Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.
Nextren.com -TikTok kemarin (24/10) menghadirkan kembali kampanye Serunya Belajar yang berguna untuk penggunanya bisa menambah ilmu.
Ada empat kegiatan yang dihadirkan oleh TikTok dalam kampanye Serunya Belajar kali ini.
Selain itu, TikTok juga menggaet Mikha Tambayong sebagai Campaign Ambassador di kampanye Serunya Belajar.
Baca Juga: Jadi ini Rahasia Algoritma TikTok Bekerja Agar Video Pendek Masuk FYP
Dihadirkannya kampanye dari TikTok ini sekaligus menyambut hari Sumpah Pemuda yang jatuh tanggal 28 Oktober 2022.
Acara yang dilaksanakan online dan offline ini juga ada penandatanganan nota kesepahaman atau MoU bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).
Kampanye Serunya Belajar berupaya untuk membuat belajar jadi lebih menyenangkan, sekaligus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan individu, khususnya kaum muda dan komunitas pengguna TikTok.
Kemendikbudristek dan TikTok ingin mewujudkan proses belajar yang seru, sekaligus menginspirasi para komunitas TikTok dalam rangka meningkatkan transformasi pendidikan di Indonesia, khususnya di sektor digital.
Baca Juga: Cara Merubah Akun TikTok Pribadi Menjadi Akun Bisnis, Mudah!
Di mana hal ini sejalan dengan salah satu visi besar Pendidikan Indonesia tahun 2035, yakni untuk membangun rakyat Indonesia untuk menjadi pembelajar seumur hidup yang unggul dan terus berkembang.
Ada beberapa kegiatan TikTok Kampanye Serunya Belajar yang bisa diikuti pengguna.
Kampanye Serunya Belajar terbaru menghadirkan rangkaian kegiatan seru untuk mendukung dan memberdayakan komunitas dalam menghasilkan karya kreatif dan positif di Indonesia.
Kegiatan ini di antaranya, kompetisi atau hashtag challenge bagi pengguna TikTok berusia minimal 18 tahun untuk berbagi konten edukasi.
Challenge ini termasuk edukasi terkait food, kecantikan dan fesyen, olahraga, game dan lainnya.
Ada juga bootcamp Serunya Belajar, kegiatan pelatihan intensif untuk 100 kreator terbaik pemenang kompetisi pada 19 November 2022.
Baca Juga: Update TikTok Live Atur Livestream Khusus Dewasa, Wajib 18+ Nih!
Pelatihan ini akan diisi oleh sejumlah profesional diharapkan dapat membantu para kreator memaksimalkan platform digital untuk memberikan konten edukasi yang kreatif dan bermanfaat bagi Indonesia.
Kampanye ini juga menghadirkan TikTok LIVE, diskusi bersama para pakar, acara memasak, hingga diskusi terkait fesyen dan kecantikan dari kreator TikTok.
TikTok menghadirkan festival dengan berbagai kegiatan seru, diantaranya eksperimen sains dan DIY, sesi sharing dan diskusi bersama top kreator TikTok, hingga penampilan musik dari berbagai musisi.
Festival kampanye Serunya Belajar ini akan diselenggarakan secara luring pada tanggal 19 November 2022 dan terbuka untuk umum.
Baca Juga: TikTok Kerjasama dengan Linktree, Tambahkan Lebih Banyak Link di Bio
"Melalui program Serunya Belajar yang diadakan oleh TikTok ini, kami berharap wadah tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda untuk menggali potensi diri, tidak hanya di bidang akademik saja, namun juga kemampuan literasi digital yang baik," ujar Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Anang Ristanto.
Kategori konten edukasi di bawah tagar #SerunyaBelajar terus meningkat di TikTok dan telah memiliki lebih dari 13 miliar views. (*)