Inilah Jaringan Internet Tercepat di Indonesia versi OpenSignal, Siapa Juaranya?

Rabu, 06 Juli 2022 | 14:48
way

Ilustrasi jaringan internet tercepat di Indonesia

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - OpenSignal melaporkan hasil analisis jaringan internet tercepat di Indonesia yang dihasilkan oleh sinyal operator seluler.

Perusahaan tersebut pun mengumpulkan data berdasarkan kualitas sinyal untuk menentukan jaringan internet tercepat di Indonesia.

Dalam siaran pers yang diterima Nextren, Selasa (5/7) kemarin, OpenSignal memaparkan jaringan internet tercepat di Indonesia yang bisa dinikmati oleh konsumen di Tanah Air.

"Masing-masing penyedia layanan memiliki kekuatan unik untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik bagi masyarakat," tulis OpenSignal dalam keterangan resmi OpenSignal.

Dari sederet operator seluler yang tersedia di Indonesia seperti Telkomsel, XL, Indosat Ooredoo, 3, dan lainnya, OpenSignal mencatat beberapa hasil yang berbeda-beda.

Setiap provider dikatakan memiliki keunggulannya masing-masing di setiap kategori yang berkait dengan kecepatan jaringan internet di Indonesia.

Mau tahu provider dengan jaringan internet tercepat di Indonesia? Simak yuk selengkapnya berikut ini.

Telkomsel Punya Regional Terbanyak

Temuan pertama OpenSignal mencatat bahwa Telkomsel adalah operator seluler yang menyediakan jaringan internet dengan regional terbanyak.

Dominasi Telkomsel di Pulau Jawa dikatakan paling kuat dibanding para pesaingnya.

Hal ini pun dikatakan menjadi sesuatu yang meyakinkan karena Pulau Jawa merupakan wilayah bagi mayoritas penduduk Indonesia.

3 Unggul untuk Main Game Mobile

Temuan lainnya yang dicatat oleh OpenSignal adalah layanan internet tercepat di Indonesia untuk aktivitas bermain game.

OpenSignal menyatakan bahwa 3 telah memenangkan persaingan untuk kinerja jaringan internet untuk main game mobile.

Operator seluler tersebut dikatakan memiliki performa andal untuk menjalankan game mobile dan menggunakan layanan suara over-the-top (OTT Voice Services) di Tanah Air.

Telkomsel Internet Tercepat di Indonesia untuk Upload

Lalu untuk hasil analisis OpenSignal berikutnya mencatat bahwa Telkomsel memiliki internet tercepat di Indonesia untuk upload.

Kecepatan internet Telkomsel untuk unggah data meraih kinerja sebesar 7,7 Mbps.

Kesenjangan yang dibuat oleh kecepatan internet Telkomsel dengan para pesaingnya pun dikatakan cukup bervariasi.

OpenSignal menyebut kalau perbandingan tingkat kecepatan internet Telkomsel dengan provider yang menduduki posisi kedua berada di persentase 7,3 persen.

Bahkan untuk operator seluler yang berada di posisi bontot, kecepatan internet Telkomsel untuk proses unggah lebih unggul hingga 364 persen.

XL Internet Tercepat di Indonesia untuk Download

Berbeda dari Telkomsel, OpenSignal justru mendapuk XL sebagai operator seluler dengan internet tercepat di Indonesia untuk download.

Download Speed Experience yang ditawarkan oleh XL mencapai angka rata-rata 18,7 Mbps.

Angka itu pun mencatat perbandingan kinerja dowload sekitar 15,2 - 108 persen dari kecepatan unduh yang bisa dilakukan oleh pesaingnya.

Dengan begitu, XL dipastikan menjadi operator seluler dengan internet tercepat di Indonesia untuk download.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya