Setelah PHK Link Aja, Tani Hub, Zenuis, Pahamfy, Dkk, Kini Giliran Startup Beres.id Bubar!

Rabu, 08 Juni 2022 | 14:25
Beres.id

Situs Beres.id

Nextren.com - Akhir-akhir ini kita sering mendengar kabar buruk tentang kondisi startup di Indonesia.Beberapa startup melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) bahkan bubar.Seperti diberitakan, sebelumnya beberapa startup melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) seperti Link Aja, Tani Hub, Zenuis, Pahamfy, dan lainnya.Kini badai yang mengguncang perusahaan startup di Tanah Air tampaknya belum usai. Kali ini giliran startup Beres.id yang bubar dari industri startup Tanah Air, setelah sebelumnya beredar isu pemutusan hubungan kerja (PHK).

Baca Juga: Jeff Bezos Kumpulkan Ilmuwan Top Dunia, Cari Teknologi Anti Penuaan

Pengumuman itu muncul di akun resmi Beres.id, yang berisi informasi berikut "Penutupan Operasional Beres. Dengan berat hati kami umumkan Beres menghentikan operasional mulai 30 Juni 2022." Jika kalian belum tahu, Startup Beres.id ini adalah jasa penyedia layanan rumah yang bisa diakses online, seperti perbaikan AC, perbaikan pipa air, perbaikan kulkas, kontraktor, hingga pindah rumah. Ambruk gara-gara Covid-19 Beres.id ini adalah bagian dari Kaodim, perusahaan startup asal Malaysia, bidangnya juga layanan rumah dan beroperasi di Singapura dan Filipina. Menurut Co-founder and CEO Kaodim Choong Fui Yu menjelaskan, bubarnya Beres.id karena pandemi Covid-19 selama 2 tahun ini. Hal-hal yang mempengaruhi bisnis adalah gangguan operasional, kekurangan tenaga kerja, dan biaya operasional lebih tinggi.Maka dengan berat hati diumumkan bahwa mulai 1 Juli 2022, Beres dan semua platform afiliasinya tidak akan beroperasi lagi, kata Choong Fui Yu dilansir Kompas.com Rabu (8/7/2022). Pesangon karyawan aman Choong Fui Yu menambahkan, keputusan ini juga dikatalis dengan inflasi dan kenaikan biaya yang terjadi belakangan. Choong menyebut, hal ini memengaruhi permintaan pelanggan dan penyedia layanan.

Baca Juga: Profil Jesse Choi Suami Maudi Ayunda, Bos Startup dan Investor Kripto"Hal tersebut juga memengaruhi margin dan pada gilirannya (memengaruhi) pendapatan kami," imbuh dia. Meskipun demikian, pihaknya berjanji tetap memberikan kewajibannya kepada karyawan. Adapun, kewajiban kepada karyawan tersebut akan berbentuk pembayaran pesangon dan hak-hak lain yang mereka dapatkan. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Startup" Tumbang Lagi, Kali Ini Giliran Beres.id "Pamit" mulai 30 Juni"Penulis : Agustinus Rangga Respati

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya