Bingung Cari Laptop Gaming? ASUS TUF Gaming F15 FX507 Bisa Jadi Pilihan  

Senin, 19 Desember 2022 | 17:22
Dok. Asus

Saat ini, laptop gaming diminati banyak karena dinilai lebih lebih praktis dan portabel dibandingkan dengan PC ataupun game konsol.

Nextren.com-Pandemi Covid-19 membuat rumah menjadi pusat semua aktivitas, mulai dari belajar hingga bekerja. Meski penanganan pandemi Covid-19 semakin membaik, aktivitas di luar rumah tetap lebih terbatas karena situasi yang masih fluktuatif. Oleh sebab itu, kini, lebih banyak orang mencari hiburan yang aman di dalam rumah. Salah satunya, bermaingame.

Minat akangame, baikmobile,personal computer(PC), maupun konsol, semakin meningkat semenjak masa pandemi.Lembaga riset pasar IDC memperkirakan industrigamemengalami kenaikan pendapatan sebesar 20 persen pada 2020. Durasi orang bermaingamedi rumah pun meningkat selama pandemi.

Tingginya minat masyarakat dalam bermaingamemendorong peningkatanpermintaan laptopgaming. Laptopgamingdiminatikarena dinilai lebih lebih praktis danportabeldibandingkan denganPCataupungamekonsol. Performa laptop biasanya juga lebih buas dari perangkatmobile.

Namun, banyaknya pilihan merek laptopgamingdi pasaran sering membuat konsumen bingung untuk memilih. Untuk memantapkan pilihan, konsumen harus paham benar tentang harga, spesifikasi, dan fitur laptopgamingyang ingin dibeli.

Baca Juga: ASUS Zenbook 17 Fold OLED Bawa Konsep Laptop Layar Lipat 17 inch Pertama di Dunia

Nah, buat kamu yang berencana membeli laptopgaming, tetapi masih bingung dalam menentukan pilihan.Coba lirikASUS TUF Gaming F15 FX507.

Sebagai produk khususgaming, laptop ini hadir denganhardwaregenerasi terbaru, bodi berdesain futuristik, sertafitur dan teknologisetara dengan harganya.

Prosesor danchipgrafis generasi terbaru

Prosesor atau CPU dikenal sebagai nyawa sekaligus otak pada sebuah laptop. Memahami hal itu, ASUS membekali ASUS TUF Gaming F15 FX507 dengan prosesor generasi terbaru, yakni 12th Gen Intel® Core™ H-Series.

Selain hadir dengan teknologi terkini, kinerja prosesor ini juga ditunjang dengan Intel® QuickSync yang dapat mengakselerasi prosesencodingvideo, serta Intel® Thread Director yang dapat mengatur kerja prosesor secara cerdas sehingga tenaga yang dikeluarkan lebih efisien.

Baca Juga: Google Memperkenalkan Enkripsi End To End untuk Gmail di Web, Bakal Lebih Aman!

Untuk grafis, ASUS TUF Gaming F15 FX507 telah dibekali GPU NVIDIA GeForce RTX 3070dengantotal graphic power(TGP) lebih baik dibandingkandenganserisebelumnya serta sistem pendingin yang lebih baik.

Dukungan lain yang membuat laptop ini makin ciamik ialah penambahanrandom access memory(RAM) berteknologi baru DDR5 berkecepatan 4800MHz. Lewat dukungan DDR5,membuataktivitasgamingjadi lebih kencang serta dapat menghadirkanframerateyang lebih baik.

Sistem pendingin terbaik di kelasnya

Asus mengklaim ASUS TUF Gaming F15 FX507 sebagai Most Advanced Entry Level Gaming Laptop. Hal ini karenaASUS TUF Gaming F15 FX507 dibekali sistem pendingin terbaik di kelasnya dengan dilengkapi limaheatpipetembaga yangyangmampu mendinginkan CPU, GPU, serta Voltage Regulator Module (VRM).

Sistem pendingin ASUS TUF Gaming F15 FX507 juga ditenagai dua kipas bertenaga 12v serta memiliki empat jalur pembuangan udara panas sehingga proses pendinginan dapat bekerja optimal. Selain itu, sistem pendingin ASUS TUF Gaming F15 FX507 tidak menghasilkan suara yang bising dengan hadirnya fitur 0db Ambient Cooling.

Fitur tersebut memungkinkan kipas untuk berhenti berputar saat suhu CPU dan GPU berada di bawah 50 derajat celsius. Fitur-fitur tersebut membuktikan sistem pendingin ASUS TUF Gaming F15 FX507.

Baca Juga: Game Sepak Bola Total Football Meluncur di iOS dan Android, Ada Mode PvP

Sudah dibekali MUX Switch dan mudah di-upgrade

MUX Switch merupakan jawaban ASUS terhadap kebutuhan paragameryang menginginkan performa dan potensi penuh di laptopgaming-nya. MUX Switch memungkinkan laptopgaminguntuk mematikan secara penuh fungsichip grafisterintegrasi (iGPU) sehingga pemrosesan grafis sepenuhnya dapat dikerjakan olehchip grafisdiskrit (dGPU) yang lebihbertenaga.

Gamerjuga memiliki kebebasan untuk menggunakan seluruh fitur dan potensi laptopgaming-nya melalui MUX Switch. Contoh skenarionya adalah MUX Switch dapat diaktifkan saat bermaingamesehingga laptop dapat menghadirkan performa maksimalnya, sementara MUX Switch juga dapat dimatikan saat penggunanya ingin menghemat baterai.

Dok. Asus

Tampilan ASUS TUF Gaming F15 FX507

Selain kehadiran memori DDR5, ASUS TUF Gaming F15 FX507mamputampil sebagai laptopgamingyangfuture-proofjuga berkat kemampuannya untuk dapat di-upgrade. Tidak tanggung-tanggung, ASUS bahkan memberikan opsiupgradeuntuk memori dan penyimpanan yang melimpah yaitu dua slot SO-DIMM DDR5 4800MHz serta duaslotM.2 PCIe Gen4 SSD.

Berkat opsiupgradetersebut, ASUS TUF Gaming F15 FX507 bisa memiliki total memori hingga 32 GB DDR5 serta dapat menampung dua PCIe Gen4 SSD dengan kapasitas total hingga 4 TB.

Untuk mendukung performa dari CPU dan GPU, ASUS TUF Gaming F15 FX507 juga memiliki baterai berkapasitas besar, yakni 90watt hour(Whr). Kapasitas baterai ini memungkinkan laptop dapat bekerja lebih lama tanpa harus terhubung dengan sumber listrik.

Berdasarkan hasilpengujian menggunakan PCMark 10 Modern Office Battery Test, ASUS TUF Gaming F15 FX507 dapat bertahan dengan penggunaan baterai hingga 7 jam 22 menit.

Berikut hasil ujibenchmarkantara ASUS TUF Gaming F15 FX507 dengan Acer Nitro 5 (2022). Keduanya ditenagai oleh CPU Intel Core i7-12700H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 3050 dengan VRAM 4GB.

Dok. Asus

Hasil pengujian menggunakan PCMark 10, , ASUS TUF Gaming F15 FX507 dapat bertahan dengan penggunaan baterai hingga 7 jam 22 menit.

Aplikasi Armoury Cratedan sertifikasi militer

Sepertiyang telahdisebutkan sebelumnya,ASUS TUF Gaming F15 FX507 hadir dengan aplikasi Armoury Crate untuk mengubah setelan GPU yang akan digunakan. Namun, bukan itu saja kelebihan dari aplikasi ini.

Dikutip dari laman ASUS, Armoury Crate juga bisa dimanfaatkan untuk mengatur setelantwo-wayAI Noise-Cancelling, kontrol performa lewatpresetyang disediakan, hingga kontrol performa dan putaran kipas secara manual.

Armoury Crate juga dapat memperlihatkan daftargameyang terpasang di ASUS TUF Gaming F15 FX507, sehingga kamu dapat melakukan manajemengamedan konten dengan lebih mudah.

Tidak hanya mumpuni dari segi fitur dan teknologi, ASUS TUF Gaming F15 FX507 juga memilikisertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militerAmerika Serikat (AS)(MIL STD-810H).ASUS TUF Gaming F15 FX507 berhasil lolos pada berbagai uji ketahanan ekstrem, mulai daridrop test, humidity test, shake test,hingga uji operasional di suhu ekstrem.

Baca Juga: Elon Musk Siap Mundur dari CEO Twitter, Siapa Sosok Penggantinya?

Tidak hanya itu, ASUS juga memberikan perlindungan ekstra lewat ASUS Perfect Warranty. Kamu yang membeli ASUS TUF Gaming F15 FX507 akan mendapatkan perlindungan ekstra dari kerusakan akibat kesalahan pengguna.

Untuk menikmati garansi ini, kamu hanya perlu membayar biaya perbaikansebesar 20 persen dari harga ASUS TUF Gaming F15 FX507. Perlindunganinitersebutberlaku untuk semua varian ASUS TUF Gaming F15FX507 yangdidistribusikan secara resmi di Indonesia.

Itulah empat alasan mengapa ASUS TUF Gaming F15 FX507worth ituntuk dimiliki. Bagi kamu yang ingin mengikutiserba-serbiprodukgamingdari ASUS,kamu dapat mengikutiforumDiscord#TeamROGmelaluihttps://bit.ly/DiscordROGCommunityID.

Ikuti juga keseruan bermaingamedan berdiskusi bersama pengguna laptopgamingASUS lainnya diFacebook ROG Community IndonesiadanROG Community Indonesia.Yuk, segera gabung dari sekarang!

Editor : Sheila Respati

Baca Lainnya