5 Cara Memaksimalkan Kampanye di TikTok, Agar Pesan Sampai Ke Audiens!

Senin, 14 November 2022 | 16:30
news18

Ilustrasi aplikasi TikTok Music

Nextren.com -Cara memaksimalkan kampanye di TikTok merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh para marketer.

Semua pemasar pasti ingin kampanyenya berhasil menarik perhatian audiens hingga audiens menerima pesan dari kampanye tersebut dengan baik.

Pasti marketer ingin meningkatkan brand awareness, meningkatkan jumlah kunjungan website hingga menghasilkan lebih banyak uang.

Kamu bisa kampanye lewat media sosial, dimana banyak orang yang menggunakannya setiap hari berinterakasi secara online antar satu sama lain.

Lebih dari pada itu, kampanye lewat media sosial relatif lebih murah dibandingkan kamu melakukan kampanye secara offline.

Kampanye secara offline membutuhkan waktu, tenaga serta biaya yang tidak sedikit, untuk itu media sosial menjadi platform kampanye yang efektif.

Banyak platform media sosial yang bisa kamu gunakan untuk melakukan kampanye, salah satunya adalah platform berbagai video pendek, TikTok.

Berikut cara memaksimalkan kampanye di TikTok, dan cara ini bukan hanya untuk para marketer tetapi juga untuk kamu kreator TikTok.

Baca Juga: Tren Baru Belanja Online: Shoppable Live Stream di TikTok Shop Sudah Dicoba 71 Persen Konsumen Indonesia

1. Signal

Signal yang dimaksud bukanlah hal terkait dengan koneksi internet untuk mengunggah konten.

Walaupun signal koneksi internet juga sangat diperlukan, namun signal yang dimaksudkan untuk memaksimalkan kampanye di TikTok adalah ketahui audiens kamu dengan tepat.

Kamu bisa menggunakan mobile measurement partners atau MMPs, aplikasi untuk mengukur kinerja kampanye di seluruh pemasar iklan, sumber media dan jaringan iklan lainnya.

2. Targeting

Setelah kamu mengetahui siapa audiens kamu, penting untuk menentukan target audien yang ingin kamu tuju.

Terkadangan dalam melakukan kampanye bukan seberapa banyak audiens yang bisa kamu dapatkan, tetapi seberapa tepat kamu menempatkan kampanye kepada audiens.

Hal tersebut tentu berpengaruh, kampanye yang tepat kepada audiens yang tepat memungkinkan brand awareness kamu meningkat.

Untuk menargetkan audiens dengan tepat kamu perlu melakukan 3 cara yaitu memastikan skala audiens yang ingin dijangkau, jika skala audiens tidak bisa dijangkau perluas target untuk memungkinkan bertemu dengan audiens baru, dan hapus target audiens yang tidak memungkinkan untuk dijangkau.

3. Kreatif

Sulit dipungkiri bahwa kampanye yang menawarkan tingkat kreativitas tinggi lebih sulit untuk dilupakan.

Hal ini berarti membawa kamu lebih daru sekedar tujuan kampanye agar pesan tersampaikan.

Terdapat 3 cara membuat kampanye TikTok yang kreatif yaitu, ikuti tren yang sedang berlangsung dan berkolaborasi dengan influencer yang sedang tren, membuat konten yang selalu baru, dan gunakan Ads Manager's tools.

Baca Juga: TikTok Luncurkan 'TikTok Academy', Platform Edukasi Pelajari Tren

4. Penawaran dan Anggaran

Terdapat tiga cara untuk menentukan penawaran dan anggaran yang tepat di TikTok yaitu tentukan jumlah maksimum target audiens yang ingin dicapai, gunakan tolak ukur yang historis atau sesuai dengan target kampanye sebelumnya, buka anggaran kampanye untuk kemungkinan hal lain.

5. Sesuaikan semua hal ketika berjalan

Kinerja yang optimal memerlukan pemantauan kampanye yang berkesinambungan, untuk itu kamu dapat dan perlu menyesuaikan berbagai hal terkait kampanye walau sudah berjalan.

Untuk itu kamu perlu memerhatikan 3 hal ini, yaitu fokus pada goal metric, tunggu setidaknya dua hari sebelum melakukan penyesuaian tambahan, dan Tingkatkan anggaran aat tingkat konsumsi anggaran di atas 95%.

Tag :

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : Tiktok.com

Baca Lainnya