Laptop dan Kotak Bisa Didaur ulang, Dell Latitude 5000 Jadi Laptop Ramah Lingkungan

Rabu, 20 April 2022 | 13:00
bagus

Dell Latitude 5330

nextren.com - Pada tanggal 22 april nanti akan diperingati sebagai hari bumi atau "earth day" yang bertujuan untuk menunjukkan dukungan kepada perlindungan lingkungan.

Dari bidang teknologi, salah satu merek yang mendukung hari bumi adalah Dell Technologies lewat lini Latitude seri 5000 terbaru yang disebut ramah lingkungan.

Pasalnya, Dell Latitude seri 5000 memakai material ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk mengatasi masalah limbah dan sumber daya yang semakin meningkat.

Rahul Tikoo, senior vice president, Client Product Group, Dell Technologies mengatakan, bahwa tujuan Dell adalah menciptakan teknologi yang mendorong kemajuan manusia.

Baca Juga: Agar Tak Bingung Buang Sampah Elektronik, Dell Technologies Bantu Pensiunkan Perangkat TI Dengan Aman

Produk ramah lingkungan Dell ini mengikuti Concept Luna, yaitu sebuah prototipe yang mengeksplorasi berbagai ide desain untuk mengurangi pemakaian sumber daya dan memastikan ada lebih banyak material sirkular yang bisa digunakan.

Hal ini sesuai tujuan Dell untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan yang semakin peduli terhadap dampak lingkungan, saat menentukan sebuah produk.

Material Latitude 5000 yang Ramah Lingkungan

Sebagai sebuah produk laptop dengan volume penjualan tertinggi, Dell latitude seri 5000 mendapatkan investasi dalam fitur-fitur berkelanjutan dan akan menghadirkan dampak dalam skala yang besar.

bagus

Isi komponen Dell Latitude seri 5000

Komponen yang cukup besar yaitu tutup Laptop disebut terbuat dari 71% bahan yang bisa didaur ulang, termasuk bioplastik dari pohon yang didaur ulang dari industri pembuatankertas (21%), serat karbon yang direklamasi (20%) dan plastik paska konsumsi yang didaur ulang (30%).

Sedangkan bagian dasar dari Dell Latitude 5000 juga mengurangi bahan dasar dari minyak bumi, karena dibuat dari serat karbon reklamasi (20%) dan rubber feet berbasis bio terbaru yang terbuat dari minyak biji jarak (39%).

Dell juga tidak melupakan sampah plastik yang berakhir di laut dengan menggunakannya ke kemasan produk dan rumah kipas dari laptop latitude seri 5000 (28%).

Baca Juga: Agar Tak Kangen WFH, Dell Siapkan Laptop & Aksesoris Untuk Kerja Hybrid

Kemasan 100% daur ulang

Kemasan dari laptop Dell Latitude 5000 juga 100% dapat didaur ulang, seperti plastik pembungkus kabel dan brosur yang terbuat dari kertas.

Kotak pengiriman bergelombang daur ulang dengan tray bagian dalam yang terbuat dari bambu yang diolah secara berkelanjutan dan bubur kertas berbasis serat tebu.

Pita perekat berbasis kertas untuk mengurangi potensi kontaminasi aliran limbah yang terjadi saat pita perekat plastik digunakan.

Langkah ini disebut bukan hal baru karena Dell sudah memperkenalkan jajaran inovasi bahan/material berkelanjutan, termasuk beberapa penerapannya di industri dalam satu dekade terakhir.

Pada tahun 2017 saja, Dell meluncurkan proyek industri pertama yang menggunakan material daur ulang sampah plastik yang berakhir di laut untuk membuat kemasan berskala komersial.

Sejak itu, Dell telah meningkatkan penggunaan bahan plastik ini secara signifikan – yaitu mengkonsumsi lebih dari 102 ton sampah plastik yang berakhir di laut dan menggunakan material tersebut ke lebih dari 5,1 juta tray dan tutup kemasan yang dapat didaur ulang.

Dune Ives, CEO Lonely Whale, mengatakan bahwa sejak awal, Dell menyadari perlunya kolaborasi lintas industri untuk mengatasi masalah plastik yang berakhir di laut ini.

Maka merekamendorong pengembangan dan peluncuran NextWave Plastic – satu-satunya konsorsium perusahaan- perusahaan global yang bekerja sama untuk membangun jaringan pemasok plastik ocean-bound dan membuatnya bernilai bagi masyarakat di mana bahan/material tersebut berasal.

"Hal ini menunjukkan komitmen jangka panjang Dell untuk menangani 14 juta metrik ton plastik baru yang masuk ke laut setiap tahun," ujar Ives.

Baca Juga: Dell Luncurkan Program Mitra 2022 Untuk Mendorong Pertumbuhan Mitranya

Selain Latitude seri 5000, Dell juga menggunakan bahan daur ulang pastik ini ke seri yang lain sepertirumah kipas (fan housing) di Dell Precision mobile workstation seri 3000, serta untuk membuat kipas dan rumah kipas di desktop Dell OptiPlex Micro dan workstation Precision.

Bahan plastik ini juga digunakan padaransel, sleeve, dan tas EcoLoop seri Pro yang menggunakan 100 persen bahan dari plastik yang berakhir di laut sebagai lapisan kain utama eksterior.

Tidak berhenti pada plastik daur ulang, sejumlah produk Dell juga menggunakan Karet yang berbasiskan biji jarak yang digunakan pada bagian bumper bawah Latitude 7430 dan 7530, sertamobile workstation Precision seri 3000.

Baca Juga: Dell Kenalkan Concept Nyx Yang Bikin Seisi Rumah Bisa Main Game

Kedepannya Dell juga mengembangkan programprogram yang dibangun berdasarkan pengalaman perusahaan selama lebih dari 20 tahun menawarkan layanan daur ulang global untuk memikirkan kembali (rethink), mendesain ulang (redesign), menggunakan kembali (reuse), dan mendaur ulang (recycle) – beradaptasi dengan perubahan permintaan pelanggan dan konsumen. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya