sistem.

Tahun ini, para mitra termasuk AdINs (spesialis dalam sistem multi-finance), Real Data Indonesia (dalam mMonitoring Kinerja Aplikasi Seluler), Dimata Sora Jayate (di ERP), Worxcode (di i-office), MKP (untuk sistem pembayaran e-tiket), 3Dolphins (di Chatbots & CRM) dan Zahir (di Aplikasi Bisnis yang Terintegrasi), telah memperkuat kolaborasi mereka dengan Alibaba Cloud.

Yang dimana Alibaba Cloud melanjutkan misinya untuk memfasilitasi permintaan transformasi digital pelanggan lokal.

Sebagai bagian dari program global Alibaba Cloud yang bernama “Regional Accelerator”, yang diumumkan pada bulan September lalu, Alibaba Cloud juga akan menawarkan dukungan kuat kepada para mitra di Indonesia.

Termasuk pendanaan, potongan harga, dan prakarsa go-to-market, dengan upaya untuk mempercepat inovasi teknologi dan perluasan pasar mereka secara bersama-sama, sebagai upaya untuk lebih memberdayakan pelanggan di tanah air.

Baca Juga: Ruang Virtual dan Avatar Cerdas Alibaba dan JP Games di Metaverse

Pelatihan Talenta Digital

Selama setahun terakhir, lebih dari 62.000 orang di Indonesia telah mengikuti berbagai program pelatihan digital yang diselenggarakan oleh Alibaba Cloud yang bekerja sama dengan universitas lokal, asosiasi, inkubator startup, dan komunitas pengembang.

Misalnya upaya Alibaba Cloud meluncurkan Student Ambassador Program tahun ini, yang bertujuan untuk memilih duta mahasiswa yang antusias dari universitas di seluruh negeri untuk membantu mempromosikan pengetahuan tentang komputasi awan dan kecerdasan digital di antara generasi tenaga kerja berikutnya.

Dari program ini terpilih 20 duta mahasiswa dari 40 universitas dan perusahaan berencana merekrut siswa magang yang akan mendapatkan manfaat dari pembelajaran dan pengalaman langsung di lapangan selama setahun penuh pada tahun 2023.

Baca Juga: 5 Produk Terbaru Alibaba Cloud di Sektor Keuangan: Dari Verifikasi Online, Layanan Uji Aplikasi Hingga Blockchain

Transformasi Digital

Selama setahun terakhir, Alibaba Cloud telah memperkenalkan serangkaian produk mutakhir di bidang analitik digital, rekomendasi cerdas, manajemen aplikasi layanan mikro, solusi keamanan yang ditingkatkan, dan blockchain sebagai layanan bagi pelanggan untuk mempercepat perjalanan transformasi digital mereka.

Ada beberapa layanan yang dibantu oleh layanan Alibaba Cloud untuk terus berkembang, sebagai berikut.

Telkomsigma, anak perusahaan Telkom Group, penyedia telekomunikasi terbesar di Indonesia, telah berkolaborasi dengan Alibaba Cloud untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas layanan cloud miliknya.

Lalu ada AI Rudder, sebuah perusahaan perangkat lunak yang menyediakan teknologi Voice AI canggih.

Alibaba Cloud membantu perusahaan mengatasi tantangan komunikasi B2C, dan memberikan infrastruktur dan solusi cloud yang dapat diskalakan.

Baca Juga: Alibaba Rilis E-Handbook Gratis, Dukung Perempuan untuk Bangkit

Hal ini untuk mengembangkan analitik digital dan platform AI untuk melakukan pengoptimalan yang digerakkan oleh kecerdasan dan analitik prediktif yang dapat meningkatkan kinerja dan keakuratan solusi Voice AI-nya.

Terakhir, Alibaba Cloud juga bermitra dengan PT Raiz Invest Indonesia ("Raiz"), sebuah perusahaan teknologi keuangan di Indonesia. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya