Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.
Nextren.com -Tokopedia sebagai platform belanja online cukup sering menyampaikan komitmen dukung UMKM termasuk dalam perayaan ulang tahun Jakarta ke-495 pada tanggal 22 Juni 2022.
Dalam menyambut perayaan ulang tahun Jakarta ke-495, Tokopedia mengundang Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta dan dua brand UMKM.
Fery Farhati, Ketua Dekranasda DKI Jakarta mengatakan pentingnya untuk dukung UMKM lokal di era digital.
Baca Juga: Dorong Pemulihan Ekonomi, Tokopedia Bantu UMKM Optimalkan Penjualan Nasional
"Kami sangat mengapresiasi upaya Tokopedia dalam mendukung UMKM DKI Jakarta. UMKM lokal harus beradaptasi dan berinovasi lewat platform teknologi agar bisa relevan dengan perkembangan era digital," ujar Fery pada virtual gathering bersama media (21/6).
Dengan adanya dukungan dari Tokopedia untuk UMKM lokal, Fery juga berharap akan semakin banyak masyarakat yang bisa membeli produk UMKM.
"Kami juga mengajak lebih banyak masyarakat untuk mendukung UMKM DKI Jakarta, salah satunya dengan membeli karya mereka," lanjut Fery.
Bersamaan dengan tema merayakan ulang tahun Jakarta ke-495 ini, Tokopedia membagikan beberapa hal yang sudah dihadirkannya untuk mendukung UMKM DKI Jakarta.
Yaitu lewat peluncuran toko JakArtisanbersama Dekranasda DKI Jakarta, pelatihan UMKM Kelas Maju Digital hinggapameran daring produk UMKM DKI Jakarta Jumat Beli Lokalyang disiarkan setiap Jumat di Tokopedia Play.
Astri Wahyuni, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia menjelaskan feedback yang mereka dapat dari upaya mereka untuk dukung UMKM lokal DKI Jakarta.
"Antusiasme masyarakat dalam mendukung produk UMKM DKI Jakarta sangat tinggi," ujar Astri.
Tercatatlonjakan jumlah views selama acara Jumat Beli Lokal berlangsung di Tokopedia Play yang mencapai hampir 5 kali lipat di kuartal II 2022 dibandingkan ketika acara disiarkan pertama kali di 2021.
Tak hanya itu, Tokopedia juga memiliki catatan kategori mana yang laris di sepanjang kuartal II 2022 khusus di wilayah DKI Jakarta.
Baca Juga: Dorong Transaksi Digital Lewat Modul Belajar Keuangan untuk UMKM dari Tokopedia, OJK dan BI
Ternyata kategori makanan dan minuman, kesehatan, rumah tangga, elektronik dan otomotif menjadi yang paling laris.
Uniknya ada juga yang mencari baju pangsi, blangkon betawi dan sabuk adat betawi serta beberapa produk betawi lainnya paling banyak dicari.
Untuk UMKM lokal yang diundang Tokopedia ialah Dakara Indonesia dan Sancraft, keduanya merupakan UMKM lokal yang dibina oleh Dekranasda DKI Jakarta.
Kedua UMKM ini sempat mengalami masalah saat pandemi COVID-19 datang ke Indonesia dan keduanya mampu bertahan hingga kini karena berjualan di Tokopedia.
Tidak hanya untuk kepentingan pribadi, pemilik Dakara Indonesia, Ayu Purnama, mengajak ibu-ibu yang tinggal di rumah susun agar mengisi waktu luang mereka dalam membuat produk lokal.
"Saya mengajak ibu-ibu yang tinggal di rumah susun untuk membuat masker, tas pinggang, obi dan lain-lainnya dan jugamenggandeng penjahit rumahan," ungkap Ayu.
Penjahit rumahan ini telah memproduksi outer,blouse, celana hingga tunik bersama Dakara agar mereka bisa tetap menjaga ekonomi keluarga.
Dengan keberhasilan kedua UMKM lokal ini, Tokopedia mengatakan akan terus menyediakan panggung bagi UMKM DKI Jakarta lainnya. (*)
Baca Juga: 5 Cara Jualan Laris di E-Commerce Lewat Live Streaming, UMKM Wajib Tahu Nih!