Rusia Dikeroyok Amerika dan negara NATO, Gawat Perang Dunia 3 Sudah di Depan Mata!

Rabu, 27 April 2022 | 20:20
TASS/ Badan Keamanan Rusia

Pesawat Rusia membawa senjata nuklir.

Nextren.com - Kabar perang Rusia dan Ukraina tampaknya masih bakal terus berlanjut, bahkan makin meluas hingga melibatkan negara-negara lain.

Setelah Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Kanada, Republik Ceko dan NATO, kini Jerman pun ikut campur dan turun tangan di perang Rusia dan Ukraina.

Hadirnya negara-negara ini mengeroyok Rusia menandakan sinyal dan pintu Perang Dunia III semakin terlihat jelas.

Jerman kini percaya diri tak mau lagi tergantung dengan energi dari Rusia.

Karenanya kini Jerman berani melawan Rusia dengan mengirimkan senjata beratnya ke Ukraina.

Bantuan Jerman ke Ukraina ini disampaikan oleh Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht, Selasa (26/4/2022).

Baca Juga: Ironis! Jerman dan Prancis Diam-diam Kirimkan Senjata ke Rusia Sejak Lama

Jerman mengirimkan senjata anti pesawat untuk membantu Ukraina.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin mengatakan dia menyambut baik keputusan Jerman untuk mengirim tank.

“Sistem itu akan memberikan kemampuan nyata bagi Ukraina,” kata Austin, dikutip dari Al Jazeera.

Hal itu disampaikan oleh Austin setelah pembicaraan dengan Lambrecht dan puluhan rekan mereka di Pangkalan Udara Ramstein AS di Jerman barat

Kritikus, termasuk duta besar Ukraina untuk Jerman, menyebut Berlin dapat memberikan senjata berat ke Ukraina dan langkah-langkah lain yang dapat membantu Kyiv mengusir pasukan Rusia, seperti embargo impor energi Rusia.

Mereka mengatakan Berlin tidak menunjukkan kepemimpinan yang diharapkan dari kekuatan besar dan bahwa keragu-raguannya di tengah kekhawatiran tentang efek ekonomi di Jerman dari pembatasan pasokan gas Rusia menelan korban jiwa Ukraina.

Kanselir Olaf Scholz telah membalas bahwa angkatan bersenjata, Bundeswehr, sudah mencapai batas dari apa yang dapat mereka simpan.

Sementara persenjataan yang dapat disediakan oleh industri kekurangan amunisi dan perlu ditingkatkan.

Pengumuman pengiriman Gepard datang setelah laporan pada hari Senin, perusahaan pertahanan Rheinmetall telah meminta persetujuan pemerintah untuk pengiriman 100 kendaraan tempur infanteri tua Marder dan 88 tank Leopard 1A5 tua ke Ukraina.

Rusia telah menggambarkan tindakannya di Ukraina, yang sekarang memasuki bulan ketiga, sebagai "operasi militer khusus" yang bertujuan untuk menurunkan kemampuan militer tetangga selatannya dan membasmi apa yang disebutnya nasionalis berbahaya.

Pasukan Ukraina telah meningkatkan perlawanan keras dan Barat telah memberlakukan sanksi ekonomi besar-besaran terhadap Rusia dalam upaya untuk memaksanya menarik pasukannya.

Baca Juga: Dianggap Terus Provokasi Ukraina, Rusia Beri Peringatan Keras ke Inggris

AS Kirim Artileri ke Ukraina

Amerika Serikat mengirim artileri ke Ukraina bertujuan untuk menurunkan kekuatan Rusia, tidak hanya di medan perang langsung tetapi dalam jangka panjang.

Demikian menurut Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan pakar militer.

Amerika Serikat, Prancis, Republik Ceko, dan sekutu lainnya mengirim sejumlah howitzer jarak jauh untuk membantu Ukraina menumpulkan serangan Rusia di wilayah Donbas timur.

Didukung oleh pertahanan udara yang lebih baik, serangan pesawat tak berawak dan intelijen Barat, sekutu berharap bahwa Ukraina akan mampu menghancurkan sejumlah besar senjata Rusia dalam pertarungan yang akan datang, sebagaimana dilansir CNA.

Setelah kembali dari Kyiv, di mana ia bertemu dengan kepala pertahanan Ukraina dan Presiden Volodymyr Zelenskyy, Austin mengatakan kepada wartawan di Polandia pada Senin (25/4/2022) pagi bahwa harapan Washington lebih besar dari itu.

