Makin Upgradeable! Framework dan Google Rilis Laptop Edisi Chromebook

Kamis, 22 September 2022 | 14:47
Framework

Tampilan depan Laptop Framework versi Chromebook

Nextren.com - Framework dan Google secara resmi mengumumkan laptop Framework edisi Chromebook hasil duet mereka yang pertama kali. Laptop ini merupakan edisi penerus laptop Framework edisi Windows pada tahun lalu yang menjadi laptop debut dari Framework. Namun kali ini, laptop Framework hadir dengan edisi Chromebook yang tetap menghadirkan komponen yang dapat diupgrade dan disesuaikan sesuai keinginan penggunanya. Produk laptop Framework sendiri masih jarang dikenal masyarakat dan penggunanya pun masih tergolong sedikit. Belum lagi apabila laptop seperti ini hadir di dengan konsep laptop Chromebook yang notabene merupakan kombinasi yang langka.

Baca Juga: Laptop Chromebook 4G LTE Buatan Indonesia Siap Dipasarkan, Kandungan Lokalnya 40 PersenWalau demikian, edisi laptop Framework edisi Chromebook ini dilengkapi dengan sistem ekspansi ruang yang hampir sama dengan edisi Windows. Artinya pengguna dapat dengan mudah memilih port yang mereka inginkan dan dengan mudah menggantinya. Berbeda dengan laptop dengan sistem operasi Windows dan Chrome OS lainnya, di laptop ini pengguna dapat memilih kombinasi port yang mereka inginkan. Pengguna dapat dengan mudah mengkustom penempatan banyak port seperti USB-C, USB-A, microSD, HDMI, DisplayPort, Ethernet, high-speed storage, dan lainnya. Mereka juga memiliki kontrol penuh untuk mengupgrade komponen penting seperti RAM, SSD, baterai, layar dan semua komponen lainnya pada laptop ini.

Framework sendiri telah menyediakan obeng di dalam kardus laptop yang dapat digunakan penggunanya untuk melakukan upgrade maupun kustomisasi pada laptop mereka.

Framework
Framework

Tampilan bagian dalam dari Framework edisi Chromebook

Baca Juga: Prediksi Spesifikasi Laptop Chromebook Gaming, Pakai GPU Nvidia?Laptop Framework edisi Chromebook ini juga memiliki spesifikasi bawaan yang cukup menarik untuk para pengguna yang menginginkan efisiensi pada laptop mereka.Layar pada laptop ini hadir dengan ukuran 2256 x 1504 3:2 dilengkapi dengan 100% sRGB color gamut dan >400 nit. Laptop ini juga hadir dengan bentuk yang cukup ringan dengan berat 1.3 kg serta dimensi yang tipis dengan tebal 15,85mm, panjang 296.63 mm dan lebar 228.98 mm.Tak hanya itu bodi pada laptop ini terbuat dari 50% bahan alumunium daur ulang dan kandungan 30% plastk daur ulang yang membuatnya terlihat sangat ramah lingkungan.

Baca Juga: Laptop ASUS Chromebook C214 Rilis Untuk Pelajar Sekolah Online, Ini HarganyaKapasitas penyimpanan bawaan pada laptop ini juga termasuk lega, namun hanya hadir dalam satu pilihan yakni 256GB SSD dan satu slot DDR4-3200 RAM berukuran 8GB Namun pengguna masih dapat mengupgradenya hingga 64GB RAM dan 1TB penyimpanan NVMe.Selain itu, laptop ini juga ditenagai dengan prosesor Intel i5-1240P (Up to 4.4 GHz, 4+8 cores) dan juga Intel Xe GraphicsUntuk baterainya, laptop Framework edisi Chromebook ini memiliki kapasitas sebesar kapasitas 55W dengan charger USB-C sebesar 60W.Sebagai produk chrome tentunya laptop ini menggunakan Chrome OS bawaan Google yang juga dilengkapi dengan konektifitas WiFi 6E yang membuat pengguna dapat melakukan browsing lebih cepat.

Baca Juga: Samsung Luncurkan Chromebook Go, Laptop 4 Jutaan untuk Kuliah OnlineWalau memiliki spesifikasi bawaan terbatas namun pengguna juga dapat membeli komponen laptop Framework edisi Chromebook secara terpisah di website mereka.

Laptop ini dikabarkan akan didukung dengan sistem operasi Chrome OS dan layanan Google selama 8 tahun.

Dengan adanya kerjasama ini Framework dan Google mematok harga laptop Framework edisi Chromebook ini mulai 999 dolar AS atau sekitar Rp 15.000.000.

Namun laptop ini masih dijual dengan sisrem pre-order di dua negara yaitu Kanada dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Chromebook dan Macbook Kuasai Penjualan Notebook Pasar Global

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : The Verge, Framework

Baca Lainnya