NASA Ungkap Hasil Foto Bintang dari Teleskop James Webb, Keren!

Selasa, 12 Juli 2022 | 10:58
NASA

Akhirnya teleskop James Webb merilis foto bintang pertama yang diambil setelah diluncurkan pada bulan Desember 2021 lalu

Nextren.com - NASA ungkap hasil foto bintang dari teleskop James Webb kepada publik.

Teleskop James Webb telah berhasil menangkap foto bintang pada hari Selasa (12/7) pagi, waktu Indonesia.

NASApun meminta Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, untuk mengumumkan hasil foto bintang yang ditangkap oleh teleskop James Webb.

"Gambar-gambar ini akan mengingatkan dunia bahwa Amerika dapat melakukan hal-hal besar dan mengingatkan anak-anak kita bahwa tidak ada yang melebih kapasitas kita," ungkap Biden, dikutip dari DailyMail.

"Kita bisa melihat hal-hal yang belum pernah dilihat siapa pun dan pergi ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi siapa pun," tambahnya.

Joe Biden juga menyebut bahwa adanya foto bintang dari teleskop James Webb itu menggambarkan definisi kalau semua hal mungkin dilakukan oleh manusia.

Lebih lanjut, foto bintang yang berhasil ditangkap oleh teleskop James Webb ini juga dikenal sebagai gugus galaksi SMACS 0723.

Lalu pihak NASA turut menyebut bahwa Webb First Deep Field ini telah mengambil gambar yang lebih jauh dibanding teleskop Hubble.

Baca Juga: NASA dan Departemen Energi AS Siap Bangun Pembangkit Nuklir di Bulan

"James Webb dapat melihat ke belakang tepat setelah big bang dengan mencari galaksi yang sangat jauh," ungkap Wakil Ilmuwan Proyek Senior di NASA, Jonathan Gardner,

Ia menambahkan, "James Webb lebih besar dari Hubble sehingga bisa melihat galaksi yang lebih redup dan lebih jauh."

Kemampuan teleskop James Webb ini pun diklaim sebagai teleskop yang paling kuat yang pernah dikirim keluar angkasa.

NASA
NASA

Hasil foto bintang dari teleskop James Webb.

Pasalnya saat ini hanya teleskop James Webb yang bisa memiliki jarak sekitar 1m mil dari Bumi dan memiliki tugas untuk menganalisis galaksi kuno.

Hal tersebut juga digadang-gadang telah sesuai dengan tujuan awal dari proyek teleskop James Webb, dimana NASA memang membuat teleskop ingin dianggap sebagai pecapaian besar manusia.

"Sulit untuk menerima betapa fantastisnya hal itu. Ini benar-benar menakjubkan," ucap Gillian Wright, selaku peneliti utama untuk instrumen mid-infrared di JWST (James Webb Satelite Telescope).

So, bagaimana menurut kamu mengenai foto bintang dari teleskop James Webb yang dibagikan oleh NASA melalui Joe Bidden?

(*)

Editor : Kama

Baca Lainnya