"(Rusia) telah kehilangan banyak kemampuan militer, dan banyak pasukannya, terus terang. Dan kami ingin melihat mereka tidak memiliki kemampuan untuk mereproduksi kemampuan itu dengan sangat cepat," kata Austin.

“Kami ingin melihat Rusia melemah hingga tidak dapat melakukan hal-hal seperti yang telah dilakukannya dalam menginvasi Ukraina.”

Itu adalah pergeseran dari pendekatan awal Washington, ketika mereka hanya berharap untuk membantu mencegah perebutan Moskow atas ibukota Ukraina dan penggulingan pemerintahan Zelenskyy.

Faktanya, dibantu oleh rudal anti-pesawat dan anti-baju besi yang dipasok oleh Amerika Serikat dan sekutu Eropa, pasukan Ukraina memaksa militer Rusia untuk mundur dari Ukraina utara dalam waktu enam minggu setelah invasi 24 Februari.

Tetapi, Moskow sekarang mengendalikan sebagian besar wilayah timur dan selatan Ukraina, tampaknya bertujuan untuk memperluas ke pusat negara itu dengan mengirimkan lebih banyak pasukan dan peralatan.

Baca Juga: AS Targetkan Penambang Bitcoin Rusia untuk Sanksi Terbaru, Ikut Campur di Industri Kripto?

Para ahli percaya, rencana Rusia adalah menggunakan penembakan jarak jauh untuk mengusir sebagian besar pasukan Ukraina dan baru kemudian mengirim pasukan darat dan tank untuk mengamankan tanah.

Pilihan terbaik Ukraina adalah untuk melawan dengan artileri unggul - didukung oleh perlindungan dari serangan udara untuk menghancurkan senjata Rusia, menurut Mike Jacobson, seorang ahli sipil AS dalam artileri lapangan.

Jacobson meramalkan bahwa ini akan mengarah pada "perang gesekan" di mana Ukraina, dengan peralatan yang dipasok sekutu dengan jangkauan yang lebih jauh dan penargetan yang lebih akurat, dapat menghentikan Rusia.

"Saya percaya artileri superior akan mengurangi kemampuan Rusia untuk mempertahankan pertarungan ini," kata Jacobson kepada AFP.

Phillips O'Brien, profesor studi strategis Universitas St Andrews yang memposting analisis harian perang di Twitter, menulis bahwa pertarungan artileri yang akan datang akan menyerupai Perang Dunia I, masing-masing pihak berusaha melemahkan pihak lain dengan tembakan yang melelahkan.

Tentara Rusia "jauh lebih kecil dan menderita kerugian peralatan besar. Tentara Ukraina lebih kecil, tetapi persenjataannya akan jauh lebih baik," katanya.

"Rusia perlu mengubah dinamika itu atau ia akan kalah dalam perang gesekan."

Pasokan Senjata ke Ukraina

AS dan sekutunya bergerak cepat dengan pasokan untuk mengambil keuntungan dari pengelompokan kembali pasukan Rusia yang lambat setelah kemunduran mereka di Ukraina utara.

Setidaknya 18 dari 90 artileri yang ditarik yang dijanjikan Washington dalam dua minggu terakhir telah dikirim ke pasukan Ukraina, dan lebih banyak lagi sedang diburu awal pekan ini, menurut seorang pejabat Pentagon.

Baca Juga: Rudal Hipersonik Sarmat Berjangkauan 35.000Km Segera Disebar, Mampu Lindungi Rusia Hingga 40 Tahun

Washington juga memasok hampir 200.000 butir amunisi howitzer, dan mengatur pasokan amunisi untuk artileri buatan Rusia yang saat ini dioperasikan pasukan Ukraina.

Sekitar 50 tentara Ukraina telah dilatih untuk menggunakan howitzer AS, dan lebih banyak lagi sedang dilatih minggu ini.

Sementara Prancis mengirimkan howitzer seluler Caesar yang sangat canggih, dan Republik Ceko mengirimkan howitzer self-propelled yang lebih tua.

Kanada juga mengirimkan howitzer dan peluru "Excalibur" berpemandu canggih yang dapat menempuh jarak lebih dari 40 kilometer dan mengirimkan amunisi tepat sasaran.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bantu Lawan Rusia, Jerman akan Pasok Tank Anti-pesawat Gepard ke Ukraina

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya