Nextren.com - YouTube ingin memanfaatkan ajang Piala Dunia 2022 untuk mempromosikan YouTube Short.
Berbagai cara memang tengah dilakukan YouTuber Short agar semakin populer dan mudah dijangkau audiens.
Sebelumnya YouTube Short juga mengeluarkan fitur untuk promosikan produk yang mirip dengan TikTok.
Konten kreator bisa menandai atau tagging produk untuk meningkatkan promosi.
Cara lain juga dilakukan YouTuber Short untuk menjangkau audien lebih banyak yaitu dengan hadirkan YouTuber Short di TV.
Bahkan beberapa provider di Indonesia juga turut andil promosikan YouTube Short, seperti Xl Axiata yang berkolaborasi dengan YouTube dengan memberikan Unlimited YouTube Shorts seharga Rp 1 saja.
Baca Juga: Komentar Youtube Bisa Diterjemahkan Dengan Satu Klik, Ada Template Balasan
Pada kesempatan kali ini YouTube Short juga tak ingin kelewatan manfaatkan ajang Piala Dunia untuk promosi YouTube Short.
Dilansir dari Social Media Today, promosi tersebut dilakukan dengan cara menghadirkan berbagai aktivasi dan tantangan bertema Piala Dunia 2022.
Pertama-tama YouTube mengirim sejumlah kreator YouTube Short ke Qatar untuk membuat konten langsung disana.
Para kreator tersebut telah berbagi pengalaman mereka di babak pertama pertandingan Piala Dunia 2020.
Kreator YouTube Short yang diberangkatkan ke Qatar diantaranya Cheeky Boyos, Noor Stars, Rima dan Jesser.
Kemudian YouTube akan mengirimkan lagi kreator YouTube short ke Qatar pada tahap 2 untuk meliput final Piala Dunia.
Gabungan dari kreator YouTube short tersebut YouTube dapat menjangkau sekitar 90 juta subscribers di seluruh dunia.
Para subscribers di rumah dapat turut merasakan euforia Piala Dunia dengan mengikuti konten YouTube Short dengan hastaq #ShortFIFAWorldCup.
Cara promosi ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan kreator serta subscribers untuk terlibat dengan YouTube Short.
Baca Juga: Youtube Lakukan Uji Coba Fitur Live Bersama, Go Live Together
YouTube mengirimkan kreator untuk meliput Piala Dunia bukan tanpa alasan, salah satunya adalah memperluas audiens YouTube Short.
Salah satu cara yang dilakukan YouTube Short untuk menjangkau audiens yaitu melalui ‘Shopping on Shorts’.
YouTuber Short hadirkan ‘Shopping on Shorts’ bekerjasama denagn FIFA untuk memungkinkan pengguna membeli jersey resmi Piala Dunia 2022.
Setelah membeli kamu bisa ikutan challenge di YoutTube Short dengan menggungah video transisi menggunakan jersey tersebut dengan backsound official theme song Piala Dunia 2022.
Kamu dapat membeli jersey resmi negara favorit yang berlaga di Piala Dunia secara langsung melalui YouTuber Shorts.
Selain melalui YouTube Short, YouTuber juga menyemarakan gelaran Piala Dunia dengan menyelenggarakan pertandingan di saluran YouTube resmi FIFA.
Saat ini Piala Dunia menjadi acara besar hampir di semua platform sosial, termasuk YouTube salah satunya.
Hal tersebut tidak mengherankan karena sepak bola adalah olahraga yang paling banyak ditonton di YouTube pada tahun 2021.
Bahkan pada gelaran Piala Dunia sebelumnya saja, terdapat 10 juta konten mengenai Piala Duniadi YouTube.
Baca Juga: YouTube Akan Pisahkan Tab Short, Live dan Video Panjang, Makin Rapi!
Tentu hal tersebut menjadi pertimbangan penting bagi YouTube untuk memperhatikan tren Piala Dunia.
Maka untuk itu YouTube menghadirkan acara promosi ini pada perayaan Piala Dunia 2022